10 Pasar Kaki Lima Paling Terkenal di Dunia

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 22 Agustus 2015 08:03
10 Pasar Kaki Lima Paling Terkenal di Dunia
Bukannya jadi masalah, kawasan pedagang kaki lima ini justru terkenal di dunia sebagai objek wisata

Dream - Siapa bilang pedagang kaki lima hanya membuat kawasan menjadi kumuh? Dengan sedikit inovasi dan pengelolaan yang baik, kawasan pedagang emperan ini bisa disulap menjadi tujuan wisata.

Selain tempat eksotik, tujuan wisata sebetulnya bisa berupa keanekaragaman jenis makanan atau bahkan sebuah pasar.

Ya, sebuah pasar jika dikelola dengan baik, apalagi memiliki nilai sejarah dan unik, akan menjadi tujuan wisata yang mungkin bisa mengalahkan objek lainnya.

Meski bukan di Indonesia, setidaknya 10 kawasan pasar kelas kaki lima paling terkenal di dunia ini bisa menjadi inspirasi.

Mengutip laman professor.buzz, Sabtu, 22 Agustus 2015, berikut 10 pasar kelas kaki lima paling terkenal tersebut:

1 dari 10 halaman

1. Pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand

1. Pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand

Ini adalah pasar terbesar di Thailand dan pasar akhir pekan terbesar di dunia. Pasar yang terkenal di dunia ini menampung hampir 15.000 kios dan dikunjungi oleh sekitar 200.000 pengunjung setiap hari saat buka!

 

2 dari 10 halaman

2. Grand Bazaar, Istanbul, Turki

2. Grand Bazaar, Istanbul, Turki

Salah satu yang terbesar dan pasar beratap tertua di dunia. Di dalam pasar ini terdapat 61 jalan yang menghubungkan lebih dari 3.000 kios.

 

 

3 dari 10 halaman

3. Pasar Malam Shilin, Taipei, Taiwan

3. Pasar Malam Shilin, Taipei, Taiwan

Ini mungkin pasar malam terbesar dan paling terkenal di kota Taipei. Pasar ini memiliki 600 lapak.

 

4 dari 10 halaman

4. Pasar Chandni Chowk, Delhi, India

4. Pasar Chandni Chowk, Delhi, India

Inilah pasar tertua dan paling sibuk yang terdapat di Old Delhi. Di pasar tradisional ini banyak terdapat toko-toko tekstil yang menjual kain saree dan pakaian tradisional India lainnya. Pasar ini sering menjadi tempat syuting film Bollywood.

 

5 dari 10 halaman

5. Camden Lock Market, London, Inggris

5. Camden Lock Market, London, Inggris

Ini pasar yang paling populer di London dan tempat atraksi yang paling populer keempat di London dengan sekitar 100.000 pengunjung setiap akhir pekan. Camden Lock Market sebenarnya pasar ritel yang buka secara berdampingan dengan banyak warung yang biasanya menjual barang kerajinan, pakaian, dan makanan.

 

6 dari 10 halaman

6. Jemaa El Fnaa, Marrakech, Maroko

6. Jemaa El Fnaa, Marrakech, Maroko

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Maroko tidak pergi ke alun-alun dan pasar Jemaa El Fnaa. Ini adalah salah satu andalan utama wisata Maroko. Masakan yang paling terkenal di sini adalah domba dan ayam panggang yang disajikan dengan semangkuk sup hangat. Semuanya langsung dimasak di hadapan Anda, menggunakan berbagai rempah dan bumbu yang terkadang tidak Anda ketahui jenisnya. Selain itu, Anda juga akan menjumpai para penjual rempah, buah-buahan kering, hingga Majoun, makanan khas yang populer di Maroko.

 

7 dari 10 halaman

7. Pasar Rialto, Venesia, Italia

7. Pasar Rialto, Venesia, Italia

Pasar kuno ini dibangun pada abad ke-11. Saat ini pasar yang terletak di tepi Grand Canal tersebut menawarkan sensasi jembatan Rialto yang terkenal. Pasar bersama dengan jembatan adalah salah satu daya tarik wisatawan yang paling populer di Venesia.

 

8 dari 10 halaman

8. Pasar Malam Temple Street, Hong Kong

8. Pasar Malam Temple Street, Hong Kong

Pasar malam di Temple Street dimulai pada sore hari, karena jalan ditutup untuk lalu lintas. Bukannya mobil, jalan dipenuhi dengan sejumlah besar penjual lokal dan wisatawan. Di pasar berwarna-warni ini Anda dapat menemukan banyak barang seperti pakaian, jam tangan dan perangkat seluler, serta barang-barang seken.

 

9 dari 10 halaman

9. Queen Victoria Market, Melbourne, Australia

9. Queen Victoria Market, Melbourne, Australia

Queen Victoria Market adalah salah satu landmark dan pasar paling terkenal di Melbourne. Dikenal juga sebagai Queen Vic Markets atau Vic Market, pasar yang sudah berusia 134 tahun ini (didirikan tahun 1878) dinamai sesuai nama ratu Victoria yang memerintah Inggris dari tahun 1837 sampai 1901. Dengan luas sekitar 17 hektar, Vic Market merupakan pasar terbuka terbesar di daerah Australia Selatan. Penjualnya saja sudah mencapai kurang lebih 1.000 orang, makanya terasa kurang jika pergi ke Melbourne tapi tak mampir ke sini.

10 dari 10 halaman

10. St. Lawrence Market, Toronto, Kanada

10. St. Lawrence Market, Toronto, Kanada

Pasar ini dipilih oleh National Geographic sebagai pasar makanan terbaik di dunia. Pasar terbagi di dua bangunan: St. Lawrence Market Utara menjadi pasar pertanian mingguan dan pasar barang antik. Sementara St. Lawrence Market Selatan menjadi tempat berdirinya restoran, galeri dan toko-toko makanan dan kios.

Beri Komentar