Heboh Suara Binatang Mengaum Gegerkan Warga, Ini Fakta Sebenarnya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 30 Juli 2020 09:46
Heboh Suara Binatang Mengaum Gegerkan Warga, Ini Fakta Sebenarnya
Nama burung tersebut adalah Buttonquail berkaki kuning, bertubuh kecil dan memiliki suara yang sangat keras.

Dream - Baru-baru ini sebuah video viral yang mengklaim adanya kepanikan warga Guizhou, China, karena mendengar suara misterius. Video tersebut diunggah oleh akun Facebok Video Viral pada 13 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 49 detik tersebut, tampak puluhan orang sedang berkumpul di sebuah bukti. Terdapat pula suara misterius mirip binatang sedang mengaum.

Berikut narasi video yang diunggah akun Facebook Video Viral:

" Kejadian aneh di daerah gui zhou,china Tiba tiba ada suara mengerikan, warga pada keluar hingga ke gunung mencari datangnya suara yang super dahsyat tersebut..

#pertandaapakahitu #terbaru," tulis akun Facebook Video viral.

Video yang diunggah akun Facebook Video viral telah 18 kali dibagikan oleh warganet.

Benarkah video tersebut merupakan suara binatang mengaum? Berikut penelusuran fakta yang dilansir dari Liputan6.com

1 dari 4 halaman

Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sebagai kepanikan warga Guizhou, China karena mendengar suara misterius dan mengerikan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar tersebut ke situs Google Reverse Image dan Yandex.

Namun hasilnya tidak ditemukan artikel atau video serupa yang menjelaskan mengenai peristiwa tersebut.

Penelusuran kemudian dilanjutkan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci " video sound guizhou china" .

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai suara misterius dari video tersebut.

2 dari 4 halaman

Satu di antaranya artikel berjudul " China mystery: Strange noise causes thousands to flee village over huge earthquake fears" yang dimuat situs express.co.uk pada 7 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sebuah suara aneh bergema di seluruh desa di Guizhou, China, dan memaksa banyak orang melarikan diri karena takut.

Meskipun kebingungan, beberapa penduduk di desa-desa di daerah Guizhou mencari suara ini dengan keyakinan itu adalah makhluk mitos. Beberapa menggambarkan suara itu sebagai geraman naga, sementara yang lain mengatakan itu lebih seperti raungan harimau.

Pejabat Guizhou pun merespons kabar tersebut dan mengirim tim ahli untuk mencari sumber suara misterius di daerah itu.

Ahli zoologi kemudian dapat mengonfirmasi bahwa suara itu sebenarnya berasal dari seekor burung kecil. Nama burung tersebut adalah Buttonquail berkaki kuning, bertubuh kecil dan memiliki suara yang sangat keras.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berikut videonya:

4 dari 4 halaman

Video yang diklaim sebagai kepanikan warga Guizhou, China karena mendengar suara mengerikan ternyata benar. Suara misterius yang ada dalam video tersebut bersumber dari seekor burung kecil bernama Buttonquail berkaki kuning.

Beri Komentar