10 Misteri Pesawat yang Tak Pernah Terpecahkan (1)

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 24 Agustus 2015 09:35
10 Misteri Pesawat yang Tak Pernah Terpecahkan (1)
Kecelakaan pesawat yang berhasil menarik perhatian dunia.

Dream - Setelah 16 bulan, misteri raibnya Malaysia Airlines Penerbangan MH370 akhirnya akan segera berakhir,....mungkin.

Sepotong puing baru-baru ini ditemukan di Pulau La Reunion di Samudra Hindia. Dan menurut peneliti, puing berupa komponen sayap itu adalah milik Boeing 777, jenis pesawat yang sama yang digunakan MH370.

Kendati demikian, Amerika Serikat dan Australia masih menyangsikan temuan itu yang diklaim bagian dari MH370. Meski belum pasti, namun hilangnya Malaysia Airlines MH370 menjadi salah satu misteri kecelakaan pesawat yang hingga kini belum terungkap.

Catatan dari Jaringan Keselamatan Penerbangan mengklaim bahwa lebih dari 100 pesawat telah hilang sejak 1948. Dan berikut 10 misteri kecelakaan pesawat yang berhasil menarik perhatian dunia dilansir therichest.com. Cek halaman berikut!

 

1 dari 5 halaman

10. Pesawat Militer Uruguay Penerbangan 571

Dream - Roberto Canessa adalah salah satu dari 16 orang yang selamat saat pesawat militer Uruguay 571 menabrak Gunung Andes yang terletak antara Chili dan Argentina pada tahun 1972.

Pada saat itu, semua orang di dalam pesawat diperkirakan tewas. Misi pencarian dibatalkan setelah delapan hari. Terdampar di pegunungan terpencil yang tertutup salju selama 72 hari, dengan persediaan makanan yang tipis, Canessa dan yang selamat lainnya makan daging teman-teman mereka untuk bertahan hidup.

" Itu menjijikkan," kata Canessa kepada The Sun " Martabat saya benar-benar sudah hilang saat harus mengambil sepotong daging teman saya yang sudah mati dan memakannya untuk bertahan hidup."

Roberto Canessa dan Nando Parrado, yang selamat lainnya, berjalan kaki selama 10 hari melintasi Andes untuk mencari bantuan. Bencana tersebut menginspirasi film Alive yang dirilis tahun 1993.

2 dari 5 halaman

9. Pesawat Noorduyn Norseman

Dream - Glenn Miller adalah salah satu pemimpin kelompok band terbesar di era musik swing. Pada bulan Desember 1944, Noorduyn Norseseman, sebuah pesawat bermesin tunggal, meninggalkan tenggara Inggris menuju Paris membawa legenda musik Amerika tersebut. Namun Noorduyn Norseman hilang dalam kabut di atas Selat Inggris, dan Glenn Miller tidak pernah terlihat lagi.

Laporan resmi mengklaim Noorduyn Norseman jatuh karena kerusakan mesin atau menabrak badai es, tetapi ada teori yang mengatakan jika jatuh, mengapa pesawat tidak bisa ditemukan. Konon ada kabar yang menyebutkan pesawat Miller menjadi korban salah tembak oleh pesawat Inggris yang sedang melakukan pemboman di atas Selat Inggris.

3 dari 5 halaman

8. Pesawat Air French Penerbangan 447

Dream - Pada 2009, pesawat Air France 447 jatuh di tengah perjalanannya dari Sao Paulo ke Paris, di tanah tak bertuan yang disebut Tasil Point, Samudra Atlantik. Semua 228 penumpang dan awak tewas. Tasil Point adalah jurang besar di gunung bawah laut. Ini juga titik di mana kontrol lalu lintas udara beralih antara Amerika Selatan dan Afrika, membuat frekuensi radio lebih sulit bagi pilot untuk melakukan kontak.

Butuh waktu lima hari bagi tim pencari untuk menemukan puing-puing pesawat 447. Penyidik mengklaim bahwa penumpukan kristal es di tabung pitot yang menyebabkan pesawat jatuh; auto-pilot mengeluarkan 24 peringatan tentang tabung pitot pada pesawat itu.

Tabung pitot adalah tabung yang ada pada badan pesawat guna mengukur tekanan udara total yang dialami sebuah pesawat. Biasanya tabung pitot ada di bagian hidung atau sayap pesawat. Tabung pitot sering dikaitkan dengan terjadinya pembekuan tabung karena tersumbat kristal es. Akibatnya auto-pilot tidak membaca data tentang tekanan udara seperti di Tasil Point.

4 dari 5 halaman

7. Pesawat Flying Tiger Line Penerbangan 739

Dream - Pada 1962, sebuah Lockheed L-1049 Super Constellation yang disewa oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menghilang di atas Samudra Pasifik. Pesawat itu membawa 107 penumpang, 93 di antaranya adalah tentara. Pesawat dengan rute California-Vietnam itu mengisi bahan bakar di Guam sebelum melanjutkan penerbangannya.

Namun pesawat tidak pernah tiba di tempat tujuan. Setelah pencarian delapan hari, tidak ada puing-puing yang ditemukan. Namun, awak kapal tanker Liberia menyaksikan cahaya " yang bersinar sangat terang" di langit pada malam pesawat itu melakukan penerbangannya. Hal ini menunjukkan pesawat mungkin meledak di udara. Di sisi lain, pengusung teori konspirasi yakin pesawat tersebut

5 dari 5 halaman

6. Pesawat EgyptAir Penerbangan 990

Dream  - " Aku serahkan hidupku pada Tuhan" . Itulah kata-kata terakhir co-pilot El-Batouty yang terekam sebelum Penerbangan 990 dari New York ke Kairo jatuh di Samudra Atlantik pada 1999. Semua 217 penumpang dan awak tewas dalam kecelakaan udara maut tersebut.

Saat itu, Amerika Serikat yakin El-Batouty sengaja menabrakkan pesawat. Seorang rekannya mengklaim El-Batouty mengancam akan menabrakkan Penerbangan 990 setelah ditegur oleh maskapai penerbangan atas pelecehan seksual, termasuk skandal seksual dirinya dengan gadis-gadis remaja. Namun penyidik dari Mesir menolak tuduhan itu, dan kecelakaan Penerbangan 990 menjadi metafora atas ketidakharmonisan hubungan AS-Mesir.

Beri Komentar