Tips Makeup Natural untuk Pria

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 20 Februari 2020 16:36
Tips Makeup Natural untuk Pria
Makeup nggak cuma buat wanita saja, ternyata.

Dream - Kini tak hanya wanita yang dituntut tampil sempurna, pria pun harus memerhatikan penampilan secara keseluruhan.

Maka dari itu, tidak heran jika kamu melihat beberapa pria mulai memerhatikan kesehatan kulit dengan memakai skincare atau makeup.

Publik figur Ivan Gunawan juga setuju bahwa makeup dan skincare kini bukan hal yang tabu bagi pria.

“ Kalau dilihat saya setiap hari shooting menggunakan makeup. Kalau nggak, mukanya berminyak, di kamera nggak segar,” tuturnya di Gran Mahakam, Jakarta Selatan, Rabu 19 Februari 2020.

Penggunaan makeup dan skincare bagi pria sangat wajar selama tidak terlihat berlebihan serta sesuai kebutuhan.

“ Bagaimana kita menggunakan makeup itu pas, nggak berlebihan. Hanya untuk meratakan warna kulit, bukan menutup lapisan kulit. Jadi, looknya natural banget, kayak nggak menggunakan bedak”.

 

1 dari 4 halaman

Begini tipsnya

Sebelum menggunakan makeup, ia menyarankan para pria untuk memakai basic skincare. Jika kondisi kulit sedang prima, cukup menggunakan bedak tabur atau foundation tipis.

“ Kalau kulit lagi bagus, aku paling pakai bedak tabur aja. Pakai kuas yang penting oil hilang. Cukup sih, bedak tabur atau foundation aja tipis-tipis sudah cukup,” jelas Creative Director brand fashion Mandjha ini.

Para pria juga tidak perlu malu untuk memilih foundation yang tepat agar bisa tampil natural. Beberapa brand makeup juga menyediakan lini makeup khusus pria.

“ Jadi, bukan hal yang tabu cowok pakai makeup untuk kebutuhan penampilan supaya kelihatan keren, bersih. Kalau photoshoot juga nggak perlu banyak edit-edit,” tutupnya.

2 dari 4 halaman

Tips Menggunakan Produk Pembersih Wajah Sesuai Kebutuhan

Dream - Terdapat berbagai kombinasi pembersih wajah yang bisa diterapkan sehari-hari. Perbedaan tersebut ditujukan untuk berbagai kondisi, seperti wajah terpapar polusi, makeup atau hanya kotoran yang ada di dalam ruangan.

Normalnya, pembersihan wajah dilakukan dua kali sehari setiap pagi dan malam menggunakan face cleanser.

  ilustrasi bersihkan wajah© shutterstock.com

Tapi, bagaimana jika wajahmu sangat kotor setelah beraktivitas?

" Kalau wajahnya kotor banget, untuk melawan minyak bisa pakai pembersih atau oil cleanser. Kalau terpaksa, bisa pakai micellar water. Sesudah itu, pakai sabun dan toner," ujar Spesialis Kulit dan Kelamin, Eddy Karta di The Maj, Jakarta Selatan, Selasa 18 Februari 2020.

3 dari 4 halaman

Bersihkan wajah di pagi hari juga

Kebanyakan orang hanya memperhatikan pentingnya mencuci muka sebelum tidur, padahal pembersihan di pagi hari juga penting.

" Pakai moisturizer di malam hari itu ada umurnya, 8 jam dia basi di wajah dan harus dibersihkan. Jangan ada moisturizer bekas semalam sampai siang, harus dibersihkan."

  ilustrasi moisturizer© shutterstock.com

Setelah keluar rumah juga harus segera membersihkan wajah. Jika sebelum tidur tidak ingin membersihkan wajah lagi, cukup membasuh muka dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Double cleansing is a better way

Ketika memajai makeup ringan seperti bedak tabur dan sunscreen, kamu bisa langsung mencuci wajah dengan face cleanser.

" Kalau makeupnya nggak berat banget, bisa langsung pakai sabun. Kalau cuma pakai bedak tabur, sunscreen, apalagi yang waterbase," jelasnya.

  ilustrasi bersihkan wajah© shutterstock.com

Lain halnya jika kamu memakai makeup yang mengandung coverage, seperti BB cushion, concealer atau foundation.

" Sebaiknya double cleansing, karena nggak mau ada sisa makeup yang tertinggal," tambahnya.

Ketika membersihkan dengan cleansing oil, jangan langsung menggosok wajah. Tunggu sebentar dan usap perlahan agar kulit tidak teriritasi.

Beri Komentar