3 Mitos Pocong yang Sebaiknya Jangan Dipercaya

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 16 September 2019 17:32
3 Mitos Pocong yang Sebaiknya Jangan Dipercaya
Masyarakat Indonesia banyak yang mempercayai beberapa mitos tentang pocong ini.

Dream - Jika berbicara tentang hantu paling populer di kalangan masyarakat Indonesia, mungkin pocong juaranya. Pocong bisa dibilang sebagai sosok hantu paling seram yang ditakuti banyak orang.

Dalam film-film horror biasanya pocong identik dengan bentuk jenazah yang dibungkus kain kafan.

Sosok itu banyak dipercaya sebagai arwah gentayangan dari orang-orang yang baru saja meninggal dan dikuburkan.

Masyarakat Indonesia pun banyak yang mempercayai beberapa mitos tentang pocong ini.

Namun, kalian sebaiknya jangan percaya karena mitos-mitos ini cuma tahayul belaka. Berikut 3 diantaranya:

1 dari 5 halaman

Tali Pocong Harus Dilepas

1. Jika tali pocong tidak dilepas maka akan gentayangan

Mitos ini sudah santer terdengar puluhan tahun lalu. Orang-orang berpendapat, jika tali pocong tidak dilepas menyebabkan arwah di mayit tidak bisa terlepas juga.

Hal itulah yang membuatnya bergentayangan untuk meminta tolong kepada warga, agar bersedia melepaskan tali pocongnya.

2. Tali pocong korban pembunuhan biasanya tidak dibuka

Jika ada orang yang meninggal karena dibunuh, biasanya tali pocong jasad orang tersebut tidak akan dilepas.

Banyak orang Indonesia yang pecaya kalau tali pocongnya tidak dilepas, arwah orang itu akan gentayangan dan menuntut balas dendam kepada pelaku pembunuhan.

2 dari 5 halaman

Ulah Jin Kafir

3. Ulah jin kafir

Menurut para ulama, hantu pocong merupakan perwujudan jin kafir yang ingin menggoda keimanan seseorang.

Jin dianggap memiliki kemampuan untuk berubah jadi berbagai jenis hantu, salah satunya pocong.

Itulah beberapa mitos tentang pocong yang sebaiknya jangan kalian percayai.

Entah benar atau tidaknya mitos itu, yang harus kita lakukan adalah terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, agar terhindari godaan makhluk yang ingin menyesatkan. (Sumber: wowmenariknya.com)

3 dari 5 halaman

Geger Foto Pocong Muncul di Google Street View

Dream - Dunia maya tengah dibuat geger dengan foto hantu pocong. Foto tersebut bahkan muncul di Google Maps.

Untuk bisa melihat penampakan hantu tersebut, pengguna dapat memakai fasilitas Street View. Lokasi disebutkan berada di Kedungwaru Kidul, Demak, Jawa Tengah.

Foto tersebut memuat keterangan pengunggah yaitu ARTBiZ360 - JASAVR. Keterangan tersebut mengarah ke akun Instagram @artbiz.360.

  Pocong di Google Street View

Pemilik akun mengatakan penampakan pocong itu terjepret kameranya dua tahun lalu. Saat itu, si pengunggah sedang mencoba fitur malam pada kamera yang baru dia beli.

" Niatnya ingin ambil pemandangan #milkyway karena saat itu langit sedang cerah-cerahnya," tulis dia.

4 dari 5 halaman

Tak Sadar Sudah Potret Pocong

Foto itu tidak diambil pada sore hari atau waktu maghrib, melainkan pukul 9 menuju 10 malam. Dia pun mengaku asal jepret.

" Waktu itu hasilnya engga terlalu terang sih, karena saat itu masih coba-coba kupelajari teknik motretnya," ucap pemilik akun.

Usai mengambil foto, si pemilik akun tersebut pulang. Dia tidak menyadari telah menangkap penampakan pocong dalam fotonya dua tahun lalu yang ternyata masuk dalam database Google Maps.

" Hingga beberapa waktu lalu ada yang bilang ada penampakan pocong di google map...! Ternyata itu foto jepretanku," kata dia.

5 dari 5 halaman

Tak Alami Keanehan

Pemilik akun mengaku tidak merasakan apapun saat memotret di lokasi tersebut. Sehingga, dia merasa tidak ada yang aneh saat itu.

" Aku sih positif thingking aja kalo ITU hanyalah serangga yang nempel di lensa, soalnya waktu ambil foto disitu aku enggak rasa apa-apa, seperti merinding, atau bulu kuduk berdiri misalnya... Atau mungkin akunya saja ya yang gak peka," tulis dia.

 Pocong di Google Street View

      View this post on Instagram

Tadinya sih gak ada niat buat posting foto ini, tapi karena banyak yang DM serta kasih komentar #pocong di postingan foto #lebaran keluarga, maka dari itu aku kirimlah postingan ini. Biar pada komentar disini lah... Kan engga lucu saatnya pamer kehangatan keluarga malah diteriakin pocing. Palagi diserbu DM dengan pertanyaan serupa, capek jawabnya gaess.... . Foto ini aku ambil sekitar 2 tahun yang lalu ketika sedang testing fitur malam di kamera baru aku. Niatnya ingin ambil pemandangan #milkyway karena saat itu langit sedang cerah-cerahnya. Ohya foto ini kuambil bukan sore hari ya, bukan waktu maghrib. Foto ini kuambil malam jam 9 mau 10.... Asal jeprat-jepret sih waktu itu. Waktu itu hasilnya engga terlalu terang sih, karena saat itu masih coba-coba kupelajari teknik motretnya. Nah setelah pulang, foto ini kuedit biar manis dan agak terang. . Belum notice juga kalo itu ada penampakan. Hingga beberapa waktu lalu ada yang bilang ada penampakan pocong di google map...! Ternyata itu foto jepretanku. Aku nggak mau bilang kalo di situ #horror atau #angker, aku sih positif thingking aja kalo ITU hanyalah serangga yang nempel di lensa, soalnya waktu ambil foto disitu aku enggak rasa apa-apa, seperti merinding, atau bulu kuduk berdiri misalnya... Atau mungkin akunya saja ya yang gak peka... . . Kalo menurut klean, itu apasih sbenernya? . . #poconggooglemap #viral #kalibener #kedungwarukidul #googlemaps #streetview #milkyways #baper #panorama #sekitarkudus #wargademak #demak #panoramademak #pocongviral #fotohits #artbiztarbis #photography #landscape #instagood #photooftheday #360 #artbiz360 #poconggooglemaps #mistis

A post shared by ARTBIZ360 (@artbiz360) on

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie