Fungsi Penghapus Bagian Biru Akhirnya Terkuak

Reporter : Sugiono
Selasa, 31 Mei 2016 08:27
Fungsi Penghapus Bagian Biru Akhirnya Terkuak
Selama ini banyak orang beranggapan sisi biru dipakai untuk menghapus coretan tinta pulpen.

Dream - Masih ingat dengan penghapus dengan dua warna, merah dan biru, di masing-masing ujungnya? Tentu penghapus ini sudah tak asing.

Sisi merah pada penghapus itu permukaannya lebih halus dan lentur. Sementara sisi biru, selain agak kaku, teksturnya sangat kasar. Sisi biru juga lebih sedikit, ukurannya sekitar 1/4 dari keseluruhan 'body' penghapus ini.

Selama ini sisi yang merah digunakan untuk menghapus tulisan atau coretan dari pensil. Sementara, kata orang-orang, sisi yang biru bisa dibuat untuk menghapus tulisan dari tinta atau pulpen. Benarkah anggapan ini?

Memang, tinta sulit sekali dihapus jika sudah dipakai menulis di atas kertas. Haruskah digunakan sisi biru dari penghapus ini untuk menghilangkan coretan tinta pada kertas itu?

 

1 dari 2 halaman

Jika Pakai Sisi Biru

Dream - Ternyata anggapan tersebut salah besar. Jika kita gunakan sisi biru untuk menghapus tinta di atas kertas, maka hasilnya sangat tidak diharapkan. Bukannya tulisan dari tinta yang hilang, malah kertasnya jadi bolong.

Hal itu karena sisi biru yang kasar itu seperti mengerok permukaan kertas. Sehingga malah membuang permukaan kertas yang ada tintanya. Otomatis tintanya kebawa. Si kertas juga jadi tipis.

Jadi, sangat tidak disarankan memakai sisi yang biru untuk menghapus tinta di atas kertas. Jika begitu, apa gunanya sisi biru penghapus ini? 

 

2 dari 2 halaman

Fungsi Sebenarnya...

Dream - Ternyata sifat kasar dari sisi yang biru berguna untuk menghapus tulisan atau coretan pensil di atas kertas bertekstur kasar (grainy paper).

Menghapus coretan pensil di grainy paper dengan bagian merah akan perlu banyak tenaga, dan bagian biru itu fungsinya mempermudah pekerjaan ini.

(Ism, Sumber: Lite FM)

Beri Komentar