10 Nenek Moyang Hewan Modern, Ukurannya Bikin Merinding

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 13 Februari 2017 13:44
10 Nenek Moyang Hewan Modern, Ukurannya Bikin Merinding
Mereka dikatakan adalah cikal bakal atau nenek moyang dari hewan saat ini...

Dream - Kita semua tentu sudah pernah melihat atau paling tidak tahu bentuk fosil–fosil dari hewan prasejarah yang ada di berbagai museum seperti dinosaurus. Umumnya mereka berukuran raksasa.

Namun hewan prasejarah tidak hanya dinosaurus saja yang sering kita lihat di televisi.

Di dunia ini pernah hidup makhluk masa prasejarah dengan bentuk-bentuk fisik yang tidak jauh berbeda dengan hewan modern sekarang ini. Yang membedakannya, hanya ukurannya. Makhluk prasejarah ini biasanya berukuran jumbo. 

Hewan ini juga dikatakan sebagai nenek moyang dari hewan-hean yang ada saat ini. Hewan apa sajakah itu? yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Deinotherium

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Deinotherium adalah kerabat raksasa dari gajah modern yang muncul di Pertengahan Miosen dan berlanjut hingga Awal Pleistocene. Dalam kehidupannya Deinotherium sama seperti gajah modern, kecuali belalainya yang lebih pendek, dan ia memiliki gading melengkung yang melekat di rahang bawahnya.

Deinotherium adalah mamalia darat terbesar ketiga didunia, hanya Indricotherium dan Mammoth Sungai Songhua (Mamuthus Sungari) yang menandinginya -walaupun Mammuthus imperator bisa hampir sebesar Mammuthus Sungari.

Deinotherium jantan dapat tumbuh setinggi 3,5 hingga 4,2 meter pada pundaknya. Beberapa spesie bahkan bisa mencapai 5 meter. Beratnya mencapai 5 sampai 10 ton dengan nenek moyang gajah jantan bisa mencapai 14 ton.

2. Smilodon/Sabretooth

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Smilodon atau lebih dikenal dengan nama sabertooth kucing besar ini memiliki gigi taring yang luar biasa besar dan panjang. Panjang taringnya ini bisa mencapai 30 c. Cukup kuat untuk melukai atau membunuh seekor mammoth, dan hewan-hewan lain yang ukurannya lebih besar darinya.

Smilodon terkenal karena keganasannya, yang paling luar biasa dari Smilodon dia adalah satu – satunya kucing pra sejarah yang diketahui telah mengakibatkan kepunahan suatu spesies hewan.

Korban keganasannya adalah predator buas lain, yaitu hewan bertaring dari jenis marsupial (hewan berkantung) , Thylacosmilus. Smilodon hidup 10.000 tahun yang lalu, yang berarti kemungkinkan pernah hidup berdampingan dengan manusia.

3. The Moa

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Moa adalah burung terbang terbesar yang punah pada tahun 1700-an atau 1800-an. Burung besar ini tinggal di hutan dataran rendah di kepulauan Selandia Baru. Moa memiliki tubuh besar, kepala kecil, leher panjang, kaki tebal, dan paruh besar.

Ada 11 jenis moa. Yang terbesar itu hampir 11,5 kaki (3,5 m) tinggi dan beratnya mungkin 700 Pound (320 kg). moa ini merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) ia memakan buah dan beberapa bahan tanaman (seperti daun).

4. Titanoboa

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Setelah dinosaurus punah 65 juta tahun lalu, butuh beberapa juta tahun lagi sebelum kehidupan baru muncul di daratan bumi. Selama zaman Paleocene, Titanoboa muncul bersama dengan kura-kura dan buaya prasejarah.

Reptil raksasa ini adalah makhluk paling berkuasa di muka bumi ketika itu. Berdasarkan temuan fosil Titanoba, ular raksasa ini memiliki panjang sama dengan bus, beratnya saja bisa mencapai 900 kg. Dengan ukuran sebesar itu, bisa dikatakan Titanoboa mampu menelan seekor sapi dalam sekejap.

5. Carbonemys

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Beberapa orang peneliti dari North Carolina State University telah menemukan sebuah fosil kura-kura raksasa yang berukuran sebesar mobil mini dengan tengkorak sebesar bola yang biasa dipakai dalam NFL American Football.

Fosil tersebut ditemukan di daerah Kolombia dan para peneliti memberikan nama untuk hewan pemilik tulang tersebut dengan nama Carbonemys cofrinii. dengan ukuran yang besar serta rahang yang kuat ini, C. cofrinii kemungkinan dapat memakan buaya yang hidup sekarang ini. Asumsi sementara adalah C. cofrinii merupakan kura-kura yang tergolong pemakan segala atau omnivora.

6. Cameroceras

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Cameroceras adalah hewan yang diyakini sebagai cikal bakal evolusi yang sekarang menghasilkan gurita dan cumi-cumi yang kita kenal. Meskipun pergerakannya lambat, cameroceras memiliki tenaga yang sangat kuat dan dapat membunuh mangsanya dengan mudah.

7. Machimosaurus Rex

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Spesies buaya penjelajah laut ditemukan di Tunisia di Afrika utara. Mahluk itu hidup sekitar 130 juta tahun yang lalu, pada awal periode yang disebut Cretaceous. Pada masa ketika dinosaurus mendominasi daratan dan reptil raksasa menguasai lautan.

Binatang itu diberi nama yang tepat Machimosaurus rex, yang arti harfiahnya " raja kadal tempur." Panjangnya lebih dari 10m sebanding dengan ukuran sebuah bus besar.

Tengkoraknya saja panjangnya mencapai lebih dari 1,6m. Ini merupakan hewan jenis " thalattosuchia" terbesar yang pernah ditemukan. Nama ini mengacu pada kelompok reptil laut yang sudah punah yang erat berkerabat dengan buaya.

8. Megalodon

Hewan Prasejarah© dream.co.id

Megalodon adalah teror yang sebenarnya pada lautan prasejarah. Hiu ini memiliki panjang hampir 18 meter dan berat hingga 10 ton. Ukuran rahang hewan ini bahkan hampir sebesar lemari pakaian, dan gigi mereka hampir seukuran telapak tangan manusia dewasa. Megalodon hidup pada masa Pliosen di Peru dan Amerika Utara sekitar 20 - 4 Juta tahun yang lalu. Mereka adalah predator utama pada masanya.

Karena ukurannya yang besar, Megalodon dapat memangsa hewan yang besar pula, terutama paus. makanan utama mereka adalah paus besar seperti paus sperma pertama, Cetotherium, Odobenocetops.

dan makhluk laut apapun yang bisa dia makan. Walaupun merupakan predator super, mereka tidak bertahan lama saat memasuki Zaman Es. Paus yang menjadi mangsa utama mereka mulai mengembangkan lapisan lemak mereka dan mulai bermigrasi ke perairan yang dingin. Megalodon yang tidak mampu hidup di perairan dingin bertahan di perairan hangat. Tanpa adanya mangsa, mereka kelaparan dan akhirnya punah.

(Sah/berbagai sumber)

Beri Komentar