Hijab Khusus Penggemar `Footy`

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 20 Juli 2014 12:00
Hijab Khusus Penggemar `Footy`
Banyak muslimah suka menonton olahraga khas Australia, footy. Saking gandrungnya, para muslimah di negeri Kanguru itu memiliki seragam hijab khusus.

Dream - Banyak muslimah yang suka menonton olahraga khas Australia, Aussie rules football, atau dikenal dengan istilah footy. Saking gandrungnya, para muslimah di negeri Kanguru itu memiliki seragam hijab khusus penggemar footy.

Seperti dilansir dari ABC Radio Australia, Sabtu 19 Juli 2014, desainer yang memelopori kerudung bagi muslimah superrter footy itu adalah Shanaaz Copeland. Desainer ini rupanya sangat pandai melihat ceruk bisnis hijab. Alasannya, karena melihat semakin banyak muslimah yang menyukai olahraga, yang menggabungkan sepakbola dan rugby ini.

Hijab untuk para suporter footy itu seperti kerudung pada umumnya. Terbuat dari selembar kain yang bercorak warna-warni, namun sang desainer tidak ketinggalan memberi logo klob-klub footy di Australia, yang didukung oleh para muslimah di sana.

Copeland mengaku inspirasi untuk mendesain kerudung footy datang dari anaknya sendiri. Suatu hari dia melihat anaknya menggunakan hijab dengan mengenakan sweater tim kesayangannya. Dari sinilah ia ingin membuat sesuatu yang bisa memudahkan bagi para muslimah penggemar footy

Dari halaman Facebook Program Multikultural Australia Football League (AFL) disebutkan, kerudung ini sudah mulai dijual sejak hari Senin 14 Juli yang lalu. Bahkan sudah mendapatkan persetujuan dari pihak AFL untuk dijual kepada khalayak umum.

Pengumuman ini pun mendapat sambutan dari banyak pengikut halaman Facebook tersebut. Meski ada pula yang khawatir kalau unsur agama akan dibawa-dibawa ke olahraga cabang ini.

Copeland pun telah mematenkan desain kerudung footy karyanya itu. Desainnya disebut-sebut bisa digunakan dengan gaya apapun, sesuai selera pemakainya.

Perusahaan Copeland berbasis di kota Melbourne. Pada tahun 2011, dia hanya membuat kerudung sejumlah klub footy, seperti St Kilda, Essedon, Collingwood, Hawthorn, dan Port Adelaide, dengan jumlah yang terbatas.

Footy di Australia dianggap telah menjadi permainan olahraga yang mulai mendunia. Koran mingguan The Weekly Review membahas soal ini sebagai cerita utamanya. Koran ini menyebut footy telah mempersatukan orang-orang dan memecahkan persoalan sosial. (Ism)

Beri Komentar