Coba Tengok Alat Ini Pak Gubernur, Mungkin Bisa Terinsipirasi

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 10 April 2017 15:38
Coba Tengok Alat Ini Pak Gubernur, Mungkin Bisa Terinsipirasi
Kita bisa lihat bagaimana kotornya sungai atau kali-kali di Jakarta. walaupun saat ini sudah lebih baik, namun tampaknya alat yang satu ini masih tetap dibutuhkan deh, alat apakah itu?

Dream - Sebagai ibukota negara, Jakarta merupakan kota yang akrab dengan masalah kemacetan dan banjir.

Kamu pasti tahu dong apa penyebab Jakarta menjadi langganan banjir setiap tahunya? Yup, salah satunya adalah masalah sampah.

Memang, masalah membuang sampah menjadi momok di berbagai kota besar di Indonesia, terutama Jakarta. Kamu bisa lihat bagaimana kotornya sungai atau kali-kali di Jakarta.

Walaupun kini kondisi sungai dan kali di ibukota berangsur lebih baik, calon pemimpin Jakarta harus mengenal alat yang satu. Dia adalah Mr. Trash Wheel. Apa itu?

Inilah mesin pengumpul sampah yang mengapung di pelabuhan Baltimore's Inner Harbour, Amerika Serikat. Alat ini dirancang untuk membersihkan sampah yang terbawa oleh aliran sungai dan masuk ke pelabuhan.

Sejak pertama kali dioperasikan, pada 9 Mei 2014, mesin ini berhasil membersihkan mengumpulkan sampah lebih dari 420 ton, Wow!

Dikutip dari wastedive.com, pemerintah Singapura, Rio de Janeiro, dan sekitar 30 kota di Amerika Serikat termasuk Philadelphia dan Honolulu telah menghubungi kota Baltimore untuk mempelajari water wheel pembersih sampah tersebut.

Nah bagaimana pak Gubernur, kira-kira Jakarta bakal pesan alat ini juga tidak ya untuk membersihkan sungai-sungai kotor? hmm will see.

Bagaimana sih cara kerjanya? yuk simak videonya dibawah ini.

 (Boredpanda.com)

Beri Komentar