Hampir Tertipu Konsumen, Aksi Balasan Penjual Olshop Ini Bikin Salut

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 26 Agustus 2021 11:47
Hampir Tertipu Konsumen, Aksi Balasan Penjual Olshop Ini Bikin Salut
Begini aksi 'balas dendam' penjual online shop yang hampir tertipu pembeli nakal.

Dream - Saat melakukan transaksi jual beli online, hal pertama yang diperlukan yakni kejujuran. Penjual maupun pembeli, dituntut untuk amanah selama proses berlangsung.

Namun hal tersebut tidak dialami seorang penjual kosmetik online satu ini. Melalui unggahan akun TikTok @baaayti, ia membagikan pengalaman saat dirinya hampir tertipu seorang konsumen. Beruntung ia menyadari jika pelanggannya itu berbuat curang.

" Di saat PPKM gini jualan online malah ada yang mau nipu," tulisnya dalam video.

 

1 dari 3 halaman

Kronologi Kejadian

Pada awal video, akun tersebut membagikan tangkapan layar saat sang penipu memberikat list pesanan make up. Sang penjual pun menanggapinya dengan ramah dan menjelaskan bahwa pembelian di atas Rp100 ribu mendapat gratis ongkos kirim.

Di sisi lain, sang pembeli langsung terlihat sigap dalam menjawab. Ia bahkan langsung mengirimkan bukti transfer senilai Rp808 ribu.

Meski begitu, rupanya penjual tersadar akan keanehan pada bukti transfer yang dikirim oleh pembeli. Ia pun langsung mengecek mutasi rekeningnya dan mendapati uang belum masuk.

" Cek mutasi pun belum ada 😌," tulisnya.

Tak sampai di sana, penjual ini juga mengecek nomor telepon pembeli di aplikasi Get Contact. Rupanya, pembeli tersebut sudah sering melakukan aksi penipuan.

" Cek nomornya di aplikasi Get Contact sepertinya sudah ada yang kena tipu 😌," sambungnya.

Alih-alih langsung menuduh, pemilik online shop malah berlagak hendak mengirimkan produk yang dipesan. Ia bahkan menunjukkan bukti bahwa dirinya sedang menyiapkan paket.

Namun lucunya, paket yang dimaksud berisi kosmetik palsu dari kertas. Produk kosmetik kertas tersebut bertuliskan bedak anti malu, blush on, cushion, hingga pensil alis ungu janda.

" Yaudah kita kerjain balik. Kasian yang kurang teliti kalau itu bukti transfer palsu. Apalagi nggak ada mobile banking," tulis caption pada video.

@baaayti

kurang baik apa aku kasih kosmetik gratis 🙂 yuk yang mau merapat 😅 ##penipuanolshop ##sakittapitakberdarah ##xyzbca ##ppkm ##jualan ##fypシ

♬ original sound - Akun Baru ARIF DU💫 - 𝘼𝙧𝙞𝙛 𝘿𝙪🪐

 

2 dari 3 halaman

Penjual Malah Dituduh Penipu

Pada video selanjutnya, pemilik online shop mengungkapkan bahwa si pembeli malah balik memarahi dirinya dan menuduh sebagai penipu.

Namun sang pemilik malah balik bertanya seputar aplikasi yang digunakan pembeli untuk membuat bukti transfer palsu. Setelahnya, sang pemilik olshop malah diblokir.

Percakapan penipuan© Instagram @berbagisemangat

Meski begitu, sang pemilik online shop ternyata sudah bekerjasama dengan kurir untuk melacak koordinat rumah pembeli dan mendapatkan foto pembeli saat sedang menerima paket dari kurir.

Setelah tahu bahwa dirinya terancam dilaporkan, pembeli ini pun lekas meminta maaf. Ia juga terlihat mengaku menyesal karena sudah berniat menipu.

" Keesokan malamnya 😅 Titik koordinat pun dapat," katanya.

Sang penipu juga terlihat mengaku menyesal karena sudah berniat menipu.

" Memelas lagu lama. Hmm, gimana yah 🙄," ungkapnya.

 

 

@baaayti

Balas @alyamaryani3

♬ オリジナル楽曲 - 🍋あーる☕ - 🍋☕

 

3 dari 3 halaman

Dapat Pujian dari Warganet

Sejak diunggah, respons cerdik pemilik olshop ini pun panen pujian warganet. Selain itu, tak sedikit yang berharap agar pembeli ini tetap dilaporkan.

" Ada manfaatnya juga ya kang kurir motoin penerima paket, thanks kang kurir," kata netizen.

" Kak kalau dilaporin aja gimana, kasian banget online shop yang nggak seteliti kakak, takutnya dia masih jalanin niat buruknya ke olshop lain. Kasian," saran salah satu komentar.

" Smart seller," puji warganet lainnya.

" Laporin kak, bukti transfernya bener-bener meyakinkan, ini pasti udah banyak korban," tambah komentar lain.

Beri Komentar