BCA Teratas, Ini 50 Merek Termahal di Indonesia

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 20 Agustus 2015 06:30
BCA Teratas, Ini 50 Merek Termahal di Indonesia
Selain BCA masih ada 50 merek termahal lain dengan nilai mencapai jutaan dollar AS.

Dream - PT Bank Central Asia Tbk dengan merek ternamanya BCA menjadi yang termahal diantara 49 merek perusahaan lain di dunia. Dengan valuasi sekitar Rp 136,9 triliun, merek BCA dianggap lebih berharga dibandingkan merek pesaingnya, Mandiri.

Tak hanya antarbank, BCA juga dilaporkan memiliki valuasi merek lebih mahal dibandingkan produsen mi atau rokok yang rajin beriklan di media masa. 

Penobatan tersebut diberikan lembaga penilai merek-merek besar dunia, BrandZ  yang menganugerahi titel kepada 50 perusahaan Indonesia yang dianggap memiliki daya saing di pasar global.

CEO The Store WPPDavid Rooth dalam keterangan pers " BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands" mengatakan penghargaan akan rutin diberikan kepada beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

Mengutip laporan Brandz, di antara 50 merek yang masuk dalam daftar penghargaan, perusahana yang bergerak di bidang bank memiliki porsi 24 persen dari keseluruhan valuasi merek perusahaan.

" Dalam hal ini BCA menempati peringkat pertama karena nilai valuasi BCA mencapai 136,9 trilyun. Ini berarti mendekati nilai merek di peringkat BrandZ top 100 dunia," ungkap Rooth di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2015.

Selain BCA, tercatat empat bank lainnya masuk dalam peringkat 10 besar. Nilai valuasi dari bank-bank itu mencapai Rp 378,5 triliun.

Selain sektor perbankan, Brandz juga mencatat merek mahal perusahaan Indonesia lain yang bergerak di bisnis properti, makanan, susu, minuman ringan, ritail dan hiburan. 

Menurut Rooth, mahalnya valuasi sebuah merek dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang cepat serta tingginya keyakinan dari konsumen. Sedangkan brand itu sendiri akan sukses apabila mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara fungsional.

" Kekuatan merek menarik perhatian konsumen empat kali lipat dibanding dengan perusahaan yang tidak mempunyai brand," ujarnya. 

Dalam pemeringkatan kali ini, BrandZ menggunakan metodologi yang unik dengan mengombinasikan data finansial dan persepsi para konsumen. Data itu diolah menjadi penelitian yang definitif dari merek-merek paling berharga di pasar Indonesia yang berkembang pesat.

Berikut adalah 50 merek termahal di Indonesia:

BCA Teratas, Ini 50 Merek Termahal di Indonesia© Brands

Beri Komentar