Heboh Bus Tersesat di Hutan Belantara Gunung Tunggangan

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 21 Oktober 2019 13:47
Heboh Bus Tersesat di Hutan Belantara Gunung Tunggangan
Sopir bos mengaku ada sesuatu yang menuntunya menuju jalur yang sebetulnya tak bisa dilalui kendaraan besar.

Dream - Sebuah kejadian aneh menimpa sebuah bus malam, Sudiro Tungga Jaya dengan Nopol AE 7034 UP. Bus itu tersesat di kawasan hutan belantara Gunung Tunggangan, Wonogiri, Jawa Tengah.

Badan bus tersangkut di antara pepohonan besar dengan kondisi jalan yang hanya memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan-kendaraan kecil.

Kisah bus tersesat ini sempat viral di beberapa akun media sosial sejak diunggah pada Sabtu 19 Oktober 2019. Salah satunya terlihat dari akun instagram @ndorobeii.

1 dari 5 halaman

Entah Bagaimana Bisa Tersesat

Bus tersebut diketahui dikemudikan Sektiawan Aji Suwanto, warga Bogor, Jawa Barat. Semula dia hendak berangkat dari Jatiroto ke Tirtomoyo.

Di tengah perjalanan, bus tersesat padahal sudah menggunakan panduan GPS dan rambu petunjuk arah. Sang sopir sempat mengklaim ada yang menuntun hingga bisa tersesat di hutan.

“ Sadar-sadar jam 03.30 WIB, di sini berdua sama kernet saja. Saat itu jalan menjadi gelap dan sempit. Waktu bus mau turun, ya sudah mentok di tikungan ini. Lalu saya bangunkan kernet saya, dan saya tanya dia, iki neng ngendi (ini di mana)? Lalu saya buka google map, kok di sini, di atas gunung,” ujar sang sopir.

2 dari 5 halaman

Karena Mengikuti GPS?

Mengutip laman merdeka.com, Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo membenarkan adanya laporan peristiwa tersebut.

Suwondo mengatakan bus itu diduga tersasar lantaran sopir mengikuti petunjuk arah global possitioning system (GPS) ponsel.

Sopir yang belum mengenal medan lantas mengandalkan GPS sebagai penunjuk jalan.

Menurut keterangan sopir, pada awalnya, jalan yang dilalui cukup lebar. Namun setelah sampai di posisi atas bukit, sopir baru menyadari jika jalan yang dilalui tidak cukup untuk bodi bus.

Proses evakuasi sendiri berlangsung hingga enam jam dengan menggerakkan bus sedikit demi sedikit. Bus melakukan manuver maju mundur sedikit demi sedikit sehingga berhasil lolos di tikungan tersebut, sekitar pukul 12.30. 

3 dari 5 halaman

Berikut Cerita Lengkapnya

      View this post on Instagram

Kejadian tersestnya bus pariwisata sudiro tunggal dara *Kabar Genengharjo* Kejadian bis naas ponorogo "Sudiro tunggal Dara" yang tersesat di alas gunung tunggangan pada pukul 03.00 menyimpan banyak misteri pasalnya seperti diceritakan sang sopir. Bis tersebut berangkat dr ponorogo yg sebelumnya sudah menurunkan penumpangnya. kemudian pukul 2.00 sopir bersama kenek kembali berangakat menuju baturetno. Sesampainya dipertigaan jatisrono sopir bis melihat ada plakat petunjuk arah jalan yang bertuliskan Baturetno ke kiri sang sopir tsb berfikir bahwa bis yang dikemudikan sudah sampai di ngadirojo. "bis yang saya kemudikan menuju baturetno sampainya di jatisrono tiba-tiba terlihat plakat BATURETNO kemudian saya belok kiri saya pikir saya sedang dipertigaan ngadirojo" tuturnya. Lanjut sang sopir menceritakan sepanjang jalan jatisrono- jatiroto sampai di jalan puncak tunggangan sopir menuturkan jalan yang ia lewat tersebut terlihat lebar dan halus dan tidak trlihat berbelokan tajam. sang sopir baru menyadari dipuncak gunung tunggangan yaitu di tikungan pertama menuju arah tirtomoyo tepatnya sebelum tikungan seperti ada orang yang sedang menyebrang jalan "Astagfirullah kok dihutan ada orang sedang menyebrang jalan kok tiba2 hilang" kemudian sopir membangunkan kernetnya dan alangkah kagetnya sopir menyadari jalan didepannya adalahjalan yang sempit dan berbelokan tajam. *** secara nalar metinya sebelum sampai di gunung tunggangan sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan karena medan dan tikungan jalan yang terJal dan curam* Banyak masyarakat menaggapai beragam kejadian tersebut bahwa bis tersebut mengalalami kejdian mistis diluar logika nalar mustahil bisa melewti hingga sampai di puncak gunung tunggangan. Dari kejadian tersebut serelah diinvestigasi tidak terlihat ada bekas body bus mengalami benturan dengan pembatas jalan dan nyaris jalan yang dilewati tidak ada bekas gesekan yang menimbulkan kerusakan dibagian depan maupun belakang badan bus. Dari kejadian diatas dapat disimpulkan bahwa dimanapun kita berpijak dalam situasi apapun kita senantiasa memohon keselamatan kepada Tuhan dengan senantiasa mengucap Doa.

A post shared by NDOROBEII (@ndorobeii) on

4 dari 5 halaman

15 Fenomena Alam Biasa yang Dikaitkan Mistis

Dream - Dunia penuh dengan fenomena alam yang mungkin terlihat mistis, meski sebenarnya memiliki penjelasan ilmiah.

Seperti 15 fenomena alam yang dibagikan oleh laman BrightSide.me ini. Banyak orang mengait-kaitkan fenomena-fenomena ini dengan mistis. Tapi rupanya ada penjelasan ilmiah yang menyebabkannya.

Berikut ini 15 fenomena alam yang dikaitkan dengan mistis tersebut.

1. Fatamorgana

  Kejadian Alam Unik

Meski fatamorgana sering dikaitkan dengan dunia gaib, sebenarnya fenomena itu tidak lebih dari sebuah tipuan cahaya. Efek fatamorgana terjadi bila ada perbedaan yang cukup besar antara densitas dan suhu di berbagai lapisan udara. Sebuah fatamorgana merupakan refleksi dari objek nyata yang diperbesar dan terdistorsi.

2. Moonbow (Pelangi di Malam Hari)

  Kejadian Alam Unik

Moonbow adalah fenomena alam yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang karena kita tidak bisa membedakan warna dalam kegelapan. Namun jika menggunakan kamera dengan eksposur yang panjang, kita bisa melihat moonbow yang mirip dengan pelangi.

3. Badai Petir

  Kejadian Alam Unik

Badai petir sering terjadi di atas gunung berapi yang sedang mengalami erupsi. Badai petir ini terjadi akibat ada gesekan antara gas dan abu vulkanik yang dikeluarkan di udara. Fenomena ini bahkan sangat langka dibandingkan dengan erupsi itu sendiri. Jika berhasil menangkapnya dengan kamera, maka itu adalah sebuah keberuntungan.

4. Awan Mammatus

  Kejadian Alam Unik

Awan mammatus biasanya muncul setelah terjadi badai yang sangat kuat. Fenomena ini terjadi karena massa udara bergerak ke arah yang berbeda. Meski awan ini terlihat menakutkan, mammatus sama sekali tidak berbahaya.

5 dari 5 halaman

Pelangi Api hingga Lubang Awan

5. Busur Sirkumhorizontal (Pelangi Api)

  Kejadian Alam Unik

Busur circumhorizontal muncul karena alasan yang sama dengan pelangi biasa: ini adalah hasil pembiasan cahaya. Meski demikian, harus ada kebetulan atau kondisi lain untuk melihat 'keajaiban alam' yang langka ini.

6. Awan Lenticular

  Kejadian Alam Unik

Awan lenticular (lensa)adalah fenomena langka dan unik. Awan ini tidak bergerak, tetap di tempatnya bahkan jika anginnya kuat. Ini mungkin alasan populer yang mengira benda langit semacam itu disalahartikan sebagai UFO.

7. Tornado

  Kejadian Alam Unik

Tornado adalah fenomena yang tidak begitu langka, karena sering terjadi dan terlihat mata telanjang manusia. Namun, tornado tetap masuk dalam daftar ini karena para ilmuwan masih belum dapat menemukan asal usulnya.

8. Awan Kelvin-Helmholtz

  Kejadian Alam Unik

Mekanisme pembentukan awan tersebut (disebut juga awan ikal) hampir sama dengan ombak laut. Awan jenis ini dapat diamati di mana-mana, namun fenomena ini jarang terjadi. Karena itu kita tidak akan menemukan banyak gambar dan video tentang awan jenis ini.

9. Gerhana Matahari Annular

  Kejadian Alam Unik

Gerhana matahari total sering diamati para ilmuwan dan masyarakat awam. Namun tidak demikian dengan gerhana matahari annular, yaitu gerhana dengan cincin tipis mengelilingi Matahari. Ini adalah fenomena yang langka. Gerhana matahari annular terakhir tercatat pada tahun 1827.

10. Lubang Awan

  Kejadian Alam Unik

Ini adalah contoh lain dari fenomena yang masih belum bisa dijelaskan oleh ilmuwan. Salah satu teorinya adalah sebagai berikut: ketika sebuah pesawat terbang menembus awan, beberapa tetes air di awan berubah menjadi kristal berat dan jatuh ke tanah.

 

11. Moon Dog (Bulan Palsu)

  Kejadian Alam Unik

Fenomena yang punya nama lain paraselene ini adalah salah satu jenis halo ketika satelit Bumi itu menghasilkan 'kembaran' di salah satu sisinya. Fenomena yang termasuk ilusi optik ini jarang terlihat karena Bulan harus penuh dan cerah secara maksimal sebelum bulan palsu muncul.

12. Awan Mutiara

  Kejadian Alam Unik

Awan ini juga muncul akibat dari pembiasan cahaya. Awan mutiara muncul pada ketinggian hampir 50.000 kaki, dan suhu minimum harus -78 derajat Celcius.

13. Anomali Spiral di Norwegia

  Kejadian Alam Unik

Anomali spiral aneh di Norwegia, yang dilihat oleh ribuan orang di musim dingin tahun 2009, melahirkan banyak teori liar.

Ada yang menyebutnya sebagai awal invasi alien dan lubang hitam di dalamnya disebabkan oleh Larga Hadron Collider (LHC). Namun, ada penjelasan ilmiah yang menyebutkan bahwa anomali itu disebabkan oleh ledakan rudal balistik yang gagal.

14. Tornado Api

  Kejadian Alam Unik

Ini adalah fenomena alam yang paling merusak, seperti namanya, Tornado Api. Tornado ini tercipta karena kebakaran di alam.

Peristiwa ini lebih sering terjadi saat ada kebakaran hutan, dan ini sangat menakutkan. Kita tidak bisa menghentikan badai panas yang berputar itu. Badai ini bisa bertahan dengan memproses udara.

15. Sun Dog (Matahari Palsu)

  Kejadian Alam Unik

Fenomena ini mirip dengan Moon Dog, di mana kita seolah punya dua atau lebih Matahari. Sun Dog hanya terjadi di musim dingin karena fenomena ini tidak lebih dari sinar Matahari yang dipantulkan oleh kristal es.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik