Alquran Unik, Ditulis Pakai Tinta Tak Terlihat Mata

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 22 Juli 2014 05:02
Alquran Unik, Ditulis Pakai Tinta Tak Terlihat Mata
"Tinta yang digunakan untuk menulis Alquran ini hanya terlihat jika sinar inframerah disorotkan di atasnya," tutur Khanjari.

Dream - Ada yang unik dalam Pameran Alquran Internasional ke-22 di Teheran, Iran. Sebuah Alquran yang ditulis dengan tinta emas membetot perhatian pengunjung. Yang membuat pengunjung penasaran, tinta emas yang ditorehkan itu tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata telanjang.

Laman Islam.ru, Senin 21 Juli 2014, memberitakan, Alquran tersebut ditulis oleh Mohsen Khanjari Anbouhi. Kitab suci itu merupakan salinan Alquran pertama yang ditulis dengan tinta yang tak terlihat mata secara langsung.

Alquran karya Khanjari ini ditulis dalam kaligrafi Naskh atau naskah, dengan menggunakan nanoteknologi dan tinta emas asli yang tidak terlihat mata secara langsung. Goresan-qoresan tinta emas itu hanya bisa dilihat di bawah cahaya khusus.

" Tinta yang digunakan untuk menulis Alquran ini hanya terlihat jika sinar inframerah disorotkan di atasnya," tutur Khanjari.

Alquran ini dibuat dengan mengunakan gaya Utsman Taha. Masing-masing halaman berukuran 29 sentimeter kali 20 sentimeter. Setelah pameran selesai, Khanjari berencana menyumbangkan Alquran ini ke Astan Quds Razavi --sebuah lembaga amal di Mashhad, Iran.

Pameran Alquran Internasional Teheran dihelat setiap Ramadan. Acara ini ditujukan untuk mengembangkan dan mempromosikan Alquran. Tahun ini, pameran tersebut banyak mengundang perhatian, warga biasa hingga artis Iran berbondong-bondong datang.

Sebanyak 16 perwakilan menampilkan karya mereka dalam pameran yang digelar di Museum Taman Pertahanan Suci yang dimulai pada 6 Juli hingga 22 Juli ini. Antara lain dari Spanyol, Rusia, Kuwait, Palestina, Aljazair, Tunisia, Malaysia, India, Pakistan, dan Turki.

Beri Komentar