Berenang di Danau Air Tawar, Otak Pria Ini Digerogoti Mahluk Berbahaya

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 29 Juli 2019 15:48
Berenang di Danau Air Tawar, Otak Pria Ini Digerogoti Mahluk Berbahaya
Hati-hati buat kamu yang suka berenang di danau air tawar

Dream - Seorang pria asal North Carolina, Amerika Serikat meninggal dunia pada Senin, 22 Juli 2019 usai berenang di danau air tawar.

Pria berusia 59 tahun itu meninggal lantaran terinfeksi oleh Naegleria fowleri, organisme bersel tunggal yang juga dikenal sebagai " amuba pemakan otak" .

Melansir World Of Buzz, Eddie Gray mengunjungi Fantasy Lake Water Park di Cumberland, Maine, Amerika pada 12 Juli 2019 lalu.

Sepulang dari taman bermain itu, Eddie mendadak jatuh sakit hingga menghembuskan napas terakhir 10 hari kemudian.

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Carolina Utara, amuba berbahaya terindikasi penyebab meninggalnya Eddie.

1 dari 6 halaman

Masuk Melalui Hidung

Amuba pemakan otak kerap ditemukan di air tawar yang hangat. Saat masuk tubuh manusia melalui hidup, amuba ini bisa sangat mematikan.

 Amuba

Meskipun kasus masuknya amuba ke tubuh manusia itu terhitung jarang, namun jika sudah terifeksi kemungkinan tertolong pun sangat kecil.

" Orang-orang harus menyadari bahwa organisme ini ada di danau air tawar hangat, sungai dan mata air panas. Jadi berhati-hatilah saat kamu berenang atau menikmati olahraga air di danau air tawar," ujar Zack Moore, ahli epidemiologi negara bagian North Carolina.

2 dari 6 halaman

Hancurkan Otak

Naegleria fowleri akan sangat mematikan jika masuk melalui saluran hidung. Organisme ini nantinya akan bermigrasi ke otak dimana ia mulai menghancurkan jaringan otak.

Nama teknis untuk infeksi ini adalah Meningoensefalitis Amuba Primer.

Ini sering terjadi ketika orang-orang pergi menyelam, bermain ski air atau kegiatan lainnya di dalam air.

3 dari 6 halaman

Seperti Gejala Flu

Mereka yang terinfeksi oleh amuba pemakan otak ini akan mengalami gejala seperti flu pada umumnya, yakni sakit kepala, mual, dan muntah.

Namun, penyakit tadi akan cepat berkembang ke tahap serius. Umumnya mereka yang terinfeksi hanya mampu bertahan hidup satu hingga dua minggu.

Untuk mencegah kejadian serupa, saat berenang di danau air tawar coba batasi jumlah air yang masuk ke hidung.

" Tutup hidung kamu, gunakan klip hidung atau jaga kepala kamu tetap di atas air ketika berenang di danau air tawar," kata departemen kesehatan North Carolina.

Dan hingga saat ini pun belum ditemukan cara untuk memusnahkan organisme ini dari danau air tawar.

4 dari 6 halaman

8 Benda yang Menjadi Sarang Kuman

Dream - Beberapa barang yang kita anggap bersih, ternyata menyimpan bahayakesehatanKuman menempel pada benda-benda tersebut, tanpa kita sadaribahayanya.

Seperti yang dilansir dari boldsky pada Selasa, 8 September 2015 tidak hanya menjadi sarang kuman, ada juga alat-alat yang kita gunakan sehari-hari ternyata malah menjadi sumber penyakit. Agar hal itu terjadi pada Anda, simak pejelasannya di bawah ini:

5 dari 6 halaman

Cotton Bud

1. Sabun Anti Bakteri
Sabun yang diklaim memiliki kandungan anti bakteri ini ternyata tidak sepenuhnya dapat menghapus kuman.

Hal itu hanyalah tipuan promosi yang dilakukan perusahaan, padahal sebenarnya sabun tersebut bekerja seperti sabun lainnya. Antibakteri triclosan di dalamnya dapat mengakibatkan bahaya kesehatan jika digunakan setiap hari.

2.Cotton Bud
Benda mungil yang satu ini, seringkali kita gunakan untuk membersihkan telinga. Ternyata hal itu merupakan asumsi yang salah, karena dapat mendorong kotoran masuk lebih jauh ke dalam telinga.

Secara alami, telinga dapat menghasilkan lilin yang bertindak sebagai pelindung dan menghapus kotoran kuping secara otomatis.

3. Blender
Pastikan telah mencuci blender dengan bersih, sehingga sisa-sisa makanan tidak tersangkut di antara pisau-pisau di dalamnya.  

Kuman yang tertinggal dapat menyebabkan keracunan makanan. Masukan semangkuk air dan putar kembali blender selama satu menit, untuk memastikan kebersihannya.

Batu Apung
Banyak orang memanfaatkan batu ringan ini untuk menghaluskan kulit saat mandi. Pastikan untuk tidak berbagi batu apung dengan orang lain agar tidak bertukar kuman dan bakteri.

Keduanya dapat berkembang lebih cepat di dalam celah-celah batu apung. Sebaiknya bersihkan dengan air panas setelah selesai memakainya.

6 dari 6 halaman

Pasta Gigi?

5. Spatula Karet
Spatula berbahan karet ini menjadi salah satu dari lima alat dapur yang paling kotor. Sebuah penelitian menunjukan bakteri E-Coli, ragi dan jamur adalah kuman yang paling umum ditemukan menempel pada spatula.

Desain dan ukiran spatula, membuat sisa-sisa makanan banyak yang tertinggal di dalamnya, sehingga menyebabkan bakteri tumbuh menjadi lebih subur.

6. Boneka Hewan
Boneka berbentuk hewan adalah magnet untuk mendatangkan tungau debu. Kemudian tungau-tungau ini dapat memicu alergi pernapasan. Sebaiknya, mainan ini lebih sering dicuci dan pastikan untuk tidak menyimpannya di atas tempat tidur.

7. Pasta Gigi
Pasta gigi yang mengandung pemutih, biasanya dipilih banyak orang untuk membersihkan tartar dan plak dari dalam mulut. Tapi akibatnya dengan penggunaan jangka panjang, gigi akan menjadi lebih sensitif karena enamel gigi akan terkikis.

8. Loofah/ Spon
Benda yang satu ini merupakan salah satu produk yang menjadi sarang pertumbuihan bakteri dan jamur. Pastikan anda mengganti dengan spon yang baru setiap satu bulan sekali. Gunakan spon yang terbuat dari serat alami agar dapat menekan pertumbuhan bakteri dan jamur. (Ism)

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie