10 Mitos Nazi yang Mungkin Saja Benar (2)

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 2 September 2015 12:01
10 Mitos Nazi yang Mungkin Saja Benar (2)
Pasukan pimpinan Adolf Hittler itu menyisakan kisah-kisah misterius dan terkadang tak masuk akal.

Dream - Pada tahun 1945, pada akhir Perang Dunia II, kereta api Nazi yang diduga bermuatan harta karun dan senjata meninggalkan Wroclaw dan hilang secara misterius ketika Tentara Merah Soviet mendekati kota tersebut. Pekan lalu, pemburu harta karun mengklaim mereka menemukan kereta api sepanjang 500 kaki di distrik pegunungan Walbrzych, Polandia.

Kereta yang ditemukan itu diduga kereta legenda milik Nazi yang selama ini disebut-sebut mengangkut pertama, karya seni, senjata dan emas seberat 300 ton. `Kereta api hantu` tersebut bukan satu-satunya legenda yang sampai saat ini belum terbukti kebenarannya.

Nazi telah meninggalkan begitu banyak legenda dan mitos yang sampai sekarang masih hidup subur. Berikut 10 legenda dan mitos peninggalan Nazi menurut TheRichest: 

(Ism)

1 dari 5 halaman

5. Hitler Hanya Memiliki Satu Testis

Dream - Penggemar konspirasi telah lama mengklaim Hitler hanya punya satu testis. Bagaimana cerita ini berasal? Sebagai seorang prajurit dalam Perang Dunia I, Hitler terluka dalam Pertempuran Somme tahun 1916.

Berbagai sumber memiliki argumen berbeda tentang bagian tubuh Hitler yang terluka dalam perang tersebut. Namun banyak yang percaya luka tersebut berada di sekitar selangkangan.

Pada tahun 1968, sebuah buku yang memuat laporan otopsi terhadap tubuh Hitler yang ditulis oleh seorang patolog asal Rusia menyebutkan 'testis kiri Hitler tidak ditemukan..'. Ada keraguan seputar keaslian rekaman otopsi Rusia tersebut, namun teori Hitler hanya punya satu testis sulit dibendung perkembangannya.

2 dari 5 halaman

4. Siapa yang Menyerahkan Anne Frank dan Keluarganya ke Nazi?

Dream - Kisah Anne Frank dan keluarganya yang ditangkap Nazi pada 4 Agustus 1944 telah menginspirasi pembuatan film dan serial TV dengan judul The Diary of a Young Girl.

Identitas informan yang hanya dikenal sebagai Gestapo yang mengungkapkan tempat persembunyian keluarga Anne masih menjadi misteri hingga saat ini.

Selama bertahun-tahun, kecurigaan mengarah kepada Willem Van Maaren, orang yang bekerja di rumah keluarga Otto Frank, ayah Anne. Namun, Maaren tetap menyangkal hingga dia meninggal pada 1971.

Pada tahun 2002, dua teori baru muncul. Satu teori mengklaim Anton Ahlers, rekan bisnis Otto berusia 26 tahun yang ternyata seorang Nazi. Dia berteman dengan Otto hanya karena membutuhkan uang.

Teori kedua menyatakan Lena Hartog, seorang pembantu wanita di gudang yang mengkhianati keluarga Anne. Kemungkinan Hartog takut ketika akan dideportasi dan kehilangan suaminya jika membantu keluarga Otto.

3 dari 5 halaman

3. Harta Hitler Disembunyikan oleh Jenderal Franco dari Spanyol

Dream - Jejak Emas yang dibuat oleh Nazi Jerman pada tahun 1940an beredar di mana-mana, termasuk di Spanyol. Dalam sebuah wawancara pada 1993 dengan radio Free Europe, Trenton Parker, seorang agen CIA veteran, mengatakan ada timbunan harta Nazi Jerman yang telah dikirim ke Spanyol dan dijaga oleh Jenderal Franco.

Parker mengklaim emas yang dijarah Nazi itu tetap dalam pengawasan Franco sampai tahun 1975. Sepeninggal Franco, Krugerrands (koin emas) beredar dan dijual di seluruh Amerika Serikat.

4 dari 5 halaman

2. Penjarahan Karya Seni

Dream- Berapa banyak karya seni bernilai tinggi yang dijarah Nazi sebenarnya? Pada tahun 2012, pemerintah Jerman menyita 1.280 karya seni curian dari apartemen Cornelius Gurlitt di Munich, termasuk karya-karya Picasso, Matisse, dan Chagall.

Pihak berwenang kemudian menyita 200 karya seni di apartemen Gurlitt di Austria. Gurlitt mewarisi karya seni curian dari ayahnya, Hildebrand Gurlitt, seorang pedagang yang bekerja sama dengan Nazi. Sebagian besar karya seni yang dimiliki Gurlitt adalah hasil curian dari museum di Eropa atau dijarah dari keluarga dan kolektor Yahudi.

Jumlah yang disita pemerintah Jerman itu masih belum seberapa. Para ahli memperkirakan banyak karya seni yang dijarah Nazi hilang dan hancur.

5 dari 5 halaman

1. Hitler Meninggal di Argentina

Dream - Di manakah Adolf Hitler meninggal dunia? Dalam buku Grey Wolf: The Escape of Adolph Hitler, wartawan Inggris Gerrard Williams dan Simon Dunstan mengklaim Hitler tidak bunuh diri di dalam bunker di Berlin pada tahun 1945. Dua wartawan Inggris itu memperkirakan Hitler melarikan diri ke Argentina menggunakan kapal selam.

Menurut Williams dan Dunstan, fragmen tengkorak yang digunakan untuk mengkonfirmasi kematian Fuhrer sebenarnya milik seorang wanita muda. Kedua wartawan itu mengatakan lebih jauh jika Stalin, Eisenhower, dan Hoover sebenarnya tahu jika Hitler tidak bunuh diri.

Dokumen FBI mencatat penampakan Hitler di Amerika Selatan dari seorang informan Argentina yang tidak mau disebutkan namanya. Informan itu bahkan mengklaim dirinya melihat Hitler mendarat di sebuah pangkalan angkatan laut Argentina dengan kapal selam dua bulan setelah akhirnya Perang Dunia II. Informan itu juga mengatakan Hitler tinggal dan bersembunyi di Hacienda San Ramos di kaki bukit Pegunungan Andes selama 17 tahun.

Beri Komentar