Echa Si Putri Tidur dari Banjarmasin Kembali Pulas, Sudah 7 Hari Terlelap

Reporter : Sugiono
Kamis, 8 April 2021 15:45
Echa Si Putri Tidur dari Banjarmasin Kembali Pulas, Sudah 7 Hari Terlelap
Saat dikunjungi, Echa tampak tertidur pulas di ranjangnya. Rumah sakit tidak punya obat untuk membangunkannya.

Dream - Masih ingat dengan cerita Echa Si Putri Tidur Dunia Nyata dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan? Kini gadis bernama lengkap Siti Raisa Miranda kembali tertidur pulas selama 7 hari 7 malam.

Saat dikunjungi KanalKalimantan di rumahnya yang terletak di Jalan Pangeran, Kelurahan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Echa tampak tertidur sangat lelap di ranjangnya.

Mulyadi, ayah Echa, mengatakan putrinya sudah dua kali tidur dalam jangka waktu cukup lama di tahun 2021 ini.

" Sebelumnya pada bulan Februari juga sempat tertidur selama satu setengah hari,” ujar pria berusia 54 tahun itu.

1 dari 4 halaman

Alami Kejang Selama Tertidur 4 Hari

Dan yang terakhir kali ini, Echa tidur selama empat hari empat malam. Namun di tengah Echa tertidur lelap, dia sempat kejang-kejang.

Karena khawatir terjadi sesuatu pada Echa, Mulyadi segera membawa putrinya itu ke Rumah Sakit Ansari Saleh.

" Namun saat diperiksa oleh dokter, tidak terdapat hal-hal yang mencurigakan atau tidak ada mengidap penyakit apapun, dan semuanya masih normal saja," ucap Mulyadi.

2 dari 4 halaman

Jalani Perawatan Singkat, RS Tak Punya Obatnya

Echa akhirnya dizinkan pulang setelah menjalani perawatan intensif selama 3 hari. Namun Echa pulang ke rumah dalam kondisi tetap terlelap dalam tidurnya.

Mulyadi mengatakan putrinya sempat tidak mendapat izin oleh pihak dokter untuk keluar dari rumah sakit. Namun setelah diyakinkan oleh pihak keluarga, akhirnya Si Putri Tidur dari Banjarmasin ini dizinkan pulang dan menjalani rawat jalan saja.

" Karena selama perawatan di sana tidak ada perkembangannya, dan pihak rumah sakit juga tidak memiliki obat untuk membangunkannya," kata Mulyadi yang juga seorang Kepala Sekolah SMP Negeri Mandastana 3 Kabupaten Batola.

3 dari 4 halaman

Rekor Waktu Tidur Terlama 13 Hari

Gadis 16 tahun tersebut sempat menggemparkan media sosial pada tahun 2017 lalu. Waktu itu Echa tertidur dalam waktu di luar batas normal untuk pertama kalinya. Echa tidur selama 13 hari.

Menurut Mulyadi, Echa sudah beberapa kali tertidur sejak tahun 2017 silam. Untuk waktu tidur atau durasinya memang tidak menentu.

" Kalau untuk waktu tidurnya itu tidak menentu, kadang 1 hari, 3 hari, 4 hari, bahkan pernah sampai 13 hari. Setelah itu, ia akan bangun dengan sendirinya,” jelas Mulyadi.

Ketika disinggung tentang asupan makan dan minumnya, Mulyadi mengatakan Echa hanya diberikan susu dan vitamin saja selama terlelap dalam tidurnya.

" Ya karena tidak memungkinkan untuk makan nasi, itu juga kita memberi makannya sambil dibopong," tutur sang ayah.

4 dari 4 halaman

Diduga Idap Sindrom Kleine Levin

Hingga saat ini, belum diketahui pasti jenis penyakit yang diderita Echa. Namun sebagian yang berkomentar waktu viral dulu menyebut siswi SMP Negeri 15 Banjarmasin itu kemungkinan mengalami sindrom Kleine-Levin.

Sindrom Kleine Levin adalah penyakit saraf yang menyebabkan penderitanya tak bisa menahan rasa kantuk. Para penderita sindrom ini bisa tertidur dalam waktu yang sangat lama. Berjam-jam, bahkan berminggu-minggu.

" Sampai saat ini masih belum tahu juga penyebabnya apa, kita keluarganya dan para dokter juga bingung dengan kasus ini," kata Mulyadi.

Mulyadi berharap semoga putrinya itu bisa cepat sembuh dari penyakit anehnya dan bisa kembali beraktivitas seperti sedia kalanya.

" Ya kita orangtuanya juga tidak tega, melihat kalau Echa seperti ini terus," ujar Mulyadi.

Beri Komentar