17 Tahun Kesemutan, Dokter Syok Temukan Cacing 13 Cm di Otak Pria Ini

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 2 September 2020 12:45
17 Tahun Kesemutan, Dokter Syok Temukan Cacing 13 Cm di Otak Pria Ini
Hindari mengonsumsi makanan ini jika tidak ingin kejadian ini menimpamu!

Dream - Kejadian tak terduga menimpa seorang pria asal China bernama Chen. Nyawanya berhasil diselamatkan tim dokter setelah seekor cacing sepanjang 13 cm bersarang di otaknya selama 17 tahun terakhir. Beruntung Chen masih bisa bertahan hidup.

Dilansir dari laman Indiatimes, pemuda itu dikenal sebagai penggemar daging hewan liar yang disantap dalam kondisi mentah. Akibat kebiasaannya itu, seekor cacing hidup di dalam otak Chen selama 17 tahun.

Awalnya, Chen mengalami kesemutan hebat di bagian tangan dan kaki sekitar 17 tahun lalu. Chen juga sering mengalami pusing dan mual-mual. Selain itu, Chen mengeluhkan jika Ia sulit menggerakkan bagian tubuhnya. Chen sempat mengira dia mengalami masalah genetik.

" Bagian atas tubuh saya sudah mati rasa. Saya tidak bisa merasakan tangan saya termasuk menggerakannya," jelas Chen.

Mengingat kondisinya tak kunjung membaik akhirnya Chen pergi ke Affiliated Hospital of Wuchang University di Provinsi Jiangsu, pada tahun 2015 lalu. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan CT Scan, para dokter menemukan adanya cacing parasit di dalam otak Chen.

1 dari 2 halaman

Cacing Sepanjang 13 cm Hidup di Dalam Otak

Cacing ini memiliki panjang mencapai 13 cm yang sudah berada di dalam sana selama 17 tahun lamanya. Chen lalu didiagnosa mengalami sparganosis mansoni yaitu penyakit langka yang disebabkan parasit.

Penyakit ini biasanya muncul dari infeksi yang disebabkan oleh larva atau cacing pita. Beberapa dokter mengaitkan kasus ini dengan konsumsi daging hewan liar yang masih mentah, seperti daging kodok atau ular.

Ada juga dokter yang berpendapat bahwa cacing itu masuk ke tubuh Chen lewat air yang terkontaminasi. Meski sampai sekarang pihak dokter masih mencari tahu penyebab utama mengapa Chen sulit menggerakan tubuhnya.

Cacing di dalam otak© Foto : Fear Video

2 dari 2 halaman

Berhasil Dioperasi dan Mengeluarkan Cacing

Pihak dokter awalnya ingin segera mengoperasi Chen untuk mengeluarkan cacing parasit tersebut. Namun operasi ini ditunda dari tahun 2015, karena lokasi pengambilan cacing di dalam otak cukup berbahaya untuk dioperasi. Baru pada 25 Agustus 2020 ini, dokter berhasil mengeluarkan cacing itu dari kepalanya. Beruntung nyawa Chen berhasil diselamatkan dan kini kondisinya dalam pemulihan.

Cacing di dalam otak© Foto : Pear Video

Dokter mendiagnosa jika cacing tersebut masuk ke tubuh Chen setelah mengonsumsi daging mentah dari hewan liar. Hal ini diketahui setelah menelusuri adanya kasus serupa pada seorang wanita China. Pada bulan April lalu, seorang wanita di Provinsi Jiangsu memiliki cacing hidup di otaknya. Setelah ditelusuri, wanita itu sebelumnya pernah menyantap daging hewan liar yang masih mentah.

(Sah, Sumber : India Times)

Beri Komentar