Di Negara Ini, Beri Tempat Duduk pada Orang Tua Dianggap Buruk

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 6 Oktober 2015 13:31
Di Negara Ini, Beri Tempat Duduk pada Orang Tua Dianggap Buruk
Kita tidak bisa begitu saja memberikan tempat duduk pada orang tua yang berdiri di kereta atau transportasi umum lainnya karena para orang tua di sana menganggap hal itu sebagai bentuk pelecehan.

Dream - Beda negara, beda pula budaya dan kebiasaannya. Di Indonesia, saat kita berada di transportasi umum seperti bus atau kereta api dan melihat orang tua yang berdiri secara otomatis kita akan " dipaksa" untuk mengalah memberikan tempat duduk. Jika tidak, kita akan dianggap tidak memiliki empati dan sopan santun.

Namun di Jepang, justru berlaku sebaliknya. Di Negeri Sakura itu, kita tidak bisa begitu saja memberikan tempat duduk pada orang tua yang berdiri di kereta atau transportasi umum lainnya karena para orang tua di sana menganggap hal itu sebagai bentuk pelecehan.

Alasannya, orang tua di Jepang tidak suka bila anak muda menganggap mereka perlu dibantu atau lebih tepatnya, mereka tidak suka dikasihani.

Ada cara lain yang bisa digunakan agar Anda bisa menjalankan niat baik memberi kursi bagi orang tua di Jepang. Misalnya, dengan berpura-pura ingin turun, berdiri di depan pintu atau pindah ke gerbong lain.

Intinya, orang tua di Jepang tak suka menerima belas kasihan. Jadi, saat Anda berkunjung ke sana sebaiknya gunakan " cara halus" ketika ingin memberikan tempat duduk pada orang tua di dalam transportasi umum.

(Sumber: Japantoday.com)

 

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir