Drive-Thru Restoran Cepat Saji Semakin Lambat, Ini Buktinya

Reporter : Syahid Latif
Senin, 12 Oktober 2015 06:00
Drive-Thru Restoran Cepat Saji Semakin Lambat, Ini Buktinya
Tahukah Anda berapa lama drive-thru melayani pelanggan restoran cepat saji?

Dream - Fasilitas pesanan makanan drive thru identik dengan penyajian praktis sekaligus cepat. Namun temuan baru menunjukan jika layanan pemesanan makanan yang biasa dilakukan pengendara mobil justru semakin lambat.

Publikasi terbaru tentang bisnis restoran yang dilansir QSR Magazine, menemukan konsumen restoran makanan cepat saji merasakan pelayanan melalui drive-thru tahun ini justru lebih lambat daripada tahun 2014.

Keterlambatan dalam menyajikan makanan cepat saji melalui drive-thru itu bahkan mencapai 19 detik. QSR menyebut fenomena ini sebuah 'penurunan signifikan' yang relatif.

Survei QSR menganalisis data dari 1.532 jendela drive-thru di 29 restoran makanan cepat saji secara nasional, termasuk McDonald, Chick-fil-A, Dunkin' Donuts, Starbucks dan lain-lainnya.

Hasilnya, ditemukan bahwa waktu yang dibutuhkan sekarang sekitar 222 detik - kira-kira lebih dari 3 setengah menit - untuk mendapatkan makanan. Padahal, tahun lalu, rata-rata pelanggan hanya butuh waktu tak lebih dari 203 detik untuk mendapatkan makanannya melalui jendela drive-thru.

Melambatnya layanan drive-thru ini pun memancing penasaran pelanggan. Hasil penelitian, QSR menduga hal itu disebabkan fokus restoran makanan cepat saji sebagian telah diperbaharui untuk 'memastikan konsumen mendapatkan pesanan dengan benar'.

" Begitu mereka (konsumen) meninggalkan drive-thru dan mendapatkan pesanan tidak benar, akan jauh lebih sulit bagi mereka untuk kembali daripada mereka yang makan di dalam restoran," kata Carl Howard, CEO restoran cepat saji Italia Fazoli kepala QSR Magazine, seperti dikutip Dream, Minggu, 11 Oktober 2015.

Kabar baiknya akurasi perusahaan-perusahaan makanan cepat saji dalam menyajikan makanan melalui drive-thru kini jauh lebih baik dalam satu tahun terakhir.

Menurut data, akurasi pesanan burger naik 4,1 persen dari tahun 2014. Secara keseluruhan, pesanan melalui drive-thru telah terpenuhi dengan akurasi 88,6 persen, naik dua persen penuh dari tahun lalu.

Jika Anda ingin memesan sarapan melalui drive-thru dengan cepat, Anda sebaiknya datang saat waktu tunggu rata-rata lebih dari 3 menit. Mungkin itu adalah waktu tersibuk, namun data menunjukkan bahwa restoran telah siap dengan staf yang memadai untuk menangani jam sibuk tersebut. Tetapi jika Anda ingin makan malam, bersiaplah untuk antre hampir empat setengah menit. (Ism) 

Beri Komentar