11 Mitos atau Teori yang Ternyata Benar

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 16 Oktober 2017 07:00
11 Mitos atau Teori yang Ternyata Benar
Apa yang sebelumnya hanya menjadi teori dan objek penelitian, berubah menjadi penemuan mengejutkan dunia.

Dream - Teori yang membingungkan banyak bertebaran di sekitar kita, meski sebagian besar sulit diterima sebagai kenyataan.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, apa yang sebelumnya hanya menjadi teori dan objek penelitian, berubah menjadi penemuan mengejutkan dunia.

Laman BrightSide.me telah mengumpulkan beberapa teori aneh yang ternyata benar, meski sebelumnya kita tidak percaya dan menganggapnya sebagai mitos.

Mesin ATM Kenali Nasabah Lewat Mata, Suara, atau Penampilan Fisik

11 Mitos atau Teori yang Ternyata Benar© Dream

Pada tahun 2015, China memperkenalkan mesin ATM yang bisa mengidentifikasi wajah orang. Tidak hanya itu, China juga mengembangkan mesin ATM yang bisa mengenali suara dan penampilan fisik nasabah.

Fluoride Bisa Merusak Gigi

Fakta Unik© dream.co.id

Beberapa dekade sebelumnya, produsen pasta gigi selalu mengiklankan fluoride sebagai solusi untuk mengatasi gigi berlubang. Namun dalam sebuah penelitian terbaru di Selandia Baru menunjukkan sebaliknya.

Fluoride ternyata memiliki lebih banyak dampak buruk dibandingkan dampak baiknya pada kesehatan manusia. Begitu masuk ke dalam tubuh, fluoride akan mengacaukan fungsi otak, sistem syaraf, sistem pencernaan, ginjal dan liver.

Fluoride juga mempercepat proses penuaan alami dan kerapuhan pada tulang. Untuk mengatasi masalah gigi, ilmuwan menyarankan kita untuk periksa gigi dua kali dalam setahun.

'Menciptakan' Binatang Campuran (Hibrida)

Fakta Unik© dream.co.id

Awalnya binatang campuran (hibrida) hanya ada dalam pikiran sutradara film fantasi. Tapi sekarang ilmuwan telah 'menciptakan' binatang, termasuk burung, campuran.

Binatang domestik itu dikawinkan dengan binatang liar sehingga menghasilkan keturunan campuran. Semua itu berkat kemampuan ilmuwan dalam memanipulasi DNA binatang. Seperti binatang campuran singa dan harimau yang diberi nama Liger ini (Lion dan Tiger).

Gula Berpengaruh Pada Perilaku dan Perkembangan Anak

Fakta Unik© dream.co.id

Karbohidrat sederhana dan gula halus yang menyebabkan kenaikan tajam kadar glukosa dalam darah merupakan sumber bahaya. Sekelompok peneliti membuat kesimpulan bahwa adrenalin pada anak-anak memiliki kadar gula darah lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa.

Hal ini berpengaruh pada konsentrasi mereka dan menghambat kemampuan mereka menyerap informasi dan mengendalikan emosinya. Jamie Oliver menyerukan agar konsumsi gula pada anak-anak dikurangi sebanyak mungkin untuk menghindari bahaya obesitas, kerusakan gigi, dan penyakit lainnya.

Dalai Lama Bekerja untuk CIA

Fakta Unik© dream.co.id

Selama paruh kedua abad ke-20, CIA membiayai gerakan kemerdekaan Tibet dan juga Dalai Lama secara pribadi. Program ini dilakukan sebagai bagian dari kampanye untuk mengacaukan negara komunis dalam konteks Perang Dingin. Pemimpin spiritual Tibet tahu dari mana keuangannya berasal, tapi selalu membantah hubungannya dengan kampanye politik CIA.

Bohemian Grove Benar-benar Ada

Fakta Unik© dream.co.id

Menurut kabar yang beredar, Bohemian Grove adalah tempat di mana para elite dunia berlibur sejak akhir abad ke-19. Politisi, musisi, seniman, dan miliarder berkumpul di Bohemian Grove untuk menikmati berbagai jenis hiburan terbaik dan juga melakukan ritual yang mengerikan.

Pada awal tahun 2000an, cuplikan kamera yang direkam dengan diam-diam membuktikan adanya Bohemian Grove. Namun Bohemian Club menolak untuk membenarkan tempat itu. Tempat pertemuan misterius tersebut nyata sehingga memicu minat baru pada legenda mengelilinginya.

Jus Buah Berbahaya bagi Anak-anak

Fakta Unik© dream.co.id

Asam sitrat sering ditambahkan ke dalam jus buah, dan zat ini bisa menghancurkan enamel gigi. Hasilnya adalah gigi retak dan berlubang karena jadi tempat bakteri berkembang biak.

Jus buah tidak akan memuaskan dahaga Anda. Ini karena jus buah mengandung sejumlah besar gula dan menyebabkan alergi serta masalah saluran pencernaan.

Protein yang dikandungnya juga bisa menginduksi enterocolitis yang bisa berakibat fatal. Sebaiknya batasi konsumsi jus buah hanya 1 gelas sehari sebagai makanan penutup. Lebih baik minum air putih untuk mengatasi rasa haus.

Pistol dengan Peluru Mikro Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Fakta Unik© dream.co.id

Orang-orang biasanya mengira pistol yang bisa menembakkan peluru mikro hanya muncul di film James Bond. Namun, pistol seperti itu sebenarnya ada. Ketika ditembakkan, pistol buatan CIA itu memuntahkan peluru mikro khusus yang akan terasa seperti gigitan serangga ketika mengenai tubuh.

Meski hanya meninggalkan tanda merah di kulit, tapi racun mematikan yang di dalam pelurunya dengan cepat meresap ke dalam aliran darah. Sehingga menyebabkan serangan jantung. Penemuan yang luar biasa ini, bagaimanapun, tidak lagi digunakan oleh CIA.

FBI Mematai-matai Ernest Hemingway

Fakta Unik© dream.co.id

Jurnalis dan penulis novel, Ernest Hemingway, merasa bahwa FBI selalu membuntutinya ke mana pun dia pergi. Tapi teman dan keluarganya mengira dia hanya paranoid saja.

Beberapa dekade kemudian, FBI menguraikan beberapa arsipnya yang menunjukkan bahwa penulis terkenal itu memang dimatai-matai. Itu karena Hemingway memiliki hubungan dengan Kuba. Banyak orang berpendapat bahwa situasi ini menyebabkan Hemingway bunuh diri.

Harga Berlian Sengaja Dibuat Mahal

Fakta Unik© dream.co.id

Berlian sebenarnya tidak begitu langka. Pada dasarnya berlian hanyalah batu biasa, dan selama 150 tahun terakhir, penggaliannya semakin mudah.

Namun, dalam jangka waktu yang lama, perusahaan De Beers telah mengendalikan pasokan berlian. Sehingga mereka bisa mengendalikan harganya sesuka mereka.

Mereka terbantu oleh kampanye iklan yang menggambarkan berlian sebagai batu berharga yang sangat mahal, yang harus selalu menghabiskan sejumlah besar uang agar dianggap otentik.

Kita Berpikir Orang Menarik Secara Fisik Lebih Baik Dalam Segala Hal

Fakta Unik© dream.co.id

Stereotip tentang daya tarik fisik ini adalah kecenderungan yang ditemukan oleh psikolog. Mereka berpendapat bahwa orang yang secara fisik menarik juga memiliki ciri kepribadian lain yang diinginkan secara sosial.

Jadi, ketika Anda melihat orang yang tidak dikenal tapi menarik, maka Anda berpikir orang itu lebih sehat, lebih baik dan lebih pintar daripada yang sebenarnya.

Beri Komentar