16 Arti Mimpi Menikah Menurut Islam dan Primbon, Benarkah Pertanda Kematian?

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 23 September 2021 13:47
16 Arti Mimpi Menikah Menurut Islam dan Primbon, Benarkah Pertanda Kematian?
Pernah bermimpi sedang melangsungkan pernikahan saat tidur? Inilah arti sesungguhnya

Dream - Pernahkah kamu mimpi menikah saat sedang tidur? Beberapa orang meyakini bahwa mimpi menikah tidak hanya sekadar bunga tidur. Ada keyakinan di kalangan masyarakat bahwa arti mimpi sedang melangsungkan pernikahan sebagai pertanda datangnya malapetaka yakni sebuah kematian

Ketika seseorang merencanakan pernikahan, mimpi menikah merupakan hal yang normal terjadi. Tetapi, bagi beberapa orang yang sedang tak berencana menikah atau telah berstatus suami istri, tentu akan menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan. 

Bunga tidur yang muncul itu membuat orang banyak mencari apa sebenarnya arti mimpi menikah. Ternyata, banyak sekali tafsir tentang arti mimpi menikah, meskipun hal tersebut kembali pada kepercayaan masing-masing. Penasaran apa saja? Simak beberapa arti mimpi menikah menurut islam dan primbon jawa yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini!

1 dari 2 halaman

Arti Mimpi Menikah Menurut Islam

ilustrasi© Foto : Unsplash

Mimpi menikah bisa menjadi salah satu pertanda benar adanya akan terjadi di kehidupan kita. Meski begitu, arti mimpi menikah yang menyebutkan sebagai pertanda kematian hanyalah mitos. Pernyataan ini diungkapkan oleh orang terdahulu agar seseorang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan tidak terlena dengan kesenangan dunia. Lantas apa arti mimpi menikah menurut Islam?

1. Mimpi menikah dengan orang tak dikenal

Menurut Ibnu Sirin dilansir dari Bincang Syariah, arti mimpi menikah dengan anak atau saudara perempuan yang tidak ia kenali bisa menjadi tanda akan memperoleh keberuntungan yang banyak. Selain itu, sosok yang tidak dikenal dalam mimpi adalah kesungguhan orang yang memiliki mimpi dalam melakukan sesuatu. Dengan kata lain, dia akan memperoleh hasil dari kesungguhannya di dunia nyata.

2. Mimpi menikah dengan orang yang dikenal

Arti mimpi menikah menurut Islam berikutnya yaitu hadirnya kepedulian Allah terhadap orang yang bermimpi. Menurut al-Nalbusi, jika seseorang bermimpi menikah dengan perempuan yang dikenal, artinya pemimpi akan segera menerima tanggung jawab yang sanggup dikerjakan. Menikah dengan perempuan yang dikenal juga bisa diartikan bahwa pemimpi akan menerima tugas mulia dan mampu diselesaikan dengan baik.

ilustrasi© Foto : Unsplash

3. Mimpi menikah dengan empat perempuan

Mimpi menikah bisa jadi merupakan simbol dari pekerjaan atau mata pencaharian. Mimpi menikah dengan empat perempuan bisa menjadi pertanda baik. Pasalnya, mimpi ini bisa ditafsirkan bahwa pemimpi akan memperoleh tambahan dari hasil usahanya.

4. Mimpi menikah tapi sudah menikah

Apabila seseorang bermimpi menikahi seorang perempuan padahal dia sudah memiliki seorang istri atau lebih, maka hal ini menunjukkan bahwa dia akan mendapatkan kebaikan atau kekuasaan. Kebaikan atau kekuasaan tersebut tergantung kepada perempuan yang dia lihat di dalam mimpinya, semakin cantik perempuan di dalam mimpinya atau semakin baik perangai perempuan tersebut, maka semakin bagus pula kebaikan dan kekuasaan yang akan dia peroleh.

2 dari 2 halaman

Arti Mimpi Menurut Primbon Jawa

ilustrasi© Foto : Unsplash

Tak sedikit orang yang beranggapan mimpi menikah tak sekadar bunga tidur biasa. Bermimpi melangsungkan pernikahan pun seringkali mengundang rasa penasaran. Berikut arti mimpi menikah menurut primbon Jawa.

1. Mimpi menikah dengan mantan pacar

Mimpi menikah dengan mantan pacar berarti kamu sudah siap berkomitmen dan telah menemukan orang untuk menghabiskan sisa hidup bersamanya. Bermimpi tentang menikahi mantan bukan berarti kamu benar-benar ingin menikah dengannya atau masih mencintainya. Sebaliknya, ini menunjukkan bahwa kamu sudah siap untuk melupakan (move on) dan mempersiapkan masa depan untuk menyambut pasangan yang lebih baik.

2. Mimpi menikah dengan orang yang tidak dikenal

Arti mimpi menikah dengan orang yang tidak dikenal adalah pertanda baik. Mimpi ini merupakan pertanda  anggota keluarga baru kemungkinan akan segera tiba. Bisa jadi seseorang dalam keluarga akan menikah dan ada kemungkinan seorang bayi akan lahir.

3. Mimpi menikah dengan orang yang dibenci

Arti mimpi menikah dengan orang yang dibenci ini maksudnya adalah berkaitan dengan pekerjaan ataupun urusan yang sedang kamu urus bersama orang tersebut. Tanpa disadari, ternyata ada sisi baik yang kamu sukai dari sosok dalam mimpimu tersebut.

ilustrasi© Foto : Unsplash

4. Arti mimpi menikah karena dijodohkan

Arti mimpi menikah karena dijodohkan menunjukkan bahwa kamu merasa dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin kamu lakukan. Kamu merasa tidak memiliki suara atau pilihan dalam suatu situasi.

5. Mimpi melihat orang lain menikah

Mimpi melihat orang asing menikah merupakan hal yang wajar. Mimpi tersebut dapat melambangkan bahwa si pemimpi memiliki kepribadian yang kuat. Terutama ketika kamu lajang, mimpi menikah dengan orang asing adalah pertanda akan keamanan, kenyamanan, dukungan, dan cinta.

6. Mimpi menikah dengan teman

Jika kamu mimpi menikah dengan teman, itu artinya melambangkan cinta sejati. Ada kemungkinan kamu akan menjalin hubungan dengan seseorang yang saat ini sedang tertarik dan memperhatikanmu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih menyukai dia dan merasa aman saat berada di dekatnya.

7. Mimpi menikah lagi

Bermimpi tentang menikah lagi bisa menjadi hal positif dan menandakan bahwa di masa depan, kamu akan mengambil lebih banyak komitmen. Jika kamu masih menikah dan pasanganmu masih hidup, bermimpi menikah lagi bisa terjadi karena kamu melihat foto-foto pernikahan atau sering mengingat masa-masa awal menikah sehingga kamu merasa senang dan terbawa ke dalam mimpi.

ilustrasi© Foto : Unsplash

8. Mimpi menghadiri pernikahan

Jika kamu bermimpi menghadiri sebuah pernikahan, pertimbangkan bagaimana perasaanmu saat pernikahan tersebut. Jika kamu kesal atau sedih, itu berarti kamu tidak bahagia dengan status hidupmu saat ini. Jika kamu bahagia, maka kamu sedang merangkul perubahan baru dalam hidup.

9. Arti mimpi dilamar

Bermimpi dilamar menunjukkan bahwa kamu sedang menggabungkan aspek dirimu yang sebelumnya tidak diketahui secara lebih langsung. Mimpi ini juga berarti bahwa kamu sedang memikirkan tentang pernikahan atau beberapa komitmen, proyek, atau situasi jangka panjang yang serius. Reaksimu terhadap lamaran tersebut menunjukkan perasaan yang sebenarnya tentang pernikahan atau komitmen.

10. Arti mimpi bertunangan

Arti mimpi bertunangan untuk menikah mewakili kebutuhan seksual atau hubungan. Kamu mungkin mencoba untuk menyelesaikan perasaan kesepian. Mimpi ini juga bisa melambangkan komitmen dan keinginanmu untuk merasa aman. Jika belum menikah, mimpi itu mungkin menunjukkan keinginanmu untuk suatu bentuk komitmen. Jika kamu bermimpi bahwa kamu memutuskan pertunangan, ini menunjukkan keputusan yang tergesa-gesa dan tidak bijaksana dalam beberapa hal penting.

11. Mimpi menggunakan gaun pernikahan

Mimpi menggunakan gaun pernikahan menunjukkan bahwa kamu sedang mengevaluasi dan menilai hubungan pribadimu. Jika kamu atau seseorang mengenakan gaun pengantin dalam situasi yang tidak pantas, itu menunjukkan bahwa kamu merasa rendah diri atau tidak berharga.

Beri Komentar