Berhubungan Intim Efektif Bakar Kalori, Mitos atau Fakta

Reporter : Sugiono
Selasa, 19 November 2019 15:49
Berhubungan Intim Efektif Bakar Kalori, Mitos atau Fakta
Berapa sebenarnya kalori yang terbakar saat melakukan hubungan intim? Apakah hubungan intim bisa menggantikan olahraga secara teratur untuk membakar kalori?

Dream - Sebagian orang, termasuk Khloe Kardashian, percaya bahwa berhubungan intim bisa menjadi cara alternatif untuk membakar kalori.

Artinya, selain menambah kemesraan dan meningkatkan tali perkawinan, berhubungan intim bisa berfungsi ganda sebagai olahraga yang baik.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan hubungan intim memang sangat membantu dalam membakar kalori dengan cepat.

Perlu diketahui, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan intim tergantung pada banyak faktor. Termasuk berat badan dan intensitas dalam melakukannya.

Lantas, berapa sebenarnya kalori yang terbakar saat melakukan hubungan intim? Apakah hubungan intim bisa menggantikan olahraga secara teratur untuk membakar kalori?

1 dari 3 halaman

Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Berhubungan Intim

Meski banyak penelitian menyebut hubungan intim dapat membakar kalori, tapi tidak ada yang merekemondasikannya sebagai pengganti olahraga secara teratur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE mengungkapkan jumlah kalori yang terbakar selama melakukan aktivitas seksual yang intensif.

Rata-rata wanita mampu membakar sekitar 69 kalori jika melakukan hubungan intim secara intensif selama 25 menit.

Untuk durasi yang sama, pria mampu membakar sebanyak 100 kalori. Namun kemampuan membakar kalori tersebut tergantung pada daya tahan pasangan dalam melakukan hubungan intim.

2 dari 3 halaman

Sama dengan Jalan Kaki 30 Menit

Studi tersebut menyebutkan secara detail tentang berapa banyak kalori yang mampu dibakar oleh pria dan wanita selama berhubungan intim.

Menurut studi, pria mampu membakar sekitar 4,2 kalori per menit. Sedangkan wanita membakar 3,1 kalori per menit.

Meski jumlah kalori yang dibakar kalah jauh dibandingkan dengan jika melakukan olahraga di pusat kebugaran, tapi setara dengan ketika kita berjalan kaki selama 30 menit.

3 dari 3 halaman

Hanya Tahan Selama Enam Menit

Namun perlu diingat bahwa dalam kehidupan nyata, daya tahan pasangan berhubungan intim berlangsung selama rata-rata enam menit.

Fakta ini jelas akan menurunkan jumlah kalori yang mampu dibakar secara drastis jika melakukan hubungan intim.

Bahkan, sebuah penelitian berbeda yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine memperkirakan bahwa kita hanya mampu membakar sekitar 15-20 kalori selama berhubungan intim.

Jadi, banyak kalori yang mampu dibakar selama melakukan hubungan intim tergantung pada banyak faktor.

Selain daya tahan pasangan, kekuatan jantung hingga berat badan juga ikut memengaruhi kemampuan membakar kalori dengan berhubungan intim.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar