6 Negara Dengan Aturan Kerja Terunik di Dunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 14 Juni 2016 15:03
6 Negara Dengan Aturan Kerja Terunik di Dunia
Mulai dari ukuran lingkar pinggang sampai karyawan toko lingerie.

Dream - Aturan tenaga kerja memang selalu menjadi perhatian serius. Sebab, hal ini bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak.

Pembahasan aturan ini pun tak selesai dalam waktu sehari semalam, misalnya untuk masalah upah buruh. Di Indonesia, para buruh biasanya menuntut perbaikan upah setiap tahunnya.

Dilansir dari situs Kementerian Tenaga Kerja, Selasa 14 Juni 2016, negara-negara di belahan dunia lain rupanya punya berbagai aturan unik. Misalnya, Perancis yang melarang karyawannya mengecek surat elektronik (electronic mail/e-mail) pada jam kerja.

Tak hanya Perancis, Jepang, Arab Saudi, bahkan Madagaskar menerapkan berbagai aturan tenaga kerja yang cukup unik. Berikut ini adalah daftar aturan kerja yang unik yang diterapkan di negara-negara lain.

1. Jepang

Negeri Sakura itu mewajibkan pengusaha untuk mengukur lingkar pinggang karyawan yang berusia 40 tahun dan 74 tahun. Lingkar pinggang mereka tak boleh berada di luar batas ketentuan, yaitu 33,5 inchi untuk pria dan 35,4 inci untuk wanita.

2. Kotamadya Isesaki, Jepang

Daerah ini meminta karyawan pria untuk mencukur jenggotnya.

3. Tiongkok

Wanita di Negeri Panda ini dilarang bekerja di pekerjaan yang menuntut kekuatan fisik, seperti pertambangan, penebangan kayu. dan bekerja di ketinggian.

4. Arab Saudi

Arab Saudi mewajibkan yang bekerja di toko lingerie adalah karyawan wanita.

5. India

Di negara ini, suatu perusahaan tak boleh memecat lebih dari 100 karyawan, kecuali dinyatakan bersalah karena hukum pidana.

6. Madagaskar

Wanita di Madagaskar, dilarang bekerja pada malam hari.

Beri Komentar