9 Fakta Mencengangkan Bioskop yang Tak Banyak Terungkap

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 2 Agustus 2017 12:15
9 Fakta Mencengangkan Bioskop yang Tak Banyak Terungkap
Hampir semua orang pasti pernah pergi menonton film ke bioskop. Tapi, fakta-fakta ini tidak banyak yang tahu.

Dream - Selain lebih lega karena layarnya lebar, bioskop menyajikan kepuasan tersendiri dalam menonton film. Kepuasan itu tak bisa didapatkan jika menonton film di rumah.

Tetapi, ada banyak hal di dalam bioskop yang mungkin tak pernah diketahui penonton. Misalnya, popcorn yang harganya bisa nyaris setara dengan harga tiket menonton itu sendiri.

Sebenarnya masih banyak rahasia bioskop lainnya yang tak diungkap ke publik. Namun, BrightSide.me mencoba untuk mengungkapnya untuk pembaca Dream.

1. Pekerjaan bersih-bersih yang selalu terburu-buru

 Tukang bersih-bersih bioskop

Pernahkah Sahabat Dream memperhatikan lantai bioskop terlihat kotor, meski para pekerja telah membersihkan lorongnya setiap kali pergantian film? Itu semua karena jadwal pemutaran antar film yang sangat ketat.

Akibatnya pekerjaan bersih-bersih dilakukan terburu-buru dan terkadang sembarangan. Lantai baru dibersihkan dengan benar, saat semua jadwal pemutaran film telah berakhir.

2. Menaruh sampah di kursi lebih disukai

Karyawan yang bertugas membersihkan sampah lebih senang jika penonton menaruh sampah di atas kursi daripada dibuang di lantai. Mengambil sampah yang ditaruh di kursi dianggap lebih mudah daripada harus menjangkaunya di lantai dan kolong tempat duduk.

3. Efek suara bisa merusak telinga

 Suara merusak telinga

Orang-orang menonton film di bioskop karena ingin menikmati sensasi suara efek yang memanjakan telinga. Namun di satu sisi, suara yang terlalu keras seperti dalam film-film aksi (suara bom dan peperangan) terkadang melebihi tingkat yang diizinkan.

Oleh karena itu, jika sayang dengan kesehatan telinga, sebaiknya tidak terlalu sering menonton film aksi di bioskop.

4. Harga popcorn yang terlampau mahal

 Harga popcorn lebih mahal

Popcorn selalu identik dengan menonton film di bioskop. Tetapi tahukah kamu, camilan bioskop ini harganya terlalu mahal dibandingkan jika membelinya di luar.

Di Amerika Serikat, popcorn ukuran besar harganya rata-rata US$ 8 (sekitar Rp106 ribu). Sedangkan jika membeli di luar bioskop hanya US$ 1 (sekitar Rp13 ribu).

5. Sebelumnya kursi tidak punya tempat untuk menaruh gelas

Uniknya, tempat menaruh gelas pada kursi bioskop baru muncul pada tahun 1981 atau 60 tahun setelah bioskop ber-AC pertama dibuka di AS. Sedangkan, popcorn mulai dikaitkan dengan menonton film di AS selama Perang Dunia Kedua, ketika bioskop berhenti menjual permen karena terjadi krisis gula.

6. Mengapa aroma popcorn mengundang selera?

Dua alasan paling utama adalah karena ada campuran ekstrak kelapa dan kanola, serta zat aditif makanan pada setiap popcorn yang dijual di bioskop.

7. Hampir setiap minggu ada penonton yang diusir keluar

Di AS, hampir setiap minggu selalu saja ada pasangan yang diusir keluar karena melakukan tindakan tak senonoh saat menonton. Hampir di semua bioskop di AS dilengkapi kamera CCTV.

Kamera ini untuk memantau mereka yang melakukan tindakan asusila sehingga membuat penonton di sekitarnya merasa terganggu.

8. Popcorn combo lebih mahal daripada beli terpisah

Jangan berpikir bahwa membeli popcorn yang dicombo dengan soda lebih murah, daripada jika membelinya secara terpisah. Membeli popcorn dan soda secara terpisah dengan ukuran yang kecil justru lebih dianjurkan karena hemat.

9. Popcorn tidak selalu dijual 'fresh from oven'

 Popcorn tak selalu fresh

Jika popcorn tidak terjual habis pada hari itu, para karyawan akan mengemasi sisanya dan menyimpannya dalam kantong plastik. Juga memanaskannya dan menjualnya lagi keesokan harinya. (ism) 

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna