10 Fasilitas Nyeleneh di Sekolah yang Bisa Bikin Para Murid Malu

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 13 September 2019 09:12
10 Fasilitas Nyeleneh di Sekolah yang Bisa Bikin Para Murid Malu
Ada-ada saja...

Dream - Sebagian besar waktu anak-anak saat ini mungkin lebih banyak dihabiskan di sekolah.  Dengan waktu belajar hingga sore hari karena libur di hari Sabtu, para siswa sebagian besar baru tiba di rumah di atas jam 3 sore.

Sistem tersebut membuat pengelola berusaha menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang anak-anak agar merasa nyaman menghabiskan waktu di sekolah.

Namun fasilitas nyaman tentu membutuhkan biaya besar. Tak semua sekolah mampu membuat fasilitas keren untuk membuat siswa bisa betah di sekolah.

Beberapa sekolah malah membuat hal nyeleneh yang bisa bikin malu siswanya. Mungkin maksudnya baik ingin membuat nyaman anak didik, tapi kalau kondisinya seperti fasilitas di bawah ini, kamu juga akan geleng-geleng kepala.

Penasaran kan seperti apa? Berikut deretan fasilitas nyeleneh di sekolah yang buat siswanya malu seperti dilansir dream.co.id dari borepanda.com.

1 dari 6 halaman

Kok Gini?

1. Bus sekolahnya kok gini sih?

 Sekolah Unik

2. Patung baru yang miris nan menyeramkan di sebuah sekolah

 Sekolah Unik

3. Waduh gambarnya nampak Jerman pada masa perang dunia dulu

 Sekolah Unik

4. Ada yang aneh dari logonya?

 Sekolah Unik

5. Arsiteknya enggak diperhitungkan dulu nih

 Sekolah Unik

2 dari 6 halaman

Ada yang Aneh?

6. Ada yang aneh?

 Sekolah Unik

7. Ini gimana lihat proyektornya

 Sekolah Unik

8. Niatnya sih membantu siswa yang tak bisa melihat, tapi kok hanya kertas biasa ya

 Sekolah Unik

9. Lupa dikasih sekat apa gimana sih?

 Sekolah Unik

10. Sekolah ini memiliki taman kecil di dalamnya, namun tidak ada yang bisa masuk ke taman itu karena tidak ada pintu.

 Sekolah Unik

11. Masa tas enggak muat sih....

 Sekolah Unik

3 dari 6 halaman

8 Sekolah Terkeren Dunia, Bikin Kamu Nyesel Lulus Duluan

Dream - Bersekolah memang penting untuk anak-anak. Dari sekolah ilmu didapat, lahir generasi-generasi yang punya pengetahuan untuk bisa bersaing di dunia.

Namun seringkali kata " sekolah" malah menjadi momok. Bahkan mungkin ada beberapa yang kalau disuruh milih sekolah atau ke mal, pasti milih ke pusat perbelanjaan.

Nah, apanya yang salah, ya? Padahal kan pendidikan yang diajarkan di sekolah berguna untuk masa depan.

Mungkinkah bentuk sekolah kita yang " gitu-gitu aja" alias ruangan persegi empat bercat putih yang hanya berhiaskan jendela dan papan tulis turut andil dalam menurunkan semangat pergi ke sekolah?

Kalau iya, mungkin beberapa foto sekolah-sekolah sebagaimana dilansir thevocket.com berikut ini bisa menjadi referensi untuk membangun gedung sekolah yang membuat pelajar betah berlama-lama di dalamnya. Penasaran seperti apa? Yuk, lihat ulasanya dibawah ini.

4 dari 6 halaman

Tanpa Ruang Kelas, Hingga Terapung di Perairan

1. Vittra Telefonplan, Sekolah Modern Tanpa Ruang Kelas

  sekolah unik

Berlokasi di Stockholm, Swedia, sekolah ini dirancang oleh desainer interior kenamaan, Rosan Boschin. Seluruh ruang kelas diganti dengan ruang terbuka. Konsep ini dinilai sangat efektif untuk mendorong kolaborasi dan interaksi antar siswa.

Tak ada batasan bagi pelajar dalam ruangan yang terdiri dari furnitur berwarna-warni, zona belajar, meja, dan workstation ini. Bahkan siswa diwajibkan untuk aktif bergerak bebas di sekitar lingkungan.

  sekolah unik

  sekolah unik

Untuk mendukung perkembangan otak semua pelajar, sekolah ini juga mengajarkan para siswanya dalam sebuah kelompok kecil. Tak cukup sampai di situ, para siswa pun akan mendapat fasilitas laptop. Enggak ketinggalan, bioskop kecil pun ada untuk menunjang presentasi para siswa.

2. Sekolah Terapung di Nigeria

  sekolah unik

Sekolah Terapung Makoko adalah sebuah proyek inovatif yang sedang dibangun oleh komunitas air Makoko di Lagos, Nigeria, yang didukung oleh NLÉ, sebuah organisasi kolaboratif dengan misi untuk memberikan perubahan dan pengembangkan arsitektur kota. Proyek ini bertujuan membuat bangunan terapung yang dirancang untuk memberikan fasilitas pendidikan lingkungan bagi anak-anak.

  sekolah unik

  sekolah unik

Struktur arsitektur bangunan dibuat bertingkat dengan 3 lantai, memiliki bentuk bangunan seperti prisma segitiga yang akan mengapung di atas air dengan dasar bangunan yang terbuat dari 256 drum plastik. Konstruksi mengambang dibuat dari kayu lokal, bertenaga listrik dengan panel surya dan mampu menampung 100 siswa.

 

  2 dari 3 halaman

5 dari 6 halaman

Dibuat Menyerupai Kota

3. Sekolah Bois Genoud di Lausanne, Switzerland

  sekolah unik

Sekolah ini adalah salah satu yang tebaik. Memiliki jendela-jendela besar dengan penerangan cahaya matahari yang alami dan menghadap ribuan pohon pinus.

  sekolah unik

4. Sekolah Kikuma Watanabe di desa Sangkhlaburi , Thailand

  sekolah unik

Tidak hanya sekolah-sekolah swasta saja lho yang gedungnya bisa menarik, salah satu sekolah di Thailand, Kikuma Watanabe, adalah sekolah yang dibangun untuk menurunkan tingkat kemiskinan. Sebelum sekolah ini dibangun, arsitek bekerjasama langsung dengan anak-anak di desa tersebut untuk mewujudkan sekolah impian mereka.

  sekolah unik

  sekolah unik

Salah satu anak menggambar sebuah kapal yang bisa terbang sebagai impiannya. Maka dibangunlah sekolah tersebut sesuai dengan tema tersebut. Sekolah ini dibangun dengan bamboo dengan beratapkan alang-alang. Walaupun sederhana sekolah ini memiliki penerangan yang sangat baik serta sirkulasi udara yang cukup baik pula.

5. Sekolah dasar Xiaquon di Xiaquon, Tiongkok

  sekolah unik

Setelah mengalami serangkaian bencana gempa bumi, komunitas di area ini kemudian mencoba untuk menciptakan dan membangun kembali sekolah dasar local yang berada di daerah Xiaguon. Konsep sekolah ini dibuat agar murid-murid dapat belajar dari lingkungan mereka.

  sekolah unik

  sekolah unik

 

Oleh karena itu sekolah ini dibuat menyerupai kota kecil, dengan labirin dan Jalan-jalan setapak serta taman bermain yang membangkitkan rasa penasaran mereka sehingga tercipta rasa memiliki dan tanggung jawab akan lingkungan mereka.

6 dari 6 halaman

Salah Satunya Ada di Indonesia Lho

6. Sekolah Hijau, Bali, Indonesia

  sekolah unik

Sebagai salah satu sekolah terbaik di dunia, Green School yang berlokasi di Bali memiliki lokasi yang luar biasa indah, lebih menyerupai sebuah villa dibandingkan sekolah.

  sekolah unik

 

Sekolah ini murni dibangun menggunakan bahan alami pohon bamboo dan memiliki ruang kelas, tempat olahraga, komplek untuk fakultas, serta kantor dan kafe.

  sekolah unik

  sekolah unik

 

Tidak hanya itu, seluruh energy yang digunakan di sekolah ini berasar dari energy bersih terbarukan seperti hydro-powered vortex generator (tenaga air) and solar panels (tenaga matahari), keren banget kan!

7. Sekolah Kontainer di Cape Town, South Africa

  sekolah unik

Berlokasi di pinggiran kota Cape town, sekolah dasar ini dibangun dan didedikasikan untuk anak-anak dari keluarga petani dan masyarakat yang kurang mampu.

  sekolah unik

 

Kenapa keren,karna sekolah ini dibangun dari container bekas dan didesain dengan warna warni yang sangat seru!

8. Sekolah Fuji Yochien, Toyko, Jepang

  sekolah unik

Fuji Yochien merupakan sebuah taman kanak-kanak swasta yang terletak di pinggiran kota Tokyo. Sekolah ini memiliki ruangan kelas yang didesain menyerupai hutan yang berpusat mengitari pohon Keyaki raksasa di sekolah tersebut.

  sekolah unik

  sekolah unik

Disekolah ini anak-anak bebas menentukan perarturan serta permainan mereka sendiri

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie