Geger Kasus Pembunuhan `Tukang Sihir` di India

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 23 Juli 2015 15:43
Geger Kasus Pembunuhan `Tukang Sihir` di India
Baru-baru ini India digegerkan dengan kasus pembantaian seorang wanita yang dituduh sebagai 'tukang sihir'.

Dream - Baru-baru ini India digegerkan dengan kasus pembantaian seorang wanita yang dituduh sebagai 'tukang sihir'. Purni, wanita berusia 63 tahun ditelanjangi dan dipancung oleh warga sebuah kampung di wilayah Sonitpur, negara bagian Assam, India karena dianggap bertanggung jawab atas penyakit yang mewabah di kampung tersebut.

Dikutip dari BBC News, Kamis 23 Juli 2015, sejumlah warga menuding Purni sebagai penyebab dari munculnya wabah penyakit di kampung mereka.

" Purni adalah tukang sihir dan menyebar jampi-jampi setan kepada musuh-musuhnya, dan tidak ada tempat untuk tukang sihir. Jadi pembunuhannya bisa dibenarkan," ujar seorang warga bernama Kiran Teronpi.

Saat ini, kepolisian India tengah menangani kasus pembunuhan Purni. Sebanyak 16 orang yang diduga terkait pembunuhan tersebut telah ditangkap, dan sembilan di antaranya adalah perempuan.

Menurut kepolisian India, sekitar tujuh tahun lalu kasus serupa pun pernah terjadi di wilayah Sonitpur. Sekelompok warga membunuh seorang perempuan yang mereka anggap sebagai tukang sihir.

Menuduh seorang perempuan sebagai tukang sihir sering dilakukan oleh masyarakat suku maupun buruh perkebunan teh di negara bagian Assam, India. Bahkan, dalam waktu enam tahun belakangan, hampir 90 orang dituduh sebagai tukang sihir. Sebagian besar dari perempuan tersebut dipenggal, dibakar, maupun ditikam hingga tewas. (Ism) 

Beri Komentar