12 Misteri Terbesar Dunia yang Belum Terkuak (II)

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 13 September 2014 14:02
12 Misteri Terbesar Dunia yang Belum Terkuak (II)
Salah satu dari misteri terbesar dunia ini menyangkut Indonesia. Apa misteri itu?

Dream - Pesulap ternama Harry Houdini selalu bangga begitu melihat reaksi penonton di seluruh dunia yang berdecak kagum dan keheranan dengan kemampuan menghilang maupun ilusi ciptaannya. Seiring waktu berjalan, para peneliti sedikit demi sedikit mulai menguak trik yang dibuat suhu-nya pesulap ini.

Namun waktu tak selamanya bisa mengungkap berbagai misteri yang ada di dunia ini. Masih banyak misteri yang hingga kini masih menjadi tanda tanya.

Tengok saja misteri patung batu seberat 5 ton di timur Islandia dekat samudera pasifik atau 5.000 koin antik yang terkubur di sebuah lokasi di Amerika Serikat. Contoh-contoh misteri ini masih terus diselidiki para ilmuwan dan peneliti untuk mencari rasionalitas dari misteri yang ada.

Mengutip laporan News.com.au, berikut adalah 6 dari 12 misteri di dunia yang sampai kini masih jadi tanda tanya: (Untuk melihat 6 misteri sebelumnya, klik link ini http://bit.ly/1tGzo40)

1 dari 6 halaman

Manuskrip Voynich

6. Manuskrip Voynich

Sejarah bisa terungkap berkat tulisan dan bahasa kuno yang berhasil dipecahkan pengkodeannya. Namun ada satu tulisan di manuskrip yang hingga saat ini belum ada yang bisa mengerti maksudnya. Dialah Manuskrip Voynich.

Dibeli oleh penjual buku langka Wilfrid Voynich pada 1912, teks manuskrip tersebut sekilas tidak terlalu menarik untuk dipelajari. Manuskrip tersebut terdiri dari 240 halaman, dihiasi dengan gambar dan diagram. Manuskrip terbagi ke dalam enam bagian yang berbeda. Bagian-bagian tersebut membahas berbagai topik seperti pengobatan herbal, astronomi, biologi, kosmologi, farmakologi alam.

Yang membuatnya misterius adalah manuskrip ini ditulis dalam bahasa yang tidak diketahui oleh manusia yang hingga sekarang masih berusaha mengungkapnya. Menurut uji karbon, manuskrip ini dibuat antara tahun 1404 hingga 1438 dan belum diketahui siapa penulisnya.

2 dari 6 halaman

Signal WOW!

5. Signal WOW!

Pada malam musim panas tahun 1977, Jerry Ehman, seorang peneliti di SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) berhasil merekam sebuah sinyal yang bisa menjadi bukti paling kuat dalam sejarah manusia tentang adanya kehidupan alien.

Saat itu, Ehman sedang memindai gelombang radio dari luar angkasa, berharap bisa menemukan sinyal yang dikirim oleh makhluk cerdas alien. Dan malam itu, dia menemukan satu sinyal paling kuat yang pernah ada berdurasi 72 detik. Sinyal tersebut diyakini berasal dari konstelasi Sagitarius dekat sebuah bintang bernama Tau Sagittari yang berjarak 120 tahun cahaya.

Ehman kemudian menulis kata Wow! di atas kertas saat dia melihat sinyal tersebut sehingga akhirnya disebut Sinyal WOW! sampai sekarang.

Namun pencarian kembali sinyal serupa di tahun-tahun berikutnya tidak membuahkan hasil. Jika saja berhasil, maka kita bisa mengirimkan sinyal dengan frekuensi yang sama dengan Sinyal WOW! untuk berkomunikasi dengan alien.

3 dari 6 halaman

Siapa Benjamin Kyle?

4. Siapa Benjamin Kyle?

Pada tahun 2004, seorang pria yang kemudian mengadopsi nama Benjamin Kyle bangun dari tidurnya di emperan sebuah toko cepat saji di Georgia. Pria ini tidak memakai baju, tanpa kartu identitas dan ingatan tentang siapa dirinya.

Dia didiagnosa mengidap retrograde amnesia, yakni penyakit tidak bisa mengingat siapa dirinya. Jika saja perjalanan hidupnya seperti di film-film, pasti pria ini akan menemukan jati dirinya. Namun tidak demikian, bahkan pihak berwenang pun tidak mempunyai catatan tentang dirinya. Polisi dan otoritas berwenang lokal tidak tahu siapa pria ini. Meskipun FBI turun tangan, mereka juga tidak mampu mencari tahu identitas sebenarnya dari pria ini. Alhasil, Benjamin Kyle adalah satu-satunya warga negara Amerika Serikat yang dinyatakan hilang meski keberadaannya diketahui.

Meski sekarang dia sudah mendapat kehidupan layak, namun misteri tentang siapa sebenarnya Benjamin Kyle masih belum terpecahkan.

4 dari 6 halaman

Wabah menari di tahun 1518

3. Wabah menari di tahun 1518

Cerita tentang wabah menari seperti sebuah dongeng. Pada suatu hari musim panas di tahun 1518, seorang wanita bernama Frau Troffea mulai menari di jalanan di Strasbourg. Wanita ini menari sepanjang hari tanpa henti. Dalam seminggu, 34 orang bergabung dengan wanita ini untuk menari tanpa sebab. Mereka seperti orang yang kesurupan. Dalam waktu satu bulan, jumlah orang yang menari mencapai 400 orang. Ibadah agama pun digelar untuk menyelidiki fenomena ganjil tersebut.

Tidak hanya pendeta, para dokter juga diminta untuk mencari solusi menghentikan tarian tersebut. Namun para penari mulai ada yang sakit dan sebagian bahkan meninggal karena serangan jantung, kelelahan, dan stroke.

Berbagai teori telah diajukan untuk menjawab penyebab peristiwa aneh tersebut, termasuk keracunan, epilepsi, tifus, penyakit psikogenik massal, dan bahkan ritual keagamaan. Tetapi sampai hari ini kita masih tidak memiliki jawaban pasti untuk peristiwa sejarah yang benar-benar luar biasa ini.

5 dari 6 halaman

Hilangnya Awak Kapal Barang SS Ourang Medan

2. Hilangnya Kapal Barang SS Ourang Medan

Pada bulan Juni 1947, beberapa kapal yang lewat jalur perdagangan di Selat Malaka di lepas pantai Malaysia, menerima pesan SOS mengerikan yang berbunyi: " Semua awak kapal termasuk kapten telah mati di ruang diagram dan jembatan. Mungkin seluruh kru tewas" . Setelah beberapa saat, satu pesan terakhir yang diterima hanya berbunyi, " aku mati" .

Kapal terdekat mengidentifikasi sumber sinyal tersebut berasal dari kapal barang Belanda, SS Ourang Medan.

Kapal dagang terdekat, The Silver Star, melaju secepat yang mereka bisa untuk mencari sumber sinyal SOS tersebut. Tapi setelah naik Ourang Medan, mereka takut dengan apa yang mereka temukan: Semua awak terbujur kaku, mayat mereka tersebar di geladak.

Mata orang-orang yang mati tersebut masih terbuka dan menunjukkan ekspresi karena teror di wajah mereka. Awak Silver Star menemukan operator radio Ourang Medan tangannya masih di atas tombol pengirim sinyal Kode Morse dan matanya terbuka lebar.

Tapi anehnya, tidak ada tanda-tanda luka atau cedera di seluruh tubuh korban. Awak Silver Star memutuskan untuk menarik kapal kembali ke pelabuhan, tetapi sebelum mereka bisa berjalan, asap mulai mengepul berasal dari geladak bawah.

Awak Silver Star pun dengan cepat kembali ke kapal mereka dan hampir tidak punya waktu untuk melarikan diri sebelum SS Ourang Medan meledak dan tenggelam dengan cepat. Beberapa berteori bahwa awan gas alam beracun naik dari celah di dasar laut, membunuh semua awak SS Ourang Medan.

 

6 dari 6 halaman

Baterai dari Baghdad

1. Baterai dari Baghdad

Ketika berpikir tentang listrik, sebagian besar orang akan ingat kembali tentang Benjamin Franklin yang menemukan listrik pada tahun 1752.

Namun keberadaan baterai dari Baghdad membuktikan adanya kemajuan ilmu pengetahuan yang jauh lebih mengejutkan, yakni 2000 tahun sebelumnya. Ditemukan pada tahun 1936, dan diperkirakan telah dibuat di wilayah Mesopotamia, Alat dari tanah liat ini berisi lempengan besi tipis dibungkus dengan lembaran tembaga, dan beberapa arkeolog berteori bahwa cairan asam digunakan untuk menghasilkan arus listrik di dalamnya.

Jika benar, artefak ini akan mendahului penemuan penemuan sel elektrokimia, yang dikaitkan dengan Alessandro Volta, lebih dari dua ribu tahun yang lalu.

Digunakan atau tidaknya artefak ini sebagai baterai dan untuk apa listrik yang dihasilkannya juga masih misteri. Sebab kita tidak memiliki catatan sejarah tentang itu.

Yang kita ketahui adalah bahwa baterai ini benar-benar bisa bekerja. Seperti yang pernah dilakukan di sebuah acara hiburan Mythbusters yang menggunakan replika artefak ini untuk menghasilkan listrik. Namun tujuan dari pembuatan alat ini masih menjadi misteri.

Beri Komentar