Yack! Ini 5 Kotoran Termahal di Dunia

Reporter : Idho Rahaldi
Minggu, 8 September 2019 09:36
Yack! Ini 5 Kotoran Termahal di Dunia
Sering dianggap menjijikan, ternyata ada yang terjual hingga miliaran rupiah!

Dream - Bagi sebagian besar orang, mendengar kata feses atau kotoran dari penceranaan pasti langsung terbayang hal menjijikan.

Namun, tahukah kamu bahwa di dunia ini ada kotoran yang memiliki nilai jual tinggi. Beberapa bahkan bermanfaat bagi lingkungan atau kehidupan kita. 

Kita mungkin sudah tahu kopi luwak. Jika dilihat dari sumbernya, kopi ini merupakan kotoran dari hewan luwak dan diproses manusia menjadi minuman bernilai tinggi. 

Ada juga penemuan hotoran yang dianggap sebagai bagian dari sejarah umat manusia di Bumi.

Penasaran kan seperti apa? Berikut 6 kotoran yang punya harga tertinggi di dunia, seperti dikutip dari List Verse:

1 dari 5 halaman

Ambergris

Ambergris merupakan kotoran dari hewan paus yang sangat berharga. Hotoran ini mengandung zat lilin abu-abu atau hitam yang berasal dari usus paus tertentu.

Di industri kecantikan, ambergris biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan parfum.

 KotoranKotoran © dream.co.id

allthatsinteresting.com

Pada tahun 2016, tiga nelayan dari Oman menemukan ambergris seberat 80 kilogram, yang harganya ditaksir bisa mencapai US$ 3 juta. Sangat fantastis bukan?

2 dari 5 halaman

Piero Manzoni

Pada tahun 1961, seniman Italia, Piero Manzoni, memutuskan untuk membuat beberapa karya aneh. Dia buang hajar di 90 kaleng, menutupnya, dan menjualnya.

Manzoni menyebut kotoran-kotoran itu sebagai Merda d'Artista (Artis S – t) dan memberi label masing-masing kaleng dengan " Artist’s S–t, Freshly Preserved, Produced and Tinned in May 1961."

Harga tiap-tiap kotoran ditentukan oleh biaya dengan berat yang sama dalam emas.

Manzoni meninggal pada tahun 1963 dan kotorannya laris manis.

 KotoranKotoran © dream.co.id

Foto:  www.wikimedia.org

Galeri seni Tate di London memperoleh satu kotoran Manzoni dengan harga 22.350 pound sterling (Rp 387 juta) pada 2007.

Pada tahun yang sama, kaleng kedua dilelang dengan dibanderol 81.000 pound sterling (Rp 1,4 miliar) di Milan. Satu lagi dijual senilai 182.500 pound sterling (Rp 3,1 miliar) pada 2016.

Pada 2017 saja, ketiga kotoran tersebut sudah menyentuh angka US$ 300.000 dan diperkirakan akan menelan biaya jutaan dolar dalam beberapa tahun ke depan.

3 dari 5 halaman

Elvis Presley

Seorang fans garis keras Elvis Presley juga sempat mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pakaian dalam bintang rock and roll tersebut. Di pakaian tersebut, diyakini ada noda yang dipercayai merupakan kotoran dari Elvis Presley.

 KotoranKotoran © dream.co.id

Foto: liputan6.com

Bahkan orang tersebut rela menggelontorkan uang senilai 10.000 pound sterling atau setara Rp 173 juta rupiah. Diketahui Elvis Presley sempat memakai celana dalam tersebut ketika mengenakan jumpsuit saat pertunjukan tahun 1977.

4 dari 5 halaman

Kopi Luwak

Kopi luwak mungkin kotoran yang paling dikenal di dunia. Kopi ini salah satu termahal di dunia. Secangkir kopi luwak bahkan bisa dijual seharga US$ 90 (Rp 1,2 juta) di AS pada tahun 2015.

 KotoranKotoran © dream.co.id

Ilustrasi luwak madu (iStock)

Kopi tersebut dibuat dengan biji kopi yang sebagian dicerna dan diambil dari kotoran luwak (Paradoxurus hermaphroditus) -- musang yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Banyak aktivis memprotes produksi kopi luwak karena dianggap sebagai pembantaian terhadap hewan ini. Luwak biasanya dikunci di dalam kandang yang sempit, yang tidak menyediakan ruang bagi mereka untuk berkeliaran.

Luwak diberi makan hanya dengan biji kopi, meskipun mereka sebenarnya mengonsumsi berbagai makanan di alam liar. Kurungan semacam itu menyebabkan luwak berperilaku tidak normal.

5 dari 5 halaman

Fosil tinja

Fosil kotoran yang memiliki panjang sekitar 20 cm ini juga dibandrol dengan harga fantastis. Fosil ini ditemukan oleh pekerja konstruksi pada tahun 1972.

 KotoranKotoran © dream.co.id

Foto: liputan6.com

Menurut sejarawan, kotoran tersebut berasal dari seseorang yang tinggal di York yang saat itu dikuasai Viking sekitar Abad ke-9. Dan yang bikin geleng-geleng kepala, feses tersebut bernilai US$39.000.

 

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup