Heboh Burung Beo Kalahkan Mahasiswa Harvard, Kamu Berani Diadu?

Reporter : Sugiono
Sabtu, 11 Juli 2020 17:13
Heboh Burung Beo Kalahkan Mahasiswa Harvard, Kamu Berani Diadu?
Mahasiswa Harvard saja kalah dalam tes ini. Kamu berani coba?

Dream - Burung beo memang dikenal pintar. Beo bisa menirukan suara manusia sehingga benar-benar menjadi burung yang menyenangkan. Baru-baru ini, burung beo juga berhasil mengalahkan mahasiswa Universitas Harvard dalam tes memori.

Ya, kalian tidak salah baca. Kami ulangi agi, burung beo mengalahkan mahasiswa Universitas Harvard dalam tes memori. Fakta itu terungkap dalam penelitian para ilmuwan yang mebnuji kemampuan daya ingat manusia dengan burung beo asal Afrika, yang juga disebut sebagai Psittacus erithacus.

Tes, dalam studi yang diterbitkan di Nature, termasuk permainan menebak cangkang kerang dengan warna berbeda, yang disembunyikan di bawah cangkir kertas yang sama bentuk dan warnanya.

1 dari 4 halaman

Gelas tersebut diacak. Mahasiswa Harvard dan burung beo itu disuruh menebak warna cangkang kerang di bawah cangkir yang ditunjukkan.

Tes itu melibatkan 21 anak-anak dari kelompok usia 6 hingga 8 tahun dan 21 orang dewasa. Beo itu mampu tampil setara dan kadang-kadang bahkan lebih baik daripada orang dewasa dalam permainan lebih dari 12 sampai 14 putaran dengan kesulitan yang bervariasi.

Saat melawan anak-anak, burung beo lebih unggul di semua tingkat kesulitan.

2 dari 4 halaman

Pemimpin studi dari Departemen Psikologi Harvard, Hrag Pailian, mengatakan, " Pikirkan -burung beo kelabu mengungguli calon sarjana Harvard. Itu sangat luar biasa. Kami memiliki siswa yang berkonsentrasi di bidang teknik, pra-med, ini, itu, senior, dan burung itu mengalahkan mereka."

Rekan penulis, Dr Irene Pepperberg, yang juga peneliti di Departemen Psikologi Harvard, menjelaskan bagaimana seekor burung beo dapat mengalahkan manusia dalam tes ini.

" Alasan mengapa burung-burung ini melakukannya dengan baik pada tugas kognitif yang kita berikan kepada mereka adalah sangat mengejutkan, meskipun otak mereka seukuran buah kenari yang dikupas, sangat padat dengan neuron sehingga kepadatannya sebanding dengan primata non-manusia."

3 dari 4 halaman

Dia juga menyatakan bahwa penelitian ini menunjukkan kemampuan untuk menghafal sesuatu secara visual merupakan kemampuan evolusi kuno dan kembali ke masa ketika manusia dan burung beo memiliki nenek moyang yang sama.

" Nenek moyang bersama terakhir yang kita miliki dengan burung beo adalah dinosaurus 300 juta tahun lebih. Kami berpikir bahwa kemampuan manipulasi ini - beberapa aspek terbatas - mungkin kembali ke nenek moyang yang sama dan kemudian berkembang seiring waktu sehingga Anda mendapatkan kemampuan yang jauh lebih rumit dan kompleks ini sekarang.

4 dari 4 halaman

Beri Komentar