Bibir Bengkak & Terasa Gerak-Gerak, Saat Dibedah Isinya Mengejutkan

Reporter : Idho Rahaldi
Minggu, 21 April 2019 10:01
Bibir Bengkak & Terasa Gerak-Gerak, Saat Dibedah Isinya Mengejutkan
Jangan malas menjaga kebersihan

Dream - Seorang ibu membawa putrinya yang berkebutuhan khusus ke klinik gigi.

Wanita itu mengatakan selama beberapa hari terakhir bibir anaknya bengkak, dan ia merasakan sesuatu bergerak-gerak di mulutnya.

Awalnya ia pikir hanya bengkak biasa, karena ia tidak melihat sesuatu yang aneh di mulut putrinya dan bocah itu juga tidak merasa kesakitan.

Situasi lebih sulit karena putrinya itu memiliki keterbatasan fisik yang membuat dirinya tak bisa bergerak leluasa.

Bocah 15 tahun itu mengidap Spastic Quadreplegia Cerebral Palsy, disebabkan oleh masalah perkembangan syaraf yang membuat bocah itu lumpuh dan tidak bisa bergerak.

Sesampainya di dokter gigi dan melakukan pemeriksaan menyeluruh, didapati luka di bagian atas gusi bocah ini dan terlihat seolah-olah ada 'benda lembut' yang bersarang.

1 dari 5 halaman

Belatung!

Dikutip dari siakapkeli.my, bocah itu didiagnosa mengalami bentuk langka dari Oral Myiasis di mana larva lalat menginfeksi dan berkembang biak di mulut manusia ataupun hewan.

Rumah sakit tempat anak itu dirawat sengaja mengabadikan proses pengambilan belatung tersebut sebab hal ini jarang sekali terjadi. 

 Cacing© dream.co.id

Mereka juga ingin memberi peringatan pada masyarakat. Dari beberapa foto terlihat larva lalat ini seperti belatung berawarna putih, mereka bergerak dengan cukup cepat.

Menurut dokter, larva lalat seperti ini umunya ditemukan di tempat tempat kotor seperti di tempat sampah, atau limbah bekas makanan yang dibiarkan membusuk dalam waktu yang lama.

2 dari 5 halaman

Ketidakmampuan Bergerak

Dengan ketidakmampuannya untuk bergerak, mungkin ada seekor lalat yang bertengger di luka keringnya kemudian bertelur di dalamnya.

Selain itu, dengan kebersihan mulut dan gigi bocah ini kurang terjaga karena ketidakmampuan menyikat gigi sendiri.

Telur dapat berkembang biak dengan cepat membentuk larva dan menyebabkan bibir atas menjadi bengkak.

Meskipun kasus myiasis seperti itu jarang terjadi, namun kita harus tetap aware kepada orang-orang di sekitar kita.

Terlebih jika kamu memiliki orang tua atau kerabat yang tidak lagi dapat bergerak karena kelumpuhan atau karena usia tua.

Sering-seringlah melihat kondisi mulut mereka dan membantu menjaga kebersihannya, untuk mengurangi risiko kondisi seperti itu.

siakapkeli.my

3 dari 5 halaman

Perut Terus Membesar Selama 15 Tahun, Saat Dibedah Ternyata...

Dream - Kasus anak " mengandung" kembarannya kembali terjadi. Kali ini, seorang remaja " mengandung" kembarannya selama 15 tahun, tanpa disadari.

Dikutip Dream dari laman Siakap Keli, 24 Mei 2016, kasus ini dikisahkan oleh kakak dari pemuda itu melalui akun Facebook. Semula, perut sang adik terus membesar, sehingga diperiksakan ke dokter.

Setelah diperiksa, semua terkejut. Ternyata di dalam perut remaja asal Baling, Kedah, Malaysia, yang tak disebutkan namanya ini, terdapat janin yang tak lain adalah kembarannya.

Jadi, remaja ini telah " mengandung" janin kembarnya selama 15 tahun. " Janin yang dikeluarkan itu ada rambut bergulung sama panjang dengan ketinggiannya, selain kaki, tangan, dan kelamin, sudah terbentuk," demikian dikutip Siakap Keli dari Sinar Harian.

Kasus seperti ini bukanlah yang pertama. Kasus ini disebut futus in fetu. Sudah banyak laporan tentang orang yang mengandung kembarannya sendiru. Sebelumnya, remaja 18 tahun di India, dilaporkan mengandung kembarannya.

Saat dibedah, janin yang dikandung itu memiliki berat 2,6 kilogram dengan tulang, rambut, dan gigi, yang sudah terbentuk. Dokter mengatakan, janin kembaran ini telah menjadi parasit bagi remaja tersebut.

4 dari 5 halaman

Innalillahi, Sakit Perut 6 Bulan, Bocah Ini Ternyata Menelan..

Dream - Keshav Sahu. Bocah lima tahun ini sudah enam bulan terakhir merasakan sakit luar biasa pada bagian perut. Setelah diperiksa, dokter mendapat benda mengejutkan di dalam perut bocah ini.

“ Benda asing tidak jelas saat proses sinar-x dan ultrasound,” kata Patel, dokter yang menangani Keshav, dikutip Dream dari laman Daily Bhaskar, Selasa 3 Mei 2015.

Dokter memutuskan melakukan operasi bedah untuk mengambil benda asing yang terlihat di dalam perut bocah malang ini. Dalam operasi itulah para dokter semakin terkejut.

Pada kasus-kasus lain, para dokter biasanya hanya akan menemukan batu, yang terbentuk akibat endapan mineral. Tapi kali ini, dokter tak hanya menemukan batu kantung kemih saja, melainkan juga benda asing yang ukurannya lumayan panjang.

“ Batang sepanjang 15 sentimeter dikeluarkan bersama batu yang berlumuran darah. Akhirnya kami tahu itu adalah sikat gigi,” tambah Patel.

Menurut Patel, batu dalam kantung kemih itu berukuran 5 sentimeter. Terbentuk selama enam bulan belakangan. Sementara, sikat gigi itu berukuran 15 sentimeter dan sudah bersarang di dalam perut Keshav selama setahun.

Dan rasa sakit luar biasa itu dirasajab Keshav dalam kurun enam bulan belakangan. “ Sikat gigi telah menyebabkan tiga lubang di usus sebelum sampai ke kantung kemih,” tutur Patel.

Bagaimana baru ketahuan? Ternyata, semula Keshav menyembunyikan kesakitan itu. Dia tak bercerita kepada orangtunya, karena takut akan disalahkan oleh sang bunda. Dia memilih diam, tak bercerita tentang sikat gigi yang telah dia telan.

Setelah operasi pada Rabu pekan lalu, Keshav mengaku tak sengaja telah menelan sikat gigi itu. Namun dia tak ingat kapan peristiwa itu terjadi.

Dokter telah mengangkat benda-benda itu. Mereka juga telah memperbaiki kantung kemih dan usus Keshav yang rusak akibat benda asing ini. Kini, dia masih dalam perawatan.

“ Ini kasus yang tak biasa karena umumnya kami dihadapkan pada kasus seperti menelan koin,” kata Patel.

Dan Patel pun terkejut bagaimana Keshav bisa bertahan hidup dengan sikat di dalam perut itu. “ Orang umumnya meninggal dalam kasus ini jika tak mendapat perawatan tepat waktu.”

“ Tapi bagaimana bocah ini bisa bertahan hidup kalau bukan karena keajaiban,” tambah dia.

Sementara, ayah Keshav, Sahu, mengaku sangat terkejut. “ Dia tak pernah memberitahuku telah menelan sikat gigi. Dia mengeluh sakit dan memuntahkan makanan.”

“ Saat kami mencoba mengobati rasa sakit dengan obat, dia hanya menangis dan menangis saban harinya,” tambah Sahu.

5 dari 5 halaman

Garis Aneh di Kaki Bisa Bergerak-gerak, Ternyata...

Dream - Berhati-hatilah apabila Anda berjalan di tempat-tempat kotor. Selalu pakai alas kaki, supaya tidak ada penyakit atau hewan yang masuk ke dalam tubuh, melalui kaki Anda.

Simak pengalaman mengerikan warga Tiongkok ini. Di kaki pria berusia 42 tahun ini dijadikan sarang oleh makhluk hidup. Yang lebih mengerikan lagi, saban hari makhluk itu berjalan-jalan di bawah kulit pria ini.

Pria itu sadar ada yang aneh di kaki kanannya setelah pulang berlibur dari Nigeria. Ada semacam garis meliuk-liuk pada kulitnya. Dan setiap hari, semakin panjang.

Merasa ada yang aneh, pria itu mendatangi dokter di Peking Union Medical College di Beijing. Dia ingin memeriksakan keanehan di kaki yang telah terlihat sebulan terakhir.

Betapa terkejutnya pria itu setelah tahu apa yang terjadi di kaki kanannya. Dokter menyatakan bahwa yang hidup dan bergerak di bawah kulit di kaki kanan itu adalah cacing tambang.

Cacing itu diduga kuat masuk ke dalam kaki saat pria yang tak disebutkan namanya itu berlibur ke Nigeria. Sebab, saat di negara Afrika itu, dia kontak dengan kotoran hewan. Dari kotoran itulah cacing itu diduga berasal.

Cacing tambang umumnya hidup di usus hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Telur-telur cacing ini biasanya keluar melalui kotoran hewan, dan biasanya dibuang oleh hewan-hewan pembawanya di daerah pantai berpasir atau di sekitar rumah.

Parasit ini hidup di lapisan epidermis, tak bisa masuk ke dalam tubuh yang lebih dalam lagi karena kekurangan kolagenase yang diperlukan untuk menerobos membran basal.

Jika sudah masuk ke kulit seperti itu, maka seseorang akan merasakan gatal luar biasa. Dokter kemudian memberinya albendazole dan setelah dua minggu, cacing itu hilang. (Ism, Sumber: The New England Journl of Medicine)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya