Alquran dari Lempeng Emas Berusia 500 Tahun, Bernilai Rp787 M

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 30 Mei 2017 15:02
Alquran dari Lempeng Emas Berusia 500 Tahun, Bernilai Rp787 M
Dia tidak akan menjual Alquran dari lempengan emas itu.

Dream - Alquran dari lempengan emas yang tak ternilai harganya dikoleksi oleh warga Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Mohammed Haris. Kitab Suci itu diklaim sebagai peninggalan zaman pemerintahan Ottoman, diyakini berusia 500 tahun.

Alquran lempengan emas itu merupakan koleksi yang terdiri dari 28 set. Dalam satu set terdapat 19 sampai 20 lempeng teks Alquran yang ditulis dalam teks Othmani. Sebanyak 28 set tersebut disimpan dalam 14 kotak berlapis emas 22 karat.

" Saya memiliki salah satunya. Sisanya disimpan kakar ipar saya di Malaysia," kata Mohammed Haris kepada Khaleej Times, sebagaimana dikutip Dream, Selasa 30 Mei 2017.

Tetapi, membawa artefak itu dari Malaysia ke UEA bukanlah perkara mudah. Butuh waktu setahun lebih untuk mendapatkan seluruh kelengkapan dokumen.

Haris harus menunjukkan sertifikat kepemilikan, dokumen kotak deposit dan keamanan, surat persetujuan untuk ekspor, dan laporan tentang teks dan kuasa Alquran.

Alquran dari lempengna emas itu ditaksir berharga US$59 juta, setara Rp787 miliar. Tetapi, Haris tidak berniat menjual artefak itu kepada siapapun.

" Alquran ini tidak akan kami jual. Tujuan kami memilikinya untuk membuka pusat studi dan warisan budaya Islam. Saya akan melepas artefak ini hanya untuk amal dan tujuan mempromosikan Islam," kata Haris.

1 dari 3 halaman

Perjuangan Menulis Alquran 700 Meter, Terpanjang di Dunia

Dream - Saad Mahmed Heshish. Ahli kaligrafi asal Desa Bilqina, Mesir, ini baru saja menyelesaikan pekerjaan besar: menulis Alquran terpanjang di dunia.

Alquran yang ditulis tangan oleh Heshish ini memiliki panjang 700 meter. Dihiasi oleh Asmaul Husna pada bagian pengantar, dan indeks pada bagian akhir.

Untuk menyelesaikan pekerjaan fenomenal ini, Heshish membutuhkan waktu selama tiga tahun. Seperti dikutip Dream dari lama Al Arabiya, Kamis 4 Mei 2017, kitab suci yang ditulis ini diklaim sebagai Alquran terpanjang di dunia.

al© al arabiya

Heshish menulis huruf demi huruf dengan warna menarik, sehingga nyaman dilihat. Dia menggunakan tinta berbahan alami untuk menghemat biaya.

Sebenarnya, Heshish bukanlah sajana seni yang mendapat keahlian ini dari pendidikan formal. Dia hanya lelaki putus sekolah, yang menamatkan sekolah hingga kelas lima.

al© al arabiya

Namun dia bukan tipe orang yang mudah patah arang. Meski tak bersekolah formal, dia terus mengasah kemampuan dan menambah pengetahuan.

Sambil menjalankan bisnis pakaian, dia juga belajar seni kaligrafi dan tulisan Arab. Menulis Alquran terbesar dunia memang menjadi mimpinya sejak lama.

al© aal arabiya

Dan halaman-halaman Alquran uniknya itu, dihiasi dengan formasi warna emas dan penuh warna, serta desain yang sangat dekoratif dan simbolis.

al© al arabiya

Sebelum menulis Alquran panjang ini, Hishash pernah membuat versi kecil, pada 1996. Sama dengan karya terbaru, Alquran itu juga diselesaikan dalam waktu tiga tahun.

Menurut Heshish, menulis Alquran tidaklah mudah. Butuh akurasi luar biasa untuk mencegah kesalahan, dari awal hingga akhir.

© Dream
2 dari 3 halaman

Haman Disebut 6 Kali dalam Alquran, Siapa Ia Sebenarnya?

Dream - Sebagian besar kaum muslimin tentu pernah membaca kisah atau mendengar nama Haman. Ia adalah seorang pembantu atau pembesar Firaun di Negeri Mesir.

Nama Haman disebutkan beberapa kali dalam Alquran. Salah satunya dalam ayat berikut.

Allah berfirman:

Dan berkata Fir'aun: " Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta." (QS. Al-Qashas [28]:38)

Berdasarkan ayat tersebut dapat diketahui bahwa Haman adalah seorang pembesar Firaun dan hidup sezaman dengan Nabi Musa AS.

Ia bertugas membantu Firaun dalam melaksanakan segala perintahnya. Seperti membuat bangunan yang tinggi dan Haman adalah sekutu Firaun.

Dalam pengkajian ALquran, diidentifikasikan bahwa Haman muncul setelah kembalinya Nabi...........baca di sini.   

3 dari 3 halaman

9 Fakta tentang Alam Jin Menurut Alquran

Dream - Keberadaan bangsa Jin diakui dalam Alquran. Bahkan Allah SWT mewahyukan secara gamblang kehidupan makluk ciptaan-Nya ini dalam Quran Surat Al-Jin. 

Untuk diketahui, sebagian Jin oleh Allah SWT diberi kemampuan untuk mengubah bentuknya dan menampakkan dirinya di hadapan manusia. Kelebihan kemampuan mengubah bentuk ini lantas banyak dimanfaatkan Jin untuk menipu manusia dan menakut-nakuti manusia.

Selain hal tersebut, masih banyak lagi fakta menarik tentang Jin yang dijelaskan dalam Alquran. Apa saja itu? Simak ulasannya.

1. Jin punya misi hidup yang sama dengan manusia. Allah menciptakan Jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya,

" Tidaklah Aku menciptakan Jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku." (QS. adz-Dzariat :56)

2. Jin diciptakan dari percikan api yang sangat panas, sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran.

" Dan dia (Allah) menciptakan Jin dari percikan api neraka." (QS. ar-Rahman :15)

3. Jin adalah umat seperti halnya manusia, ada yang baik dan ada yang jahat, ada yang mukmin dan ada yang kafir. Mereka bertingkat-tingkat, seperti yang dijelaskan oleh Allah,

" Dan sesungguhnya di antara kami (Jin) ada yang sholeh dan di antara kami ada yang tidak demikian kami berbeda beda jalan hidup kami." (QS. al-Jin :11)

Ulasan selengkapnya baca di sini.  

© Dream
Beri Komentar