Kenapa Jam yang Dijual Menunjuk Pukul 10:10

Reporter : Irma Suryani
Sabtu, 1 Oktober 2016 10:01
Kenapa Jam yang Dijual Menunjuk Pukul 10:10
Ketika hal ini ditanyakan ke penjual mereka hanya bilang itu sudah diatur dari pabriknya. Tapi mengapa demikian?

Dream - Banyak yang bertanya-tanya mengapa semua jenis jam selalu menunjukkan pukul 10:10 saat dipajang di toko. Ketika hal ini ditanyakan ke penjual mereka hanya bilang itu sudah diatur dari pabriknya. Tapi mengapa demikian?

Pertama-tama, mari kita luruskan mitos seputar jarum jam yang selalu menunjuk pukul 10:10 itu.

Selama ini banyak yang berpikir bahwa pukul 10:10 itu diatur untuk mengenang Abraham Lincoln, John F Kennedy atau Martin Luther King Jr.

Banyak yang percaya pukul 10:10 itu adalah waktu di mana ketiga tokoh bersejarah itu dibunuh atau meninggal dunia. 

 

1 dari 3 halaman

Karena Kematian 3 Tokoh AS?

Dream - Pada kenyataannya, Lincoln ditembak pukul 22:15, dan meninggal keesokan harinya pukul 07:22.

JFK ditembak pukul 12:30 siang dan dinyatakan meninggal setengah jam kemudian. Sementara Martin Luther ditembak pukul 18:01 dan dinyatakan meninggal pada pukul 19:05.

Teori lain mengatakan bahwa 10:10 adalah waktu bom atom dijatuhkan di dua kota Jepang, Nagasaki atau Hiroshima. 

2 dari 3 halaman

Karena Bom Atom?

Dream - Teori lain mengatakan bahwa 10:10 adalah waktu bom atom dijatuhkan di dua kota Jepang, Nagasaki atau Hiroshima. 

Dan jam tersebut kemudian diatur untuk mengenang para korban. Bom dengan nama Fat Man sebenarnya dijatuhkan di atas Nagasaki pada pukul 11:02 waktu setempat.

Sementara bom Little Boy dijatuhkan di Hiroshima pada pukul 08:15 waktu setempat.

3 dari 3 halaman

Begini Alasan Sebenarnya

Dream - Jadi mengapa semua jam diatur pada pukul 10:10? Ternyata alasannya hanya sepele, yaitu agar terlihat indah saja. Ternyata posisi jarum pendek di angka 10 dan jarum panjang di angka 2 itu memiliki sejumlah keuntungan. Apa saja keuntungan yang dimaksud? 

1. Kedua jarum tidak saling tumpang tindih. Mereka benar-benar terpisah dan jelas terlihat sehingga keindahan jam bisa dinikmati.

2. Penataan jarum yang simetris membuatnya terlihat rapi dan orang-orang suka yang demikian dibandingkan jika jarum jam tidak simetris. Hal ini juga akan mempengaruhi calon pembeli jam.

3. Untuk menampilkan logo jam yang biasanya dicetak di bawah angka 12. Dengan jarum jam diatur pukul 10:10, logo akan terlihat lebih jelas dan semakin menambah indah jam.

4. Elemen tambahan di bagian muka (seperti tanggal dan detik), yang biasanya diletakkan dekat angka 3, 6, atau 9, menjadi terlihat dengan jelas.

Menurut produsen jam Timex, mereka dulunya mengatur jarum jam pada pukul 8:20. Namun jam akan terlihat seperti wajah orang sedang sedih.

Agar produk terlihat 'bahagia', maka jarum jam akan diatur pada angka sebaliknya sehingga terlihat seperti orang yang tersenyum.

Namun 'wajah' jam sedih masih sering kita jumpai, terutama yang menaruh logo di bawah (di atas angka 6). (Ism, sumber: mentalfloss)

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian