Ditemukan, Resep Berusia 1.000 Tahun, Ampuh Atasi Mabuk

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 6 September 2014 11:11
Ditemukan, Resep Berusia 1.000 Tahun, Ampuh Atasi Mabuk
Resep itu berasal dari sebuah buku kuno di Irak dari abad ke-10 yang sudah diterjemahkan.

Dream - Jika obat modern tidak bisa mengatasi pusing dan mual akibat mabuk, mungkin resep berusia 1000 tahun bisa menjadi penawarnya. Resep itu berasal dari sebuah buku kuno di Irak dari abad ke-10 yang sudah diterjemahkan.

Menurut resep tersebut, sepotong daging dan kacang rebus yang dimasukkan dalam yoghurt fermentasi yang dikenal sebagai 'Kashk' adalah obat penawar mabuk yang ampuh. Resep ini merupakan salah satu karya penulis muslim abad 10 Ibnu Sayyar al-Warraq dalam bukunya Kitab al-Tabikh.

Tips minum, bersama dengan lebih dari 600 resep masakan mewah dari dunia Arab di abad ke-10, diterjemahkan oleh Nawal Nasrallah dalam bukunya Annals of the Caliphs' Kitchens.

Berbicara kepada MailOnline pekan ini, Nasrallah menjelaskan tentang obat kuno yang unik itu. Disebutkan, obat Zaman Pertengahan didasarkan pada teori empat humor (cairan) dalam tubuh yang diusung oleh ilmuwan Yunani Kuno, Claudius Galenus alias Galen.

Menurutnya, dengan sifatnya yang dingin, mudah dicerna dan memberi kekuatan, (resep dalam buku tersebut) membantu meringankan mabuk yang biasanya ditandai dengan pusing pada kepala dan sakit perut.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak