7 Kesalahan Jaga Kebersihan Tubuh yang Masih Banyak Dilakukan

Reporter : Idho Rahaldi
Jumat, 25 Agustus 2017 19:30
7 Kesalahan Jaga Kebersihan Tubuh yang Masih Banyak Dilakukan
Mulai dari sekarang sebaiknya kamu mengetahui apa sajakah kebiasaan salah yang banyak kamu lakukan saat merawat dan menjaga kebersihan tubuhmu....

Dream - Kebanyakan wanita selalu memperhatikan setiap bagian tubuhnya. Sudah menjadi kewajiban untuk para wanita bisa merawat tubuhnya demi menjaga kesehatan dan menunjangan penampilannya.

Namun ternyata masih ada wanita tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan dan merawat bagian-bagian tubuh dengan benar.

Nah, dikutip dari laman brightside.me, berikut adalah beberapa kebiasaan salah yang banyak dilakukan wanita saat merawat dan menjaga kebersihan tubuh.

Jangan salah lagi ya setelah kamu mengetahuinya

1. Jangan tutupi mulut dengan tangan saat batuk atau bersin

Wanita© dream.co.id

Kebanyakan orang menggunakan tangan untuk menutup mulutnya, padahal para ahli kesehatan menyarankan penggunaan masker atau paling tidak menutup mulut dengan sapu tangan. Tangan bisa menjadi media penularan virus flu bila kita tidak segera mencuci tangan setelah bersin atau batuk.

2. Kikir kukumu

Wanita© dream.co.id

Jika kamu memanjangkan kuku, jangan lupa untuk mengikir tepiannya setiap seminggu sekali untuk mencegah timbulnya retakan. Jangan meggunakan gunting kuku kecuali jika kamu ingin memotong pendek kukumu.

Cobalah untuk tidak membuat kuku-kuku kamu terlalu bundar, karena akan berisiko mengalami kuku yang tumbuh ke dalam.

3. Jangan berbagi peralatan makeup seperti eyeliner dan maskara

Wanita© dream.co.id

Produk-produk kosmetik mempunyai komposisi bersifat bubuk dan seperti lilin yang secara alami rentan menarik mikroba di udara contohnya bakteri dan debu.

Mengingat pemakaian eyeliner dan maskara begitu dekat dengan mata, janganlah berbagi peralatan ini. Mata yang merah maupun infeksi mata lainnya bisa ditularkan dari peralatan kosmetik.

Kamu bisa menggunakan kuas maskara sekali pakai untuk penggunaan harian. Namun jangan sekali-kali mencuci kuasnya karena dapat mengurangi bahan pelindungnya dan membawa kelembapan ke dalam tube maskara.

Mencelupkan kuas berkali-kali juga tidak disarankan karena mendorong udara masuk ke dalam. Tidak hanya membuat kering, tetapi juga menstimulasi perkembangan bakteri.

4. Jangan membersihkan hidung menggunakan jari

Wanita© dream.co.id

Membersihkan upil atau kotoran hidung dengan jari tangan sering menjadi kebiasaan banyak orang. Upil adalah ingus kering atau mucus kering yang memang mengganggu hidung. Tetapi sebenarnya cara membersihkan yang tepat bukan mengoreknya dengan tangan.

Karena saat ngupil itu, mukosa (lapisan tipis di dinding rongga hidung) bisa lecet. Yang bisa berpotensi masuknya kuman ke bawah mukosa.

Jadi cara sehat untuk membersihkan upil adalah dengan mencuci hidung seperti saat berwudhu. Caranya dengan menghirup air pelan-pelan ke hidung, kemudian menghembuskannya.

Cara mudah lainnya adalah dengan menyemprotkan nasal saline atau larutan garam ke dalam lubang hidung.

5. Jangan menggunakan shower gel setiap hari

Wanita© dream.co.id

Kulit kita dihuni oleh bakteri menguntungkan yang melindungi kulit dari infeksi dan membuatnya tetap terhidrasi secara alami. Penggunaan shower gel setiap hari dapat menghancurkan bakteri tersebut.

Akibatnya tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit dan kulit menjadi lebih kering. Gunakan shower gel setiap hari di bagian tertentu saja seperti di tangan, ketiak dan area bawah ikat pinggang. Untuk bagian lainya gunakan shower gel 2 kali sehari.

6. Jangan gunakan pasta gigi terlalu banyak

Wanita© dream.co.id

Pasta gigi yang dipakai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pasta gigi yang memiliki kandungan detergen. Bahan detergen yang dipakai oleh sebagian besar produk pasta gigi di pasaran ternyata bisa menyebabkan sariawan pada mulut kita.

Selain detergen, kebanyakan pasta gigi juga memiliki agen perasa. Kamu tentu sering merasakan pasta gigi memberikan efek segar karena adanya kandungan menthol, pepermint, spearmint, atau beberapa kandungan lain layaknya carvone atau cinnamal, bukan?
Beberapa bahan ini ternyata beresiko menyebabkan alergi pada mulut jika digunakan terlalu banyak.

7. Jangan terlalu banyak pakai kondisioner

Wanita© dream.co.id

Kondisioner memang sangat baik untuk merawat rambut agar tetap sehat. Namun bila kamu memiliki jenis rambut normal dan tidak terlalu kering, jangan terlalu banyak memakai kondisioner, dan tidak perlu terlalu lama saat mengaplikasikannya.

(Brightside.me)

Beri Komentar