Diwarisi Skill Konstruksi, Wanita Muda Ini Bangun Sendiri Rumahnya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 18 September 2020 09:48
Diwarisi Skill Konstruksi, Wanita Muda Ini Bangun Sendiri Rumahnya
Wanita ini berharap bisa memberdayakan banyak perempuan di bidang konstruksi.

Dream – Seorang wanita di Afrika Selatan menjadi viral di sosial media setelah menunjukan keahlian yang selama ini banyak disebut hanya bisa dilakukan pria. Bagaimana tidak, wanita asal Pietermaritzburg, Afrika Selatan ini membangun sendiri sebuah rumah untuk tempat tinggalnya.

Wanita perkasa bernama Zama Philisiwe Zungu itu membagikan banyak foto saat dia sedang memperluas bangunan rumahnya. Tentu saja kisahnya ini dengan cepat viral di media sosial.

Seperti dilansir dari Oddity Central, Afrika Selatan baru saja merayakan Bulan Perempuan atau Women’s Month itu baru berusia 26 tahun. Dia menjadi wanita yang luar biasa untuk perayaan bulan tersebut.

Foto-foto Zama dirinya yang sedang mengerjakan perluasan rumahnya menjadi viral di Facebook dan media sosial lainnya.

1 dari 2 halaman

Mewarisi Keahlian Sang Ayah

Ilustrasi© Facebook/Zama Philisiwe Zungu

Dalam foto-fotonya, Zama memperlihatkan momen saat dia menyiapkan semen, membuat semua pengukuran dan menumpuk batu bata sendirian. Zama tidak mengharap pujian apapun dan hanya ingin menginspirasi wanita lain di luar sana untuk menjadi sosok yang mandiri.

Diketahui Zama ternyata seorang wanita yang memiliki gelar insinyur sipil. Keahliannya di bidang konstruksi ternyata berasal dari dari ayahnya yang juga seorang insinyur.

Jejak sang ayah menjadi inspirasi bagi Zama yang memutuskan menjadi seorang insinyur. Pada tahun 2014 ia mendaftar di Umgungundlovu TVET College di kota asalnya.

2 dari 2 halaman

Belum Pernah Bekerja di Bidang Konstruksi

Ilustrasi© Facebook/Zama Philisiwe Zungu

Zama mengaku ia belum pernah bekerja di bidang konstruksi. Namun demikian ia mengaku ujian praktik yang telah ia lalui selama kuliah memberinya kepercayaan diri bahwa ia sanggup membangun perluasan rumahnya sendiri.

“ Inilah yang saya kuasai, merenovasi rumah sangat menyenangkan dan mengasyikkan, praktik lebih menyenangkan daripada teori,” ucapnya.

Zama Philisiwe Zungu berharap suatu hari nanti dirinya bisa membangun sebuah perusahaan konstruksi dan bermimpi mampu memberdayakan banyak perempuan di industri teknik.

“ Saya selalu berharap yang terbaik dalam segala hal yang bisa kita lakukan, jangan pernah meremehkan kekuatan ketulusan hati dalam melakukan sesuatu. Selalu berusaha untuk meningkatkan dan memberdayakan diri sendiri,” pesan Zama kepada para perempuan lainnya.

Beri Komentar