5 Mitos dan Kenyataan di Berbagai Negara

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 3 Juli 2019 08:13
5 Mitos dan Kenyataan di Berbagai Negara
Tambah pengetahuanmu di sini...

Dream - Bermacam tradisi, kuliner dan kebudayaan di berbagai belahan bumi membuat dunia begitu beragam. Tak terkecuali mitos yang tumbuh dalam waktu yang lama di suatu negara.

Dari beberapa mitos itu, berikut lima mitos menarik yang tumbuh di berbagai negara di dunia.

Penasaran apa saja? Yuk intip di bawah ini:

1 dari 5 halaman

Olahraga Populer di Jepang

1. Sumo adalah olahraga paling populer di Jepang.

 Mitos© dream.co.id

Faktanya baseball merupakan olahraga paling populer di Jepang. Hampir setengah penduduk jepang menyukai Baseball.

2. India adalah negara dengan mayoritas beragama Buddha?

 Mitos© dream.co.id

Faktanya lebih dari 80% penduduk India bergama Hindu. Agama umum setelahnya adalah Islam. Penganut Buddha di India hanya kurang dari 1%

2 dari 5 halaman

Tak Semua Warga UAE Kaya

3. Semua warga UEA kaya raya

 Mitos© dream.co.id

Faktanya penduduk asli UEA memang sebagian besar kaya raya. Tetapi sekitar 85% penduduk di sana adalah imigran. Bahkan 2/3 orang Arab yang tinggal di UEA berasal dari negara-negara tetangga.

Ya jika mereka memiliki keahlian tentu dapat hidup dengan layak. Tetapi para pekerja biasa kebanyakan hidup dalam kondisi yang buruk di negara serba mahal tersebut.

4. Pertarungan banteng (Matador) adalah hiburan paling populer di Spanyol.

 Mitos© dream.co.id

Pertarungan banteng memang masih diadakan di banyak kota di Spanyol. Namun biasanya yang datang menonton adalah turis. Bahkan banyak penduduk lokal yang mengecam pertarungan banteng.

Parlemen Catalonia sendiri sudah melarang pertarung banteng di kota itu. Termasuk juga di Barcelona.

5. Australia itu panas

      Lihat postingan ini di Instagram

looks like winter is here 🥶 #winter #winteraustralia#australiananimals #animalsaustralia #animals #australiannativeanimals #weather

Sebuah kiriman dibagikan oleh marianna d (@marids7) pada

Kebanyakan penduduk yang tinggal di daerah selatan, di kota-kota seperti Sydney, Melbourne, Canberra, dan Adelaide, pada musim dingin suhu bisa dingin suhu bisa mencapai 0 bahkan minus.

(ism, sumber: brightside.me)

3 dari 5 halaman

13 Fakta Unik yang Sering Dianggap Mitos

Dream - Tahukah Anda? Di balik kehidupan yang beragam ini terselip berbagai fakta yang mungkin belum kita ketahui.

Beberapa mungkin benar. Sebagian lagi mungkin hanya berisi kebohongan. Kita tidak tahu pasti kebenaran suatu mitos kecuali kita melakukan penelitian atau mengalaminya sendiri.

Namun beberapa fakta berikut ini rupanya sering dianggap hoax atau sekadar hal random yang dengan mudah didapat di internet.

Tetapi jika diteliti lebih lanjut, beberapa hal berikut ini ternyata memang benar adanya, apa saja? 

4 dari 5 halaman

Mitos Atau Fakta

1. Cewek lebih suka cowok yang bisa main alat musik

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Sebuah penelitian mengatakan, wanita lebih menyukai pria yang bisa bermain alat musik karna romantis dan penyayang. Temuan ini dilakukan secara ilmiah. 

2. Pentagon melawan zombie

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Meski serangam zombie atau mayat hidup hanya ada dalam kisah fiksi, Pentagon ternyata menganggapnya serius. Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah menyiapkan rencana antisipasi dari “ kiamat zombie”. Pentagon sudah menyiapkan sebuah operasi penanganan “ kiamat zombie” sejak 2011. Operasi khusus itu bernama ”CONOP 888” atau Counter - Zombie Domination.

3. Satu Rumah Dua Negara 

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Kota Derby Line berada di antara perbatasan Kanada dan Amerika. Garis batas tepat melalui sebuah kota, bahkan melalui sebuah bangunan dan rumah. Ada sebuah kasus di sebuah keluarga. Mereka memiliki dapur di sebuah negara dan mereka memakannya di negara lainnya.

4. Permintaan Aneh Napi Sebelum Digantung

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Victor Feguer merupakan seorang gelandangan yang dijatuhi hukuman mati karena menculik dan membunuh seorang Dokter. Alasan pembunuhan ini bisa dibilang cukup tak masuk akal. Menurut Victor, dia membunuh Dokter karena ingin mendapatkan obat apapun yang dibawa sang dokter. 

Akibat ulahnya ini Viktor harus menerima vonis hukuman mati. Ketika menjelang eksekusi hukuman mati, pria ini meminta sesuatu yang sangat amat sederhana. Bahkan mungkin bisa dibilang konyol. Victor meminta satu buah Zaitun yang masih memiliki biji di dalamnya sebagai makanan terakhir dalam hidupnya.

Setelah di eksekusi dengan cara digantung, para petugas menemukan biji buah Zaitun tersebut dalam salah satu kantong jas, yang di pakai oleh Victos saat dieksekusi. Entah ada cerita apa dengan Victor dan buah Zaitun, namun sepertinya kisah itu cukup berarti bagi pria sederhana ini.

5. Pohon sakura di Washington DC

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Pada 1912, pemerintah Jepang memberi hadiah kepada AS berupa 3.000 pohon sakura. Jadi, bukan hoax. 

5 dari 5 halaman

Tambah Pengetahuan

6. Nyamuk rekayasa genetika hindari penyakit

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Para peneliti di California merekayasa genetika nyamuk. Tujuannya, agar tidak bisa terinfeksi dengan malaria. Para peneliti menggunakan teknik yang disebut editing gen, yang memungkinkan nyamuk secara tepat menempatkan untai baru DNA ke dalam organisme. Sebagai hasil dari modifikasi ini, nyamuk itu sendiri tidak dapat terinfeksi oleh parasit malaria, sehingga nyamuk tidak akan dapat menularkannya kepada manusia.

7. Berang-berang Tidur Berpegangan Tangan

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Berang-berang adalah hewan yang diketahui selalu memegang tangan dalam kelompok. Sehingga, saat berpegangan tangan itu menyerupai bentuk rakit saat mereka makan, tidur dan istirahat. Tujuannya, untuk mencegah keluarga kehilangan satu sama lain.

8. Bahaya Menahan Bersin 

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Pada saat bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang. Malah jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Dan setelah kita selesai masa bersin itu, maka jantung kita akan berdetak kembali

9.Einstein Tak Cuma Ahli Fisika

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Dalam hidupnya, Einstein ternyata tak hanya jago fisika. Dia juga sangat mencintai musik. Betapa musik telah mengilhami Einstein dan menjadi bentuk pelariannya dari riset-riset fisika yang dia gumuli. Einstein sering mengaku lebih banyak menikmati indahnya hidup setelah memainkan biola, ketimbang apapun yang telah dilakukannya.

10. Semua Planet Pakai Nama Dewa?

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Pada abad ke-4 SM, Aristoteles memperkenalkan nama-nama dewa dalam mitologi untuk planet-planet ini. Hermes menjadi nama untuk Merkurius, Ares untuk Mars, Zeus untuk Jupiter, Kronos untuk Saturnus dan Aphrodite untuk Venus.

Pada masa selanjutnya di mana kebudayaan Romawi menjadi lebih berjaya dibanding Yunani, semua nama planet dialihkan menjadi nama-nama dewa mereka. Kebetulan dewa-dewa dalam mitologi Yunani mempunyai padanan dalam mitologi Romawi sehingga planet-planet tersebut dinamai dengan nama yang kita kenal sekarang. Kecuali bumi. 

11. Pablo Picasso Punya Nama Terpanjang di Dunia?

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Picasso merupakan seorang pelukis asal Spanyol yang memiliki nama terpanjang di dunia. Bahkan, 14 kali lebih pancang dari nama aslinya. Nama pria itu yakni Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz y Picasso.

12.Thomas Edison Takut Gelap

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Diyakini bahwa keberhasilan penemuan bola lampu adalah karena motivasi tinggi Thomas dari ketakutannya terhadap gelap. Ini karena sumber cahaya yang umum digunakan pada saat itu (lilin dan lentera minyak tanah) tidak membuat dirinya merasa terlindungi dari kegelapan.

13. Martin Van Buren adalah Presiden Asli AS Pertama 

  Fakta unik di dunia© dream.co.id

Van Buren adalah Presiden AS pertama yang terlahir sebagai warga negara AS, bukan Inggris. Menjabat sebagai presiden pada era 1837-1841, sejarah mencatat ia adalah satu-satunya Presiden AS yang memiliki Bahasa Belanda sebagai bahasa ibu.

Beri Komentar