Binatang Mirip Marmut Ini Dulu Peliharaan Abu Jahal, Harganya Mahal Tapi Susah Ditangkap

Reporter : Sugiono
Senin, 4 April 2022 04:01
Binatang Mirip Marmut Ini Dulu Peliharaan Abu Jahal, Harganya Mahal Tapi Susah Ditangkap
Bagi jemaah haji atau umrah asal Indonesia, nama binatang ini mungkin masih terdengar asing.

Dream - Dalam sejarah syiar Islam, sosok pria bernama Abu Jahal dikenal sangat anti terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW itu.

Namun ada 'warisan' menarik dari Abu Jahal yang sampai saat ini masih bisa dijumpai di area sekitar Mekah al-Mukarramah.

Warisan tersebut adalah binatang peliharannya yang ternyata masih banyak ditemukan berkeliaran di bukit-bukit sekitar Kota Mekah.

1 dari 5 halaman

Penampakan binatang peliharaan Abu Jahal yang disebut dengan Wabar itu diperlihatkan dalam video yang diunggah kanal Youtube Alman Mulyana.

Wabar, binatang peliharaan Abu Jahal© Cuplikan Video YouTube

Bagi jemaah haji atau umrah Indonesia, wabar ini mungkin masih terdengar asing. Tapi tahukah kalian jika binatang ini ternyata memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Dalam video yang tayang 31 Maret 2022 itu, Alman Mulyana beserta rombongannya tampak menelusuri jalan beraspal yang membelah gunung Handamah atau Jabal Handamah.

2 dari 5 halaman

Setelah melihat pemandangan kota Mekah khususnya Masjidil Haram dari atas gunung Handamah, rombongan Alman Mulyana berhenti di salah satu pinggir jalan yang berada di atas tebing batu yang curam.

Wabar, binatang peliharaan Abu Jahal© Cuplikan Video YouTube

Saat melihat-lihat pemandangan kota Mekah, Alman Mulyana dikejutkan dengan penampakan sosok binatang berukuran kecil berbulu cokelat berlarian di antara batu-batu besar.

Wabar, binatang peliharaan Abu Jahal© Cuplikan Video YouTube

Alman Mulyana meyakini jika binatang tersebut adalah wabar yang merupakan peliharaan Abu Jahal. Wabar tampak berlari dan melompat di atas batu-batuan yang tersebar di lereng gunung Handamah.

3 dari 5 halaman

Wabar sendiri merupakan salah satu jenis binatang pengerat yang bentuknya menyerupai marmut. Menurut Alman Mulyana, wabar tersebut jumlahnya banyak dan sering dijadikan sebagai bahan obat.

Wabar, binatang peliharaan Abu Jahal© Cuplikan Video YouTube

Karena itulah wabar ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Jika diperjualbelikan, harganya bisa mencapai Rp5 juta per ekor. Namun sayang, wabar merupakan hewan yang dilindungi oleh undang-undang di Mekah.

" Di sini banyak binatang peliharaan Abu Jahal dulu guys. Dia itu bisa dijadikan obat kuat dan harganya mahal banget guys," kata Alman Mulyana.

Jika saja binatang mirip marmut dengan taring yang panjang itu tidak tinggal di Tanah Haram, Alman Mulyana bersedia untuk menangkapnya karena harganya yang mahal.

" Kalau bukan di tanah Haram udah kuambil itu (Wabar). Ini binatang punya nilai ekonomi tinggi. Wah ini (bisa) Rp5 juta satunya," jelas Alman Mulyana.

4 dari 5 halaman

Selain berburu wabar yang merupakan binatang peliharaan Abu Jahal, di akhir videonya Alman Mulyana juga menunjukkan salah satu tanda akhir zaman.

Salah satu tanda akhir zaman.© Cuplikan Video YouTube

Tanda tersebut adalah ketika bayangan Makkah Royal Clock Tower yang mencapai 601 meter itu menutupi Kabah dan sekitarnya.

Salah satu tanda akhir zaman.© Cuplikan Video YouTube

" Jadi guys, di balik keindahan kota Mekah ini, itu ada hal yang mengerikan juga,

" Kalau bayangan tower jam ini menghalangi Kabah, itu udah menandakan akhir zaman," katanya.

Sumber: YouTube

5 dari 5 halaman

Beri Komentar