Tempat Terkering Dunia Mendadak Ditumbuhi Bunga, Pertanda Apa?

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 23 Agustus 2017 12:15
Tempat Terkering Dunia Mendadak Ditumbuhi Bunga, Pertanda Apa?
Selama ini, Atacama dijuluki sebagai tempat paling kering di muka Bumi.

Dream - Gurun biasanya menjadi tempat gersang. Bisa dibilang nyaris tak ada kehidupan. Namun lihatlah yang terjadi di Gurun Atacama di Chile. Hamparan tandus itu mendadak ditumbuhi bunga-bunga indah yang mekar.

Selama ini, Atacama dijuluki sebagai tempat paling kering di muka Bumi. Gurun ini memang sangat jarang diguyur hujan. Sehari-hari, hanya terlihat hamparan tanah kering dengan serakan batu dan kerikil.

Gurun Atacana© metro.co.uk

Tapi kali ini beda. Pekan lalu, para turis dikejutkan dengan 200 spesies bunga mekar dan binatang endemik yang berkeliaran. Banyak pelancong merasa bingung, sekaligus takjub.

gurun atacana© metro.co.uk

Wajar bila para wisatawan kaget. Sebab, bunga-bunga yang kini bermekaran itu sebenarnya hanya tumbuh tujuh tahun sekali. Selebihnya hanya batu yang menghias hamparan tanah kering ini.

1 dari 1 halaman

Ternyata...

Terakhir kali, bunga-bunga itu tumbuh dan mekar dua tahun silam. Jadi, kali ini mereka tumbuh dan mekar lima tahun lebih awal.

Tapi, fenomena yang tak biasa ini bukan tanpa sebab. Bunga-bunga itu tumbuh lebih awal karena telah terjadi hujan lebat, yang tak terprediksi, di bagian utara selama musim dingin.

Gurun Atacana© metro.co.uk

Bila Anda melancong ke sana minggu lalu, maka bisa menyaksikan gunung berapi yang menjulang, bukit-bukit pasir, berhias bunga indah ini.

Selain itu, gurun ini juga dikenal dengan badai petir yang mengerikan. Banyak orang menyebutnya sebagai gambaran hari akhir.

Beri Komentar