Ada Kapsul Waktu di Bumi Laskar Pelangi

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 9 Oktober 2015 13:16
Ada Kapsul Waktu di Bumi Laskar Pelangi
'Kapsul Waktu' siap mendatangi Bumi Laskar Pelangi, Tanjung Tinggi, Belitung.

Dream - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI tengah gencar mendukung 'Kapsul Waktu 2085', sebuah kegiatan ekspedisi yang dilaksanakan sebagai bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja yang dicanangkan Presiden Jokowi di Titik Nol Sabang pada 10 Maret 2015 lalu.

Saat ini, Ekspedisi Kapsul Waktu siap mendatangi Bumi Laskar Pelangi, Tanjung Tinggi Belitung. Diperkirakan rombongan ekpedisi akan sampai pada 13 Oktober 2015 nanti.

Pada saat melepas Ekspedisi Kapsul Waktu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pemerintah menaruh harapan besar pada kegiatan ekspedisi ini. Kapsul waktu diharapkan dapat mengumpulkan mimpi rakyat Indonesia tentang Indonesia pada masa yang akan datang di setiap provinsi. 

" Ekspedisi Kapsul Waktu adalah upaya untuk menjahit beraneka harapan tentang Indonesia dari semua komponen bangsa yaitu pemerintah, aparat, pelaku usaha, profesional, petani, nelayan, remaja dan anak-anak. Dengan mengangkat berbagai potensi pariwisata daerah, khususnya kebudayaan dan kesenian daerah, termasuk di antaranya tari Laskar Pelangi, merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja," jelas Arief Yahya seperti dikutip dari situs Kemenpar.go.id.

Kapsul waktu saat ini siap meluncur ke Belitung dan akan berakhir di Merauke tanggal 22 Desember 2015. Namun Kapsul Waktu tersebut baru akan dibuka pada 17 Agustus 2085 mendatang.

Direncanakan, sebelum tiba di Belitung Ekspedisi Kapsul Waktu akan menjelajahi Palembang dan akan mengumpulkan impian masyarakat Sumatera Selatan. Impian-impian tersebut kemudian akan dibacakan di salah satu obyek wisata di Palembang, yaitu tepi Sungai Musi, setelah terlebih dulu melewati Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi.

Nantinya saat tiba di Bumi Laskar Pelangi, Belitung, Ekspedisi Kapsul Waktu akan disambut secara khusus dengan konvoi mobil dan sepeda motor kuno dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin hingga Pantai Tanjung Tinggi.

Pesisir Belitung dianggap sangat layak untuk menyambut Ekspedisi Kapsul Waktu karena keindahan pantainya dengan keberadaan aneka bebatuan granit hampir di seluruh bibir pantai yang tidak ada duanya di dunia. (Ism) 

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup