Geger Cahaya Misterius di Langit Meksiko Usai Gempa 8,2 SR

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 8 September 2017 19:30
Geger Cahaya Misterius di Langit Meksiko Usai Gempa 8,2 SR
Diduga cahaya tersebut muncul karena proses ionisasi dari dalam kerak bumi.

Dream - Cahaya misterius di langit Mexico City muncul sebelum dan sesudah gempa bumi 8,2 skala Richter. Cahaya hijau dan biru yang mirip aurora itu terekam kamera penduduk dan membuat warga setempat geger.

Menurut laman Metro.co.uk, Jumat 8 September 2017, tak banyak yang mengamati munculnya fenomena itu. Beberapa orang yang melihat mengira warna biru dan hijau tersebut berasal dari pembangkit listrik.

Seismolog Stephen Hicks mengatakan, " Cahaya akibat gempa bumi tidak pernah terbukti. Penjelasan yang lebih sederhana adalah ledakan kecil pada generator dan sistem tenaga listrik."

 Cahaya biru muncul di langit Meksiko CIty

Pada 1975, cahaya misterius semacam ini sempat menggegerkan warga Kalapana, Hawai. Saat itu warna benderang muncul di langit bersamaan dan setelah gempa bumi.

Beberapa saksi mata menyebut, ada beberapa warna yang muncul. Ilmuwan kemudian membuktikan penyebab kemunculan mereka.

1 dari 1 halaman

Penjelasan Lain

Menurut Wikipedia, satu hipotesis fenomena itu karena bantuan gempa yang 'meibatkan proses ionisasi oksigen ke anion oksigen yang memutus ikatan peroksi pada beberapa jenis batuan dengan tekanan tinggi sebelum dan selama gempa bumi'.

" Setelah ionisasi, ion-ion bergerak melalui celah-celah di bebatuan. Begitu mereka sampai di atmosfer, ion-ion ini bisa mengisi kantong udara, membentuk plasma yang memancarkan cahaya."

Peneliti dari Rutgers University Troy Shinbrot pernah mencoba penelitian di laboratoriumnya mengenai fenomena alam tersebut. Dengan meniru berbagai jenis butiran kerak bumi, Troy menemukan ada aliran listrik yang terlepas ke udara dan menciptakan cahaya listrik terang.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik