10 Inovasi Mengagumkan dari Barang Rongsokan (1)

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 3 Februari 2015 07:30
10 Inovasi Mengagumkan dari Barang Rongsokan (1)
Tak cuma jadi pajangan, produk inovatif dari rongsokan ini bisa digunakan

Dream - Ada banyak hal luar biasa yang dibuat manusia di seluruh dunia. Mulai dari bangunan, karya seni, teknologi dan sebagainya. Namun sebagian besar karya spektakuler adalah hasil kreativitas profesional di bidang mekanik dan arsitektur.

Untuk menciptakan karya yang hebat pasti dibutuhkan material berkualitas yang mahal harganya. Namun tidak selamanya angapan ini berlaku. Barang rongsokan yang dianggap sebagai sampai bisa disulap menjadi barang yang sangat berguna.

Semuanya adalah hasil kreativitas orang-orang biasa yang menggunakan barang bekas untuk menciptakan proyek yang luar biasa.

Mengutip laman therichest, Selasa, 3 Februari 2015, berikut adalah 10 barang rongsokan yang disulap menjadi karya luar biasa:

1 dari 5 halaman

10. Listrik Tenaga Kincir Angin

10. Listrik Tenaga Kincir Angin

William Kamkwamba adalah seorang warga Malawi, yang pada tahun 2009 membantu penduduk setempat untuk menghasilkan listrik mereka sendiri. Kamkwamba terpaksa berhenti sekolah (waktu itu usianya masih 14) karena keluarganya tidak mampu membayar biaya. Namun dia tidak menyerah. Kamkwamba melanjutkan pendidikan dengan membaca buku di perpustakaan kecil di desanya.

Akhirnya ia menemukan sebuah buku yang berisi informasi mengenai kincir angin yang bisa menghasilkan listrik dan berfungsi sebagai pompa air. Menggunakan barang bekas, Kamkwamba dibantu warga menciptakan kincir angin sederhana yang terbuat dari bilah kipas mesin traktor, shock absorber, pipa plastik dan beberapa bagian sepeda.

Rumah Kamkwamba pun akhirnya teraliri listrik. Ia mengembangkan kincir angin itu menjadi pemompa air. Kamkwamba kemudian membuat beberapa kincir angin lainnya sebagai sumber listrik bagi sebagian penduduk desanya. Hanya 2% dari populasi Malawi yang memiliki akses listrik.

 

2 dari 5 halaman

9. Rumah Mini

9. Rumah Mini

Derek Diedricksen awalnya iseng membuat rumah mini dan tempat berteduh pada tahun 2012. Rumah tersebut dibangun menggunakan bahan dan barang-barang bekas yang telah dibuang oleh pemiliknya. Sejak itu, Diedricksen dikenal sebagai pembuat rumah mini dengan harga sekitar US$200.

Meskipun dari barang bekas, tapi interior di dalamnya terlihat mewah. Barang-barang bekas yang dipakai termasuk kaca mesin cuci, potongan lemari, dan besi tua.

Kini Diedricksen sering dapat pesanan membuat rumah mini jika ada festival musik. Biasanya penonton festival mendirikan tenda beberapa hari sebelum konser dimulai, namun kini mereka bisa minta dibuatkan rumah mini yang lebih nyaman. Diedricksen bahkan kadang membuatkan rumah mini untuk para tunawisma.

 

 

3 dari 5 halaman

8. Mobil Super

8. Mobil `Super`

Z59 adalah sebuah mobil yang dibuat seluruhnya dari bahan dan suku cadang bekas. Mobil yang terinspirasi supercar Ariel Atom tersebut butuh waktu 15 bulan dan pengerjaan sekitar 800 jam untuk menyelesaikannya.

Setiap bagian, mulai dari throttle hingga mesin, terbuat dari bahan bekas. Mesinnya diambil dari Acura RSX, beberapa bagian lainnya diambil dari peralatan dapur dan pipa besi bekas, serta potongan kayak tua. Menariknya, Z59 laik jalan seperti layaknya mobil pada umumnya. Dengan tenaga pacu sebesar 160 hp, Z59 mampu melaju dari 0-60 mph dalam waktu 4,5 detik.

 

4 dari 5 halaman

7. Katedral

7. Katedral

Justo Gallego Martinez, juga dikenal sebagai Don Justo, mulai membangun sebuah katedral di Madrid, pada tahun 1961. Sejak saat itu, Don Justo berhasil menciptakan struktur yang sangat besar (hampir sendirian) yang mencakup perpustakaan, serambi, ruang bawah tanah dan beberapa kapel.

Pria 89 tahun itu bergantung pada bahan bangunan daur ulang, sumbangan dan batu bata yang tak terpakai. Namun katedral tersebut tidak pernah difungsikan karena Don Justo tidak pernah mengajukan izin membangun dan katedral terbuat dari material bekas. Selain itu, Don Justo sendiri juga bukan profesional di bidang arsitektur dan bangunan.

Hanya saja, pemerintah kota setempat tetap mengizinkan pembangunan katedral tetap dilanjutkan karena keunikannya berhasil menarik wisatawan.

5 dari 5 halaman

6. Kastil

6. Kastil

Setelah Jim Bishop putus sekolah pada usia 15 tahun, ia mulai membangun kastil pribadi di Colorado. Selama 40 tahun terakhir, kastil itu telah bertambah luas dan Bishop terus menambah beberapa bagian sebagai cara bersantai dan menghilangkan stres.

Dibangun hampir seluruhnya oleh dirinya sendiri, kastil terdiri dari batu dari daerah sekitarnya dan barang bekas yang disumbangkan atau diperoleh dari berbagai lokasi.

Struktur itu sendiri memakan sejumlah besar ruang dan dilengkapi dengan menara yang mencapai ketinggian 250 meter. Tidak lupa, Bishop juga membangun jembatan yang menghubungkan bagian-bagian lain di kastil pribadinya.

Beri Komentar