Geger Kap Mobil Jadi Sarang King Cobra Raksasa, Proses Evakuasinya Mendebarkan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 24 September 2021 08:45
Geger Kap Mobil Jadi Sarang King Cobra Raksasa, Proses Evakuasinya Mendebarkan
King Kobra yang sembunyi di kap mesin mobil ini gegerkan warga sekitar.

Dream – Habitat ular berada di alam liar. Namun demikian, tidak jarang kita menemukan ular di perumahan, bahkan di menyelinap ke barang-barang yang saban hari digunakan manusia.

Ada banyak faktor ular-ular itu masuk ke permukiman warga. Salah satunya terganggunya keseimbangan alam. Bisa jadi sumber makanan ular-ular di alam liar telah habis, sehingga mereka masuk ke permukiman warga.

Jika sudah begitu, akan terjadi permusuhan antara manusia dengan hewan, termasuk ular-ular yang masuk ke perumahan itu. Ular dan manusia sama-sama terancam.

Seperti terlihat pada video yang diunggah akun TikTok @novierudianto1. Dalam video itu terlihat masyarakat heboh karena ada ular King Cobra masuk ke kap mobil.

1 dari 9 halaman

Ular di Kap Mesin Mobil

Pemilik mobil itu geger hingga akhirnya menyedot perhatian warga sekitar. Beberapa orang berusaha membuka kap mesin dengan hati-hati.

Tampaklah seekor king cobra yang besar dengan panjang kira-kira 2,5 meter. Sepintas, ular itu terlihat seperti kabel-kabel dalam kap mobil.

Ilustrasi© TikTok/@novierudianto1

Warga berusaha mengeluarkan king cobra itu dari kap mobil tanpa bantuan tim pemadam kebakaran. Berbekal bambu kecil yang panjang, seorang warga berhasil mengeluarkan king cobra tersebut.

Tampak ular itu menggeliat di tanah seakan ingin kabur. Padahal sebelumnya ia terlihat tenang saat berada di dalam kap mesin. Sepertinya ular itu hanya butuh tempat hangat dan gelap di saat cuaca dingin.

2 dari 9 halaman

King Kobra

Melihat video king cobra yang berada di dalam kap mobil itu, warganet pun melontarkan beragam reaksi. Dalam video part 2, tampak seorang pria memegang kayu besar yang hendak dihantamkan ke kepala ular.

Sejumlah warganet meminta agar warga tidak membunuh ular itu dan melapor ke BKSDA untuk dikembalikan lagi ke habitatnya di hutan.

Ilustrasi© TikTok/@novierudianto1

“ Kenapa dibunuh, kasian oy, King Kobra langka di alam, mending dikasihkan ke BKSDA setempat biar di rilis ke hutan lagi,” kata salah satu netizen.

Sementara yang lain pun berdebat mengenai jenis ular, king kobra ataukah king koros.

“ Itu king kobra karna coraknya putih kekuningan, walaopun kap mobil udah kebuka, dia tetap tenang gak lari,” ucap salah satu pengguna TikTok.

“ Itu udah jelas bro king cobra, kalo king koros bakalan lebih agresif responnya, dari corak badan aja udah keliatan itu kobra,” ujar yang lain.

3 dari 9 halaman

Alasan Sembunyi di Mesin Mobil

Ular memilih kap mesin sebagai tempat persembunyiannya karena ruang tersebut gelap, hangat, dan aman. Bagi ular ruang tersebut menyerupai lubang tempat mereka biasa bersembunyi.

Mungkin kamu bertanya bagaimana ular bisa masuk kap mesin sedangkan dalam kondisi tertutup. Hal ini karena ular bisa merayap melalui ban lalu masuk ke sela-sela mesin yang mereka anggap aman.

Ilustrasi© TikTok/@novierudianto1

Hal ini jangan dibiarkan karena bisa merusak mesin dan menyebabkan korsleting. Dengan demikian segera keluarkan ular dari sana. Saran yang paling baik adalah dengan memanggil seorang profesional untuk menangani itu karena menarik ular keluar dari ruang mesin tidak mudah.

Sebab, sebenarnya king cobra tidak akan menyerang manusia jika dia tidak merasa terganggu. Apabila dia diserang, maka king cobra akan menyerang balik dengan serangan yang membahayakan nyawa.

4 dari 9 halaman

Panji Petualang Nangis Lihat King Cobra Ini, Garaga Gak Ada Apa-apanya

Dream - Selama ini ular king kobra milik Panji Petualang yang diberi nama Garaga dianggap yang paling besar di Indonesia.

Garaga adalah ular kobra yang ditemukan Panji di salah satu area pertanian warga di wilayah perbatasan Sumedang dan Majalengka.

King kobra satu ini diketahui berjenis kelamin jantan. Dia memiliki panjang kurang lebih 5 meter dan diperkirakan berusia sekitar 15 tahun.

Jika Garaga dianggap yang terpanjang dan terbesar, mungkin netizen akan kaget melihat video tentang king kobra yang diunggah akun TikTok @ra7659 ini.

5 dari 9 halaman

King Kobra Raksasa, Garaga Nggak Ada Apa-apanya

Dalam postingannya, akun TikTok dari Malaysia itu membagikan video tentang ular king kobra raksasa yang panjang dan besarnya melebihi Garaga.

Video itu awalnya memperlihatkan suasana sungai atau parit yang diduga menjadi tempat pembuangan air gorong-gorong sebuah perkebunan kelapa sawit.

King kobra raksasa, Garaga nggak ada apa-apanya.© Video TikTok

Namun begitu kamera dizoom, nampak seekor ular king kobra raksasa turun dari lubang gorong-gorong menuju sungai atau parit tersebut.

6 dari 9 halaman

Ukurannya Lebih Panjang dan Besar dari Garaga

Ukuran ular king kobra tersebut sangat panjang, lebih dari lima meter. King kobra itu merayap pelan menyusuri air sungai.

King kobra raksasa, Garaga nggak ada apa-apanya.© Video TikTok

Reptilia yang dikenal sangat berbisa itu seolah sedang mencari mangsa. Lidahnya yang bercabang dua, menjulur keluar masuk dari dalam mulutnya.

King kobra raksasa, Garaga nggak ada apa-apanya.© Video TikTok

Karena penasaran, orang yang merekam kemunculan ular king kobra raksasa itu makin mendekatkan kameranya.

7 dari 9 halaman

King Kobra Sedang Mencari Mangsa

Kini ular tersebut tampak sedang mengamati rerimbunan tanaman di pinggir sungai. Kepalanya mencoba mencari tempat yang pas untuk naik ke darat.

King kobra raksasa, Garaga nggak ada apa-apanya.© Video TikTok

Perekam video kemudian melemparkan kayu ke arah ular tersebut. Namun ular itu diam saja, seolah tak terganggu dengan lemparan yang meleset itu.

Penampakan ular king kobra raksasa lebih panjang dan lebih besar dari Garaga ini membuat netizen Indonesia terkejut.

8 dari 9 halaman

Komentar Ngakak Netizen +62

Video ini juga viral setelah ditonton 2,4 juta kali, dan mengundang berbagai komentar yang didominasi oleh netizen +62.

Berbagai kalimat seram maupun kocak terlontar dari jari-jari netizen +62 yang dikenal bar-bar kalau berkomentar di media sosial.

" Gak berbisa itumah, klau kena patok, paling ngantuk doang.."

" Baru ini gua lihat kobra se gede ini, pasti sdh berabad itu umur ular."

" Garaga Panji menanggis melihat ini wkwkw."

" Lebih besar dri garaga deh kek nya."

" Coba ditawarin kerja bang karna ular cobra banyak bisanya."

Sumber: TikTok

9 dari 9 halaman

Videonya

@ra7659

king kwsan

♬ bunyi asal - pkleman87
Beri Komentar