8 Alternatif Sehat Pengganti Gula

Reporter : Idho Rahaldi
Sabtu, 19 Agustus 2017 06:02
8 Alternatif Sehat Pengganti Gula
Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga menjadi dilematis tersendiri. Karena di balik manisnya gula, ternyata terkandung bahaya yang tidak boleh dianggap remeh....

Dream - Gula merupakan bahan makanan yang sulit dihindari dalam keseharian kita.
Jujur deh, siapa sih yang enggak suka minum teh, kopi atau susu yang dicampur dengan gula.

Tak hanya minuman, banyak makanan juga yang ditaburi gula lho. Walau takaranya mungkin tidak sebanyak minuman. 

Kalau kamu termasuk penggila gula, sebaiknya mulai kurangi takarannya. Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa mengundang bahaya. Banyak penyakit muncul karena terlalu sering mengonsumsi gula. 

Penyakit diabetes salah satunya. Penyakit berbahaya yang dapat berimbas pada organ tubuh lain itu berangkat dari fluktuasi kadar gula di dalam darah.

Jika sulit menghindari makananan atau minuman manis, cobalah beralih ke gaya hidup sehat. Rasa manis dari gula yang biasanya berasal tebu bisa kamu ganti dengan bahan pemanis lain. jadi kamu tetap selera makan tanpa kehilangan rasa manis.

Nah, berikut ini sejumlah adalah sejumlah pemanis pengganti gula yang jauh lebih sehat. Dilansir dari Brightside.me, berikut daftar pengganti manis gula:

1. Gula Kelapa

Pengganti Gula© dream.co.id

Gula kelapa dikenal sebagai alternatif terbaik pengganti gula tebu karena kadar glikemik yang rendah. Gula ini dapat dengan mudah digunakan untuk menjadi pengganti rasa manis dari gula tebu.

2. Barley malt

Pengganti Gula© dream.co.id

Barley malt merupakan salah satu pengganti gula yang baik. Selain bermanfaat menggantikan gula Barley malt juga dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kekebalan, dan bahkan mempertajam penglihatan.

3. Sirup Agave

Pengganti Gula© dream.co.id

Agave nectar sering disebut sirup agave merupakan pemanis yang diproduksi secara komersil dari beberapa spesies agave termasuk Agave tequilana (agave biru) dan Agave salmiana. Agave nectar memiliki rasa yang lebih manis daripada gula dan konsistensinya lebih encer dibandingkan dengan madu. Tanaman ini umumnya tumbuh di Meksiko dan Afrika Selatan.

4. Molasses

Pengganti Gula© dream.co.id

Walaupun molasses merupakan byproduct gula, beberapa orang masih mempertimbangkannya sebagai pengganti gula yang lebih sehat. Molasses memiliki cita rasa yang lebih kuat, namun tidak semanis gula. Bahkan, faktanya molasses mengandung lebih banyak asam daripada gula.

5. Kurma

Pengganti Gula© dream.co.id

Kurma memiliki rasa manis yang dapat menggantikan fungsi gula tebu. Selain memberikan rasa manis, buah kurma juga bisa menjadi sumber serat pangan yang baik untuk pencernaan. Kandungan glukosa di dalam sebutir kurma diperkirakan habis terserap dalam waktu 40-45 menit. Tempo ini lebih lambat ketimbang glukosa pada gula tebu yang habis terserap dalam 20-30 menit. Dengan begitu, cadangan glukosa yang berasal dari kurma akan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

6. Gula Sorgum

Pengganti Gula© dream.co.id

Tanaman sorgum memiliki kandungan gula yang tinggi, meskipun patinya juga tinggi. Di Indonesia, sorgum punya beberapa nama, seperti gandrung, jagung pari, dan jagung canthel. Bahkan, tepung sorgum sudah lama digunakan masyarakat di Indonesia sebagai bahan dasar pembuatan kue apem sebagai pengganti tepung beras.

Biji sorgum dapat digunakan sebagai bahan pangan serta bahan baku industri pakan dan pangan. Seperti industri gula, monosodium glutamate (MSG), asam amino, dan industri minuman serta bahan bakar (bioetanol).

7. Sirup Maple

Pengganti Gula© dream.co.id

Sirup maple seringkali digunakan sebagai teman makan pancake atau sebagai bahan tambahan roti, kue dan pastry. Walaupun rasanya tidak terlalu manis, sirup maple memiki cita rasa buah maple yang kuat dan lebih kaya rasa.

8. Stevia

Pengganti Gula© dream.co.id

Stevia memiliki rasa 300 kali lebih manis dari gula. Stevia adalah sebuah tanaman yang ditemukan di Amerika Selatan dan biasanya digunakan sebagai suplemen diet. Stevia tidak memiliki kalori ataupun meninggalkan dampak glikemik, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin menjaga berat badan.

(Brightside.me)

Beri Komentar