Bergaji Puluhan Juta, Ini Perusahaan Tempat Magang Idaman

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 23 Juli 2015 09:00
Bergaji Puluhan Juta, Ini Perusahaan Tempat Magang Idaman
Sebagian besar perusahaan penerima magang ini berasal dari sektor teknologi informasi.

Dream - Dalam banyak industri, magang di satu perusahaan adalah cara terbaik menambah pengetahuan dan pengalaman. Kadangkala perusahaan akan bermurah hati memberikan gaji meski tidak banyak.

Tak jarang pula ada yang harus rela bekerja sukarela karena perusahaan tak menyediakan gaji. Gantinya, pegawai magang mendapat jatah makan siang.

Beruntung bagi mereka yang bisa magang di industri teknologi. Meski bukan pekerja, peserta magang mendapat gaji yang lumayan.

Laporan Glassdoor, sebuah situs komunitas kerja seperti dikutip Dream, Kamis, 23 Juli 2015 menyebutkan, dari 25 perusahaan yang paling banyak mengeluarkan uang untuk menggaji peserta magang, 19 di antaranya adalah perusahaan teknologi.

Di antara perusahaan tersebut, Glassdoor melaporkan mereka menggaji peserta magang di kisaran rata-rata US$ 2,400 hingga US$ 3,100 per bulan.

Laporan tersebut dibuat berdasarkan data perusahaan dalam data Glassdoor yang memiliki setidaknya 20 catatan gaji peserta magang antara 24 Januari 2012 dan 23 Januari 2014.

Di jajaran perusahaan paling murah hati bagi peserta magang adalah Palantir Technologies. Inilah pembuat perangkat lunak manajemen pengetahuan dan analisis data yang didanai oleh CIA.

Rata-rata gaji pokok bulanan untuk peserta magang adalah US$ 7,012, atau US$ 84,144 bagi mereka yang berhasil bertahan selama setahun penuh.

Perusahaan virtualisasi VMware berada di urutan kedua dalam peringkat Glassdoor ini dengan gaji rata-rata US$ 6,966. Perusahaan media sosial Twitter berada di posisi ketiga dengan menggaji peserta magang mereka rata-rata sebesar US$ 6,791 per bulan.

Seorang mantan peserta magang di Twitter merasa sangat senang dan terkesan ketika bekerja di sana.

" Ini pengalaman magang terbaik yang pernah kumiliki. Anda membuat kode (pemrograman) untuk digunakan dalam produksi. Anda bisa terlibat dalam semua keputusan perusahaan. Selain itu, ada kompensasi yang lumayan besar di samping mendapat ilmu yang banyak," kata salah satu peserta magang di Twitter pada musim panas tahun lalu.

Seorang peserta magang di Apple bahkan sangat senang bekerja di perusahaan teknologi tersebut. Untuk peserta magang, Apple menyediakan perumahan gratis dan uang saku US$ 1,000, bersama dengan fasilitas seperti makanan gratis dan akses ke manfaat karyawan. Termasuk asuransi kesehatan, keanggotaan pusat kebugaran, dan diskon produk.

Berikut adalah daftar perusahaan yang memberikan gaji tinggi bagi peserta magangnya.

1. Palantir - US$ 7,012
2. VMware - US$ 6,966
3. Twitter - US$ 6,791
4. LinkedIn - US$ 6,230
5. Facebook - US$ 6,213
6. Microsoft - US$ 6,138
7. eBay - US$ 6,126
8. ExxonMobil - US$ 5,972
9. Google - US$ 5,969
10. Apple - US$ 5,723

Beri Komentar