Tutorial Merawat Kulit Setelah Memencet Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 19 Mei 2021 08:12
Tutorial Merawat Kulit Setelah Memencet Jerawat
Cegah kondisi kulit lebih parah setelah memencet jerawat.

Dream - Memencet jerawat merupakan kebiasaan yang tidak disarankan oleh dermatologis. Kebiasaan ini tidak dapat menyembuhkan jerawat meski teksturnya berubah.

Bahkan, kebiasaan ini justru memperparah kondisi kulit. Jerawat bisa berpindah ke area sekitarnya dan lebih sulit diatasi.

Apalagi, jika meninggalkan bekas kehitaman. Akibatnya, kamu perlu melakukan usaha ekstra untuk bisa memulihkan kondisi kulit.

Namun jika terlanjur memencet jerawat, sebaiknya kamu melakukan pencegahan serta perawatan tepat agar kondisinya tidak menjadi semakin parah.

Dilansir dari Skincare.com, berikut tips merawat kulit di sekitar area berjerawat setelah memencet jerawat.

1 dari 3 halaman

Langkah 1: Membersihkan wajah

Bersihkanlah wajahmu terlebih dulu untuk memastikan tidak ada kuman, bakteri atau sisa kotoran yang menempel pada kulit.

Jika sedang memakai makeup, lakukan double atau triple cleansing agar lebih efektif. Sisa makeup dapat menyumbat pori-pori dan membuat kondisi wajah lebih parah.

Gunakan pembersih wajah berbahan ringan agar mempermudah penyembuhan jerawat. Pastikan pembersih wajahmu tidak membuat wajah terlalu kering.

2 dari 3 halaman

Langkah 2: Menggunakan obat jerawat

Lakukan spot treatment menggunakan obat jerawat. Kamu bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide yang efektif melawan dan menenangkan jerawat serta membersihkan wajah.

Langkah 3: Memakai pelembap

Setelah spot treatment menyerap ke dalam kulit, gunakan pelembap yang dapat menghidrasi wajah.

Sesuaikan pelembap dengan jenis kulitmu dan pilih formula yang bersifat non-comedogenic untuk mencegah beruntusan maupun jerawat.

3 dari 3 halaman

Langkah 4: Jangan menyentuh wajah

Hindari menyentuh wajah setelah melakukan perawatan kulit. Terutama, menyentuh area berjerawat agar kulitmu tetap bersih.

Langkah 5: Jangan merias wajah

Menggunakan riasan justru akan menyumbat pori-pori dan membuat kondisi kulit lebih parah. Beberapa produk makeup juga membuat kulit kering.

Jika tetap ingin merias wajah, gunakanlah makeup yang mampu menyamarkan pigmentasi tanpa harus mengaplikasikan terlalu banyak produk.

Beri Komentar