Syok Ketemu Kelelawar Sebesar Anak Manusia Menggantung di Pohon

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 24 Agustus 2021 10:01
Syok Ketemu Kelelawar Sebesar Anak Manusia Menggantung di Pohon
Banyak warganet dibuat heran dengan kelelawar sebesar itu.

Dream – Hewan kelelawar bagi masyarakat Indonesia tentu bukanlah hewan yang sulit ditemukan. Kelelawar biasanya banyak ditemukan di gua-gua hingga ada juga yang bergelantungan di atap rumah saat malam hari. Kemudian dari segi ukuran pun hewan ini tidaklah terlalu besar.

Namun berbeda dengan spesies kelelawar yang satu ini sebagaimana videonya dibagikan oleh akun TikTok @boss.blondi. Tampak kelelawar ini berukuran sangat besar dan sedang menggelantung di sebuah pohon yang ada di hutan. Ukuran kelelawar yang tak umum ini pun tentu membuat terkejut beberapa orang, terutama orang Indonesia yang jarang melihatnya.

Untuk mengetahui bagaimana penampakan kelelawar super besar ini dan ekspresi orang-orang yang menemukannya, berikut sebagaimana telah dilansir oleh Dream melalui akun TikTok @boss.blondi.

1 dari 7 halaman

Menemukan Kelelawar Besar di Hutan

Menemukan Kelelawar Besar di Hutan© TikTok @boss.blondi

Melalui sebuah video singkat yang dibagikan oleh akun TikTok @boss.blondi, diketahui ada sekelompok orang yang sedang berjalan di hutan yang ada di luar negeri. Dari video terdengar bahwa sekelompok orang tersebut ada pria, wanita, dan anak-anak.

Tiba-tiba saja dalam perjalanan mereka menemukan seekor kelelawar berukuran super besar yang didominasi warna hitam dan warna cokelat di sebagian kepala sedang menggelantung di sebuah pohon. Tak hanya itu saja, kelelawar itu pun ditemukan saat suasana sedang terang. Begitu orang-orang menemukan kelelawar tersebut, hewan nokturnal itu pun langsung mengeluarkan suara sambil sedikit mengepakkan kedua sayapnya.

2 dari 7 halaman

Terkejut Melihat Kelelawar Super Besar

Terkejut Melihat Kelelawar Super Besar© TikTok @boss.blondi

Saat menemukan kelelawar super besar yang sedang menggelantung itu, sekelompok orang tersebut tidak kelihatan ketakutan atau mencoba melarikan diri. Mereka saling terkejut dan tertawa saat melihatnya. Bahkan mereka juga mendekati kelelawar itu sambil merekamnya.

Kelelawar itu pun tetap berada di posisinya dengan menggelantung diri di pohon sambil mengeluarkan suara khasnya. Hal itu langsung menarik perhatian warganet yang jarang-jarang melihat ada kelelawar sebesar itu.

3 dari 7 halaman

Beragam Komentar Warganet

Salah Satu Komentar Warganet© TikTok @boss.blondi

Setelah video tersebut diposting oleh akun TikTok @boss.blondi, langsung mendapat respons yang beragam dari warganet. Tak sedikit dari warganet, terutama warganet Indonesia yang heran sekaligus terkejut dengan kelelawar tersebut. Bahkan hingga saat ini video itu sudah mendapatkan 100 ribu lebih like dan 2 ribu lebih komentar.

“ kalo di indo ini pasti di bilang jadi jadian,” tulis tompel087

gw mau kirim video ini ke emak gw ah,” tulis Harry Gabz

ibu ibu gb jangan smpe tau ntar dikira kiamat,” tulis Dinar Eka Prasetyo

jangan sampe masuk grup wa keluarga,” tulis obitooo

beda cerita kalau di indo ini,” tulis kumisberacunnnn

the real batman,tunggu aja sampe malem nanti dia braksi,” tulis Abellsyfll11_

klo kata ah tong itu kelawang,” tulis TR King.

4 dari 7 halaman

Geger Menggantung di Depan Rumah

Dream - Selama ini mungkin banyak yang menganggap kelelawar sebagai binatang yang berukuran kecil. Meski ada juga yang berukuran besar seperti kalong kapauk (Pteropus vampyrus).

Kalong kapauk atau large flying fox ini hanya memakan buah-buahan dan sebangsanya. Kalong kapauk adalah spesies kelelawar yang terbesar.

Binatang yang sebagian besar hidupnya di Asia Tenggara ini bisa mencapai berat 1,1 kilogram dengan bentang sayap hingga 1,5 meter.

Namun kalong kapauk bisa tumbuh lebih besar lagi hingga sama dengan tinggi rata-rata anak manusia berusia 6 tahun.

5 dari 7 halaman

Kelelawar Raksasa Seukuran Manusia

Baru-baru ini netizen Filipina membagikan foto seekor kelelawar berukuran raksasa dengan pose menggantung yang cukup menakutkan.

" Ingat ketika saya cerita bahwa Filipina memiliki kelelawar seukuran manusia? Ya, ini yang saya bicarakan," tulis Alex di Twitter.

Kelelawar raksasa dari jenis kalong mahkota emas itu menggantung terbalik dengan kaki mencengkeram kawat di depan rumah seorang warga. Warna tubuhnya hitam legam.

6 dari 7 halaman

Posenya Menakutkan, Bentang Sayap 1,7 Meter

Sementara sayapnya yang lebar dikatupkan di dada. Wajahnya seperti rubah. Posenya benar-benar menakutkan mirip seperti di film vampir.

Warga Heboh, Ada Kelelawar Sebesar Anak Manusia Menggantung di Depan Rumah© MEN

Menurut Alex, bentang sayap kalong mahkota emas yang dia pamerkan di Twitter tersebut mencapai 1,7 meter.

Foto kelelawar raksasa yang dibagikan di Twitter itu menjadi viral. Meski hanya makan buah, tapi penampilan kelelawar raksasa itu membuat netizen bergidik.

7 dari 7 halaman

Termasuk Jenis Binatang yang Terancam Punah

Namun kalong mahkota emas yang dipamerkan Alex ini termasuk jenis yang terancam punah. Di Filipina, kalong mahkota emas biasa makan buah ara dan buah-buahan lainnya.

Kalong mahkota emas adalah endemik Filipina dan memiliki moncong panjang yang sangat mirip dengan rubah. Mereka memiliki telinga yang runcing, tidak bulat seperti kebanyakan spesies kelelawar.

Di Filipina, kalong mahkota emas memiliki bulu berwarna coklat keemasan di kepala mereka, dan hidup di hutan dan gua-gua yang dalam.

Sumber: IndianTimes

Beri Komentar