Bahaya Tidur Malam dengan Lampu Menyala, Bocah 7 Tahun Tumbuh Payudara

Reporter : Sugiono
Selasa, 8 Oktober 2019 15:14
Bahaya Tidur Malam dengan Lampu Menyala, Bocah 7 Tahun Tumbuh Payudara
Tidak hanya masalah pubertas dini, gadis tersebut juga tidak bisa tumbuh tinggi.

Dream - Jika putri Anda yang masih di bawah umur biasa tidur dengan lampu tetap menyala, maka sebaiknya mematikannya mulai sekarang.

Seorang gadis kecil berusia tujuh tahun dari Ningbo, Zhejiang, China, mengalami pubertas terlalu dini akibat terbiasa tidur dengan lampu tetap menyala.

Dikutip World of Buzz, awalnya gadis kecil yang hanya dikenal dengan Tong Tong mengalami pertumbuhan badan yang sangat cepat.

Setiap tahun, tubuh Tong Tong tumbuh sepuluh sentimeter. Hal ini tentu sangat menggembirakan ibunya yang mengira putrinya tumbuh dengan sehat.

Namun sesuatu yang mengejutkan terjadi ketika ibunya memandikan bocah lucu yang masih duduk di kelas satu Sekolah Dasar itu.

1 dari 3 halaman

Muncul Payudara dan Pertumbuhan Badan Berhenti

Ibunya terkejut ketika melihat Tong Tong mulai tumbuh payudara di dadanya meski ukurannya masih sangat kecil.

Karena merasa khawatir, ibunya membawa gadis itu ke dokter. Ibunya makin kaget setelah dokter memberitahu tulang Tong Tong seperti anak yang berusia sepuluh tahun ke atas.

Dokter menambahkan, meskipun saat ini Tong Tong tumbuh dengan cepat. Namun pertumbuhan tersebut akan berhenti setelah dia mencapai tinggi 150cm.

Gadis yang saat ini punya tinggi badan 120cm itu didiagnosis mengalami pubertas sebelum waktunya. Folikel di ovariumnya bahkan sudah tumbuh secara sempurna.

Folikel merupakan kantung cairan yang berisi oosit matang untuk membentuk sebuah sel telur. Folikel juga berfungsi untuk menghasilkan estrogen, suatu hormon yang diperlukan untuk perkembangan sel telur.

Dokter mengatakan saat ini sudah terlambat untuk mengembalikan Tong Tong ke kondisi normal. Meski diberi obat, efeknya juga sangat terbatas.

2 dari 3 halaman

Bukan Makanan, Tapi Kebiasaan Saat Tidur Malam

Mendengar penjelasan dokter, ibunya langsung shock. Dia minta penjelasan dokter tentang penyebab kondisi putrinya yang tidak lazim itu.

Masalahnya, dia tidak pernah memberikan makanan, suplemen vitamin atau minuman ringan secara sembarangan kepada putrinya.

Dokter menanyakan ibu Tong Tong tentang gaya hidup putrinya termasuk tidurnya di malam hari. Setelah mendapat penjelasan ibu Tong Tong, dokter mendapat jawabannya.

Rupanya, Tong Tong punya kebiasaan tidur dengan lampu menyala sepanjang malam selama tiga tahun. Hal ini dilakukan karena Tong Tong tidur sendirian dan dia takut gelap.

3 dari 3 halaman

Penyebab Pubertas Dini

Dokter menjelaskan bahwa Tong Tong mengalami pubertas dini karena tubuhnya tidak bisa menghasilkan hormon melatonin akibat tekanan dari cahaya lampu.

Penurunan melatonin dalam tubuhnya telah mempercepat proses kematangan seksualnya. Inilah yang menyebabkan Tong Tong mengalami pubertas sebelum waktunya.

Dokter menjelaskan anak gadis yang mengalami pertumbuhan tiba-tiba sebelum berusia sembilan dengan disertai tanda-tanda seksual sekunder, maka anak itu dipastikan mengalami pubertas dini. Demikian juga dengan anak laki-laki yang tumbuh lebih cepat sebelum berusia sebelas tahun.

Penelitian tentang fenomena melatonin menyebutkan bahwa kelebihan hormon ini akan menghambat proses kematangan seksual seseorang.

Namun, menurut WebMD, paparan cahaya dapat menghambat produksi melatonin. Produksi melatonin menurun terutama pada malam hari ketika hormon tersebut berada pada kinerja puncaknya.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara