9 Penyesalan Pemilik Barang Mahal yang Mengiranya Cuma Sampah

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 5 Juli 2016 12:02
9 Penyesalan Pemilik Barang Mahal yang Mengiranya Cuma Sampah
Para pemilik pasti menyesal. tak sadar mereka telah membuang harta karun yang dianggapnya cuma sampah.

Dream - Ada pepatah bilang 'sampah seseorang adalah harta orang lain'. Dan dalam beberapa kasus, anggapan ini telah terbukti memang benar.

Sebagian orang cenderung hati-hati dengan apa yang akan dibuang dan bagaimana membuangnya. Namun sebagian lagi tak berpikir dengan apa yang akan dibuangnya. Padahal, bisa jadi barang-barang yang dibuang itu memiliki nilai yang tak ternilai harganya .

Seperti beberapa penyesalan yang dirangkum oleh LitterBins berikut ini. Tanpa tahu dengan barang yang dimili-ki, mereka membuang 'sampah' yang dianggap tak berguna itu. Nyatanya, sampah itu memiliki nilai yang sangat tinggi.

Bisa dibilang mereka telah membuang 'sampah' yang justru adalah harta karun bagi orang lain.

Berikut adalah sembilan barang yang dibuang seperti `sampah` oleh pemiliknya namun bernilai sangat mahal:

1 dari 3 halaman

Edisi Pertama Harry Poter - Berlian Sampah

1. Edisi Pertama Harry Potter

Nigel Reynolds adalah wartawan pertama yang pernah mewawancarai JK Rowling dan ia menerima salinan edisi pertama Harry Potter dan Batu Bertuah sebagai tanda 'terima kasih'. Tapi terlepas dari hype saat itu, Nigel yakin buku itu tidak akan laris dan menjadi terkenal. Jadi dia melemparkannya di tempat sampah. Tapi sekarang salinan edisi pertama yang pernah dimiliki Nigel itu sangat bernilai tinggi dan kabarnya terjual hingga 50.000 pound sterling atau hampir Rp 1 miliar.

2. Kantong Belanja

Seorang wanita tua dari West Sussex, Inggris tanpa sengaja membuang kantong belanja yang berisi seluruh uang tabungannya senilai 12.000 pound sterling (sekitar Rp 235 juta) ke gerobak sampah. Putrinya yang mengetahui hal itu segera menghubungi manajer tempat pembuangan sampah, tapi dia diberitahu uang itu sudah terkubur di bawah ribuan ton sampah.

3. Berlian Sampah

Berlian bisa dibilang adalah sahabat kaum wanita. Tapi tak semua menganggapnya demikian. Seperti seorang staf toko perhiasan yang tak sengaja membuang sebutir berlian bernilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 66 miliar ke tempat sampah. Beruntung, seorang satpam menemukan harta karun tersebut. Sayangnya, satpam itu gagal jadi orang kaya setelah dia tertangkap akan menjual berlian yang ditemukannya itu di pasar gelap.

2 dari 3 halaman

Apple Pertama - Perhiasan

4. Hadiah Sia-sia

Seorang suami di Amerika Serikat berniat memberikan hadiah yang fantastis kepada istrinya untuk merayakan pernikahan mereka yang ke-23. Tapi entah apa yang terjadi, suami tersebut secara tidak sengaja membuang perhiasan seharga US$50.000 atau sekitar Rp 663 juta yang sedianya sebagai hadiah untuk istrinya. Akibatnya, pria dari Canoundra yang hanya dikenal sebagai Geoffrey itu kemungkinan harus rela tidur di sofa untuk beberapa malam.

5. Komputer Apple Generasi Pertama

Salah satu maha karya Steve Jobs adalah komputer Apple 1 yang dia ciptakan pada tahun 1976. Tapi seorang wanita tua yang memiliki edisi langka ini tak tahu nilainya dan memberikannya ke tempat daur ulang di California. Apple 1 itu kemudian terjual di sebuah lelang seharga US$200.000 atau sekitar Rp 2,6 miliar. Manajer pusat daur ulang kemudian melacak alamat wanita tua itu untuk menyerahkan sebagian uang hasil penjualan Apple 1 itu.

6. Tak Mengerti Seni

Seni modern kadang sulit untuk dipahami dan seorang karyawan di sebuah galeri seni di Italia memperjelas hal itu dengan membuang sebuah karya seni modern yang dibuat oleh seniman Paul Branca. Menyerupai dua tong sampah, 'patung' senilai US$15.000 atau sekitar Rp 200 juta itu dimaksudkan untuk mendorong pengunjung untuk memperhatikan lingkungan.

3 dari 3 halaman

Kupon Lotere - Mesin Enigma

7. Gagal Dapat Triliunan

Sepasang suami-istri tinggal di Las Vegas yang selalu bermain lotre seharusnya akan membawa pulang hadiah sebesar US$ 915 juta atau sekitar Rp 12 triliun jika sang istri bisa bersabar. Setelah menulis nomor yang akan keluar, dia kehilangan kesabaran saat menunggu antrean. Dia merobek tiket lotre itu dan memilih membeli lucky dip yang hadiahnya tak seberapa.

8. Salah Ambil Sampah

Beberapa tukang listrik membongkar satu set unit dapur seharga 10.000 pound sterling atau sekitar Rp 200 juta di sebuah rumah South Tyneside, Inggris agar bisa mengakses kabel di baliknya. Mereka menaruh unit tersebut di luar rumah. Setelah menyelesaikan pekerjaannya, mereka menyadari unit tersebut telah raib. Ternyata tukang sampah salah mengira unit mahal itu sebagai sampah yang bisa dijual lagi.

9. Teka-teki Sebenarnya

Salah satu rahasia pemerintah Inggris adalah mesin pemecah kode enkripsi bernama 'Enigma' yang digunakan untuk mengakhiri Perang Dunia II. Entah bagaimana benda rahasia itu bisa berakhir di sebuah pabrik daur ulang. Sebagai salah satu bagian yang paling penting dari sejarah modern dan bernilai lebih dari US$10.000 atau sekitar Rp 132 juta, benda tersebut tetap mengandung misteri mengapa dan siapa orang yang membuangnya di tempat sampah.

(Sumber: Mirror.co.uk)

Beri Komentar