Bill Gates Bantu Dunia dengan Anak Ayam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 1 Juli 2016 07:44
Bill Gates Bantu Dunia dengan Anak Ayam
Anak ayam dipercaya bisa mengangkat derajat kemiskinan di suatu keluarga.

Dream - Kemiskinan memang menjadi masalah yang dihadapi oleh dunia. Ada beragam cara untuk menekan masalah kemiskinan. Namun cara yang dilakukan orang terkaya dunia Bill Gates cukup membuat heran.

Gates bertekad mengentaskan kemiskina dengan anak ayam.

Dilansir dengan World Economic Forum (WEF), Jumat 1 Juli 2016, miliarder filantropi Bill Gates, akan mendonasikan 100 ribu ekor anak ayam ke negara-negara miskin dan negara yang sangat miskin. Anak-anak ayam itu akan " terbang" , mulai dari Burkina Faso sampai ke Bolivia, tempat Yayasan Internasional Heifer mengelola operasi pembibitan dan pendistribusian anak ayam.

Gates mengatakan membudidayakan dan menjual ayam bisa mengangkat suatu keluarga dari kemiskinan. Seorang peternak bisa menghasilkan US$1.250 per tahun atau sekitar Rp 16,44 juta dengan membudidayakan 250 ekor ayam per tahunnya.

" Tak ada investasi yang memberikan return seperti mengembangbiakkan ayam," kata founder raksasa teknologi, Microsoft dalam Gates Notes.

Gates mengatakan jumlah 100 ribu anak ayam yang akan didonasikan ini terbilang cukup kecil. Untuk itu, dia meminta peran serta masyarakat untuk turut melakukan hal serupa. Masyarakat diminta menyumbang lewat Heifer.

Dengan program donasi anak ayam ini, Gates menginginkan bisa membantu mengangkat perekonomian Afrika Barat yang beternak ayam, dari 5 persen menjadi 30 persen.

" Saat saya tumbuh, ayam bukanlah sesuatu yang dipelajari. Mereka terkadang membuat lelucon yang memalukan. Tapi, ayam membuat saya membuka mata bahwa mereka bisa dijadikan alat untuk memerangi kemiskinan," kata dia.

Berikut ini adalah tiga alasan Gates memilih anak ayam untuk donasi.

* Perawatan mereka mudah dan murah

Ayam-ayam memakan apa saja yang ada di tanah, tapi mereka tetap perlu diberi makan. Ayam memerlukan vaksin. Ayam betina memerlukan sarang untuk bertelur.

* Investasi yang cukup bagus

Seorang petani punya 5 ekor ayam betina dan tetangganya memiliki 1 ekor ayam jantan untuk membuahi betina. Dalam waktu 3 bulan, mereka bisa punya 40 anak ayam. Harga anak ayam, misalnya, di Afrika sebesar US$5 per ekor. Dalam setahun, petani itu bisa menghasilkan US$1.000 dari ternak ayam dan bisa melampaui garis kemiskinan yang sebesar US$700.

*Anak ayam membuat anak-anak manusia sehat

Gizi buruk membunuh lebih dari 3,1 juta anak kecil dalam setahun. Makan lebih banyak telur ayam bisa membuat mereka terhindar dari malnutrisi. Peternak juga bisa menetaskan telur ayam agar bisa menjual ayam ke pasar, lalu hasilnya dibelikan untuk membeli makanan bergizi tinggi.

*Anak ayam bisa memberdayakan kaum perempuan

Anak ayam ini berukuran relatif kecil dan perilakunya yang tak bisa jauh dari rumah ini, bisa dijadikan " peliharaan" . Kaum perempuan pun bisa dengan mudah mengawasi ayam-ayam mereka. Wanita penjual ayam ini terlihat menginvestasikan kembali keuntungan di keluarganya.

Beri Komentar