10 Alasan Konyol Terlambat Masuk Kerja (1)

Reporter : Syahid Latif
Senin, 16 Februari 2015 07:30
10 Alasan Konyol Terlambat Masuk Kerja (1)
Terlambat masuk kerja, buatlah alasan yang masuk akal. Bukan 10 alasan konyol ini.

Dream - Hari senin merupakan masa-masa berat bagi para pekerja. Setelah dua hari libur, pegawai harus memiliki tekad baja untuk memulai aktivitas kerja pada hari pertama di awal pekan. Sayang tak semuanya bersemangat.

Kecuali pegawai yang harus mengikuti apel pagi setiap hari Senin, pegawai biasanya banyak yang memulai kerja sedikit terlambat di awal pekan. Biasanya jika karyawan terlambat masuk kerja, alasan paling umum yang mereka sampaikan kalau tidak tidur kemalaman atau terjebak macet.

Namun, menurut survei CareerBuilder yang diterbitkan pada bulan Januari 2015, karyawan kini jauh semakin kreatif. Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 3.000 karyawan dan lebih dari 2.100 pekerja alih daya (outsourcing) serta manajer personalia mengungkapkan beberapa informasi menarik:

1. 23 persen karyawan terlambat setidaknya sebulan sekali
2. 14 persen karyawan terlambat setiap minggu
4. 30 persen dari karyawan berbohong tentang alasan terlambat
5. 59 persen dari karyawan tetap terlambat meski sedang menebus kesalahan mereka karena terlambat

Hasil survei juga menemukan setidaknya ada enam alasan paling umum yang disampaikan pegawai kala terlambat:

1. 50 persen beralasan terjebak macet
2. 30 persen menyebutkan kurang tidur
3. 26 persen menyalahkan cuaca
4. 12 persen mengantarkan anak-anak ke sekolah
5. 7 persen terlalu lama menunggu angkutan umum
6. 6 persen mengaku berkaitan dengan pakaian atau seragam

Namun dari sejumlah alasan keterlambatan yang dikumpulkan CareerBuilder, berikut adalah 10 alasan yang paling aneh seperti dikutip Dream dari laman therichest.com, Senin, 16 Februari 2015:

1 dari 5 halaman

10. Pingsan di Kamar Mandi

10. Saya pingsan di kamar mandi

Ini alasan yang mungkin mengada-ada, tapi bisa saja terjadi. Dan semoga karyawan dengan alasan ini tidak bekerja di perusahaan yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti pembangkit tenaga nuklir. Masalahnya, jika dia sedang bertugas mengawasi di depan monitor dan di sekitarnya banyak tombol-tombol, kemudian tiba-tiba pingsan, tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya saat tubuhnya menimpa tombol-tombol tersebut.

2 dari 5 halaman

Mabuk dan Lupa Lokasi Parkir Mobil

9. Saya semalam mabuk dan lupa di mana parkir mobil

Mungkin ini tidak ada dalam kamus alasan terlambat karyawan Indonesia, tapi bisa terjadi di belahan dunia lainnya. Karyawan semacam ini yang sebelumnya berada di jalur karir cemerlang, bisa-bisa kehilangan pekerjaan dengan cepat.

3 dari 5 halaman

Pergoki Pasangan Selingkuh

8. Saya memergoki pasangan yang selingkuh

Ini alasan yang terlalu detail yang tidak perlu diumumkan kepada perusahaan. Lebih baik menyebutkan ada masalah pribadi yang harus diselesaikan dengan segera.

4 dari 5 halaman

Pompa Bensin Sedang Dirampok

7. Saya berada di pompa bensin yang sedang dirampok

Alangkah baiknya selalu memeriksa ketersediaan bahan bakar saat akan pulang kerja. Sehingga besoknya tidak direpotkan dengan urusan mengisi bahan bakar di pompa bensin yang tiba-tiba dirampok.

5 dari 5 halaman

Menunggu Hakim

6. Saya harus menunggu hakim memberikan jaminan

Tentu hakim akan membebaskan orang dengan jaminan. Namun hakim tidak akan memberikan jaminan bebas bersyarat kepada seorang kriminal hanya karena dia harus berangkat kerja. Lagipula perusahaan mana yang akan tetap mempekerjakan seorang kriminal?

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo